Nama Lain dari Kebugaran Jasmani adalah

Reporter : Nasa
Rabu, 24 November 2021 10:26
Nama Lain dari Kebugaran Jasmani adalah
Berikut jawabannya.. Mulai dari pengertian, hingga bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani..

Kebugaran jasmani dapat didefinisikan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi agar kita dapat menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik.

Selain itu kebugaran jasmani sendiri dapat dipahami sebagai kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivtas tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Kebugaran fisik jadi salah satu kebutuhan manusia untuk tetap lancar menjalani aktivitas kesehariannya. Untuk mencapai kebugaran fisik tentu membutuhkan upaya tersendiri.

1 dari 4 halaman

Pengertian Kebugaran Jasmani

Nama Lain Kebugaran Jasmani adalah © Diadona

Mengutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang dirilis pada tahun 2016 oleh Asep Kurnia Nenggala, kebugaran jasmani menentukan kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Kemudian terdapat pengertian kebugaran jasmani lainnya, yakni menjelaskan sebagai kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya.

Dari kerja yang dilakukan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang, maka terdapat kemungkinan kemampuan kerja fisik dengan tingkat lebih tinggi.

2 dari 4 halaman

Kebugaran jasmani sendiri disebut dapat menurun apabila seseorang melakukan kerja fisik dengan intensitas berat dalam jangka waktu cukup lama. Meski demikian, kebugaran fisik dapat dilatih secara rutin.

Sebaliknya, kondisi kebugaran jasmani dapat menurun, apabila intensitas kegiatan fisik juga menurun atau melakukan aktivitas dengan minim gerakan otot dan rangka.

Nah, ternyata, tak sembarang aktivitas dapat menunjang kebugaran fisik. Ada unsur-unsur yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh. Berikut unsur-unsur kebugaran tubuh :

Kekuatan

Unsur pertama ada kekuatan yang merupakan kondisi tubuh yang mampu mempergunakan otot ketika dibebankan untuk menjalankan suatu aktivitas. Otot yang kuat dapat diraih dengan latihan berat yang dilakukan secara rutin dan konsisten.

Kekuatan atau strength dapat disebut satu di antara unsur utama dari kebugaran jasmani.

Daya otot

Kemudian ada daya otot atau muscular power adalah unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung aktivitas fisik sehari-hari.

Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan kebutuhan energi. Daya otot dapat dilatih dengan beberapa latihan untuk melatih otot-otot utama tubuh manusia.

3 dari 4 halaman

Daya tahan

Daya tahan berkaitan langsung dengan stamina atau kemampuan melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Daya tahan membutuhkan latihan yang kompleks karena berkaitan dalam meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah serta kekuatan otot.

Latihan untuk meningkatkan daya tahan dapat berupa jogging atau lari dengan durasi sekitar 30 menit setiap hari.

Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerak dalam periode waktu yang singkat. Makin sedikit waktu yang dibutuhkan, dapat disimpulkan seseorang tersebut memiliki kecepatan yang bagus.

Satu di antara latihan kecepatan yang sangat mudah untuk dilakukan adalah latihan lari.

Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lain, seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan. Untuk melatih kelincahan tubuh dapat melakukan beberapa jenis latihan fisik, yakni lari naik-turun anak tangga dan lari dengan pola zig-zag.

4 dari 4 halaman

Nama Lain dari Kebugaran Jasmani adalah

Pertanyaan nama lain dari kebugaran jasmani sering kali muncul dalam soal ujian. Baik itu dalam soal ujian pilihan ganda maupun esai. Soal ini juga kerab muncul dalam berbagai jenis ujian.

Nama lain dari kebugaran jasmani adalah…

A. physical fitness
B. physical education
C. fitness centre
D. aerobic
E. jogging

Pembahasan:

Kebugaran Jasmani atau kebugaraan fisik merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dan sanggup melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik tanpa menimbulkan rasa lelah yang berlebih.

Jawaban: A. physical fitness (kebugaran fisik)

Nah itu dia jawaban dari pertanyaan nama lain dari kebugaran jasmani adalah,  physical fitness.

Beri Komentar