Doa Ziarah Kubur, Lengkap Versi Arab, Latin, Arti dan Keutamannya

Reporter : Arifina
Senin, 20 Maret 2023 12:46
Doa Ziarah Kubur, Lengkap Versi Arab, Latin, Arti dan Keutamannya
Selain memintakan ampunan, ziarah kubur juga bisa memperkuat keimanan kepada Allah SWT.

Doa ziarah kubur merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Hal  ini biasanya dilakukan ketika berkunjung ke makam seseorang yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur di dalam Islam merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan, karena terdapat banyak keutamaan dan manfaat bagi orang yang melakukannya.

1 dari 8 halaman

Tradisi ini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang bulan Ramadhan. Ketika berziarah kubur ke makam, umat Islam dapat membaca doa untuk memohon kebaikan bagi mereka yang telah wafat.

Berziarah kubur untuk memohonkan ampunan bagi mereka yang sudag meninggal, agar ditempatkan di tempat mulia, di luaskan kuburannya, dimandikan ia dengan air, salju dan air es.

2 dari 8 halaman

Keutamaan Ziarah Kubur

Dilansir dari berbagai sumber, berziarah kubur di dalam Islam memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, dapat memperkuat keimanan seseorang.

Ketika seseorang melihat langsung tempat peristirahatan terakhir dari mereka yang telah wafat, maka hal itu dapat membuatnya lebih merenung dan sadar akan kehidupan di akhirat. Dengan demikian, ziarah kubur dapat membantu seseorang untuk memperkuat keimanan dan meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Ziarah kubur juga dapat membantu seseorang untuk lebih menghargai hidup dan berterima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

3 dari 8 halaman

Manfaat Ziarah Kubur

Salah satu manfaat dari ziarah kubur adalah dapat meningkatkan keikhlasan seseorang. Saat melakukan ziarah kubur, umat islam tidak berkeinginan mendapat pujian atau apresiasi dari orang lain, melainkan semata-mata ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengingat kehidupan di akhirat.

Selain itu, ziarah kubur juga dapat membantu seseorang untuk lebih mengenal dan memahami saudara-saudaranya yang telah meninggal. Pada saat ziarah, seseorang dapat merenung dan memahami kehidupan saudaranya yang telah meninggal, termasuk segala perjuangan dan kesulitan yang dihadapinya selama hidup.

4 dari 8 halaman

Urutan Lengkap Doa Ziarah Kubur

1. Awali dengan Membaca Salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Arab-latin: Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Artinya : " Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

2. Bacaan Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Arab-latin: Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Artinya : " Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya" .

5 dari 8 halaman

3. Baca Surat Al-Fatihah

4. Baca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

5. Baca Kalimat Tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

Arab-latin: Laailaaha Illallah

Artinya : " Tiada Tuhan selain Allah."

6 dari 8 halaman

6. Bacaan Doa Ziarah Kubur

Doa ziarah kubur versi panjang dalam bahasa Arab, latin, dan artinya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Arab-latin: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

7 dari 8 halaman

Artinya : " Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

" Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." (HR Muslim).

8 dari 8 halaman

Doa ziarah kubur versi pendek dalam bahasa Arab, latin, dan artinya:


السَّلامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيار منَ الْمُؤْمِنِينَ والمُسلمين وإنا إن شاء الله بكم لاحقون تَسْأَلُ الله لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِية

Arab-latin: Assalaamu'alaikum ahlad diyaari minal mu'miniina wal muslimiin, wa innaa in syaa allaahu bikum laahiquun, nas'alullaaha lanaa wa lakumul'aafiyah

Artinya: " Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kamu dan untuk kalian semua" . (HR Ibnu Majah).

Beri Komentar