Perjuangan Petugas Porter Kereta Api, Cari Rezeki dengan Angkat Barang Penumpang

Reporter : Riza Umami
Senin, 22 Februari 2021 11:11
Perjuangan Petugas Porter Kereta Api, Cari Rezeki dengan Angkat Barang Penumpang
Para petugas porter kereta api sebenarnya tak digaji oleh perusahaan, mereka hanya mendapatkan upah dari penumpang yang sebenarnya tak seberapa.

Pernah tahu tentang petugas porter yang biasanya berada di stasiun? Apakah kamu pernah menggunakan jasa mereka? Baru-baru ini, seorang netizen membuat sebuah video dan mengajak kita untuk lebih mengenal tentang petugas porter kereta api.

Keberadaan mereka terkadang memang dilupakan oleh orang banyak, tetapi sesekali mungkin kita akan membutuhkan bantuan mereka. Sebenarnya, para petugas porter kereta api ini tidaklah mempunyai gaji tetap, mereka bahkan tidak digaji oleh perusahaan.

1 dari 4 halaman

Penghasilan yang mereka dapatkan adalah uang yang diberikan oleh penumpang setelah menggunakan jasa mereka untuk membantu mengangkut barang. Tentu penghasilannya tak seberapa, tetapi cukup untuk makan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Petugas Porter Kereta Api © Diadona

Video ini tentu saja langsung mendapatkan perhatian dari netizen. Banyak yang mengira bahwa petugas porter ini juga digaji oleh PT KAI, tetapi ternyata tidak. Mereka pun baru mengetahui hal tersebut dari video ini.

2 dari 4 halaman

Seorang netizen mengatakan bahwa petugas porter ini harus membayar untuk membeli seragam dari KAI. Mereka hanya diberikan izin seperti perjanjian kepercayaan untuk melakukan pekerjaannya.

Unggahan yang dibuat oleh pemilik akun TikTok @muhammadezrap ini pun viral dalam waktu sebentar. Mereka memberikan berbagai komentar dalam video tersebut. Ini beberapa balasan yang disampaikan oleh netizen.

3 dari 4 halaman

@Gatau siapa: AKU YG SERING NAEK KERETA TP BARU TAU KALO MEREKA GA DIGAJI KAI. VIDEO YG SANGAT BERGUNSSSSSS INIII.

@pipclnmntu: Mungkin bagi kita uang 10ribu20ribu kecil tapi ketika mereka mendapatkan uang dari kita itu pun sudah sangat mereka syukuri, jangan lupa sedekah gaes.

@hernisamanurungg: Gw seorang pramugari kreta. tiap mau sampe stasiun aku mau buka pintu kereta mreka berlomba utk masuk gerbong, cara mreka berlari bikin gw nangis.

4 dari 4 halaman

@Tiwski: MULAI SEKARANG GUE MINTA TOLONG PORTER MULU FIX!!!!!!!.

@Annisa Ashfia: Hai kakekku juga kerja jdi porter di stasiun tugu jogja dari tahun 90 an, disuru berhenti gmau katany udah seneng ktmu tmn2 nya sama liat stasiun.

Mari bantu para petugas porter dengan menggunakan jasa mereka saat naik kereta. Hanya dengan uang Rp10 ribu, Rp20 ribu tidak akan membuat kita miskin dengan meminta bantuan mereka, bahkan bisa juga tawar-menawar tarif mereka yang mungkin takut kemahalan. Sehat selalu para petugas porter kereta api dan semoga dilancarkan rezekinya.

Beri Komentar