Niat Sholat Tahajud, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, Arti Serta Keutamannya

Reporter : Arifina
Kamis, 23 Maret 2023 12:20
Niat Sholat Tahajud, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, Arti Serta Keutamannya
Rutin sholat tahajud di bulan Ramadhan menambah banyak pahala lho!

Ramadhan tiba, setiap muslim biasanya memanfaatkan momen bulan penuh berkah ini untuk melakukan amalan-amalan penambah pahala ibadah. Selain melaksanakan puasa dan sholat tarawih, salah satu amalan yang bisa menambah banyak pahala di bulan Ramadhan ini adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

Shalat tahajud adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Mengutip dari NU Online, secara etimologi, tahajud bermakna usaha untuk melawan atau meninggalkan tidur. Namun, dalam istilah fiqih, tahajud merujuk pada sholat malam yang dilakukan setelah tidur.

1 dari 11 halaman

Hukum melakukan sholat tahajud adalah sunnah. Menurut ijma ulama, kesunnahan dari ibadah ini bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad. Karena itu, seorang muslim dianjurkan mengerjakan sholat tahajud setiap malam meski hanya 2 rakaat.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Muslim:

2 dari 11 halaman

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ. قَالَ: سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ . (رواه مسلم)

Artinya, “ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dan ia marfu’kan kepada Nabi Muhammad, ia berkata: ‘Nabi Muhammad ditanya shalat apa yang paling utama setelah shalat Maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan?’ Lalu Nabi Muhammad menjawab: ‘Shalat paling utama setelah shalat Maktubah adalah shalat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah, Muharam’.” (HR Muslim).

3 dari 11 halaman

Ketentuan Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud © Diadona

Sholat tahajud dapat dilakukan setelah bangun tidur di malam hari dan tidak terdapat batas maksimal jumlah rakaatnya. Di mana, sedikitnya bisa dilakukan sebanyak dua rakaat  sama seperti jumlah rakaat dalam sholat tarawih.

Kemudian dianjurkan untuk melakukan sholat penutup yakni, sholat witir. Adapun,  pelaksanaan sholat sunnah shalat witir tiga rakaat.

Seperti halnya sholat lainnya, bacaan dalam melaksanakan sholat tahajud dimulai dengan surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat apa saja dalam Al-Quran, baik yang panjang maupun yang pendek.

4 dari 11 halaman

Adapun, waktu-waktu terbaik atau mustajab dalam melaksanakan sholat tahajud yakni di sepertiga malam. Yang mana, waktu ini terbagi dalam tiga bagian:

  • Sepertiga malam pertama dimulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.
  • Sepertiga malam kedua pada pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB (dini hari).
  • Sepertiga malam terakhir dimulai dini hari pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Di antara waktu-waktu tersebut, sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling mustajab dalam melaksanakan sholat tahajud.

5 dari 11 halaman

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud © Diadona

Berikut bacaan niat sholat tahajud:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “ Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

6 dari 11 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Setiap Muslim yang menjalankan sholat Tahajud akan mendapatkan banyak keutamaan. Salah satu keutamaan itu adalah ia akan dimudahkannya segala urusan dan terkabulnya segala doa dan harapan.

Melaksanakan sholat tahajud juga dapat meningkatkan derajat seseorang di hadapan Allah SWT. Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Isra ayat 79:

7 dari 11 halaman

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: " Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

8 dari 11 halaman

Niat Sholat Tahajud © Diadona

Setelah melaksanakan sholat tahajud, setiap muslim juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa yang dibaca setelah sholat tahajud.

اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Allâhumma rabbanâ lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta mâlikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna.

Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqâ’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan nâru haqq. Wan nabiyyûna haqq.

9 dari 11 halaman

Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haqq. Was sâ‘atu haqq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu.

Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

10 dari 11 halaman

Artinya: “ Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad itu benar.

11 dari 11 halaman

Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai.

Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Beri Komentar