Pengertian Berita dan Teknisnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 12 Juni 2020 11:12
Pengertian Berita dan Teknisnya Menurut Para Ahli
Pengertian berita adalah informasi peristiwa yang ada di kehidupan sehari-hari yang ditunjukkan kepada khalayak.

Bagi seorang jurnalis, pengertian berita adalah laporan suatu peristiwa penting yang harus disampaikan kepada masyarakat luas.

Tak hanya itu saja, pengertian berita juga bisa diartikan sebagai sebuah informasi berdasarkan fakta kejadian yang sedang berlangsung.

Untuk penyajiannya, sebuah berita bisa menggunakan media seperti koran, televisi, radio ataupun media online.

Berikut penjelasan dari pengertian berita mulai dari teks, berita acara dan hoax yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Teks Berita

Pengertian Berita © Diadona

Setiap media, tentu memiliki teks berita yang telah dijadikan sebuah informasi kepada pendengar dan pembaca berita tersebut.

Nah, pengertian teks berita adalah sebuah teks yang berisi tentang sebuah peristiwa di dunia untuk disebarkan melalui berbagai media (radio, televisi, media online).

Umumnya teks berita memiliki 3 strukur yang saling berkaitan untuk membentuk sebuah teks secara utuh, adapaun diantaranya:

1. Peristiwa

Berisi tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi.

2. Orientasi Berita

Penjelasan singkat mengenai berita yang sedang dibahas oleh media tersebut.

3. Sumber berita

Asal sumber berita tersebut, namun tidak selamanya ditulis dibagian akhir berita.

2 dari 4 halaman

Berita Hoax

Pengertian Berita © Diadona

Media sosial diciptakan mendapatkan sebuah informasi dari seseorang. Sayangnya, saat ini banyak orang menggunakan media sosial untuk menyebarkan kebencian, provokasi bahkan hoax.

Berita hoax adalah sebuah informasi yang tidak jelas asal usul sumbernya. Sedangkan menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI) hoax adalah berita bohong.

Salah satu contoh berita hoax yang paling umum adalah kejadian dengan menyebutkan informasi yang berbeda dengan kejadian yang sebenarnya.

Tujuan seseorang menyebarkan berita hoax ini sebenarnya banyak motifnya, namun umumnya hoax disebarkan untuk sekedar iseng, promosi dengan penipuan, bahkan black campaign.

Untuk itu jangan mudah percaya dengan pemberitaan di media sosial, cek dahulu saat membaca judul yang provoaktif, cek keaslian foto dan alamat situs.

3 dari 4 halaman

Berita Acara

Pengertian Berita © Diadona

Salah satu hal yang penting dalam dunia pekerjaan agar terlihat rapi secara administratif adalah berita acara. Pengertian berita acara ialah bukti legal yang berisi pernyataan dalam suatu kejadian tertentu.

Fungsinya dari berita acara ialah untuk membuktikan bahwa seseorang telah menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.

Nah, supaya informasi yang kamu berikan sesuai dengan kejadian, berikut cara membuat berita acara dengan runtut dan tepat:

- Tulis acara kegiatan mulai dari nama, tempat tinggal, hingga nomer identitas dengan urutan yang tepat.
- Urutan waktu kronologi dan latar belakang yang jelas.
- Adanya tanda tangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut.
- Memiliki saksi.
- Memiliki kesepakatan dalam berita acara seperti terima barang, jabatan, dan pekerjaan yang lebih rinci.

4 dari 4 halaman

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Pengertian Berita © Diadona

Berikut pengertian berita menurut para ahli agar wawasanmu lebih luas.

1. Djuraid (2007:9)

Pengertian berita ialah suatu kumpulan informasi yang di sebarkan melalui media berkala misalnya surat kabar, televisi, radio, ataupun internet.

2. Dean M. Lyle Spencer

Pengertian berita merupakan suatu ide yang diinformasikan secara benar, untuk menarik perhatian lebih besar bagi para pembacanya.

3. J.B Wahyudi

Menurut J.B Wahyudi, pengertian berita adalah uraian tentang sebuah fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita yang disajikan melalui media massa.

4. Mochtar Lubis

Pengertian berita menurut Mochtar Lubis adalah suatu peristiwa yang telah ditulis untuk di baca oleh banyak orang.

Beri Komentar