6 Manfaat Sholat Tahajud Setiap Malam Selama 40 Hari yang Mengagumkan

Reporter : Sofi
Kamis, 30 Januari 2020 10:53
6 Manfaat Sholat Tahajud Setiap Malam Selama 40 Hari yang Mengagumkan
Sudahkah kamu melaksanakan sholat tahajud? Berikut manfaat sholat tahajud yang harus kamu ketahui.

Meskipun sholat tahajud hukumnya sunnah, tetapi sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang luar biasa bagi yang menjalankan. Hal ini telah disebutkan dalam Al-Quran bahwa sholat tahajud bisa membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah. Waktu untuk sholat tahajud dikerjakan setelah tidur, yaitu antara sesudah isya hingga sebelum terbit fajar, dengan waktu paling utama di sepertiga malam yang terakhir. Sepertiga malam terakhir ini maksudnya adalah selepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh.

Sholat sunnah ini minimal dilakukan sebanyak 2 rakaat. Nabi Muhammad SAW biasanya melaksanakan sholat tahajud 11 rakaat termasuk witir, dan kadang 13 rakaat termasuk witir. Lalu apa saja sih manfaat sholat tahajud jika dikerjakan? Tentu sholat tahajud sangat bermanfaat bagi kita umat muslim, selain untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT, dosa-dosa kita akan diampuni. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat sholat tahajud yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Spiritual Manfaat Sholat Tahajud yang Mengagumkan

Ilustrasi Wanita Berdoa © Diadona

Manfaat spiritual dari sholat tahajud ini akan kamu rasakan ketika kamu melaksanakannya. Berikut manfaat sholat tahajud tersebut.

Menjaga kesehatan rohani

Kalau kamu selalu rutin dalam mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini, tentu saja akan ada keistimewaan yang bisa kamu raih. Selain keistimewaan sholat tahajud di atas, kamu juga bisa mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan seperti kesehatan rohani yang cukup terjaga. Hal ini sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

Allah SWT telah berfirman, “ Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Penghapus dan pencegah dosa

Selain itu, manfaat sholat tahajud lainnya adalah sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa. Dengan menjalankan sholat tahajud, maka kamu bisa mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan ini. Dosa dosa kecil yang pernah kamu perbuat menjadi berguguran.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sholat Tahajud 40 hari

Sholat tahajud dapat dilakukan setiap malam, lalu manfaat apa saja jika dilakukan selama 40 hari? Berikut adalah manfaat sholat tahajud 40 hari yang harus kamu ketahui.

Amalan yang akan membantu di akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Al-quran terkait sholat malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insya Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat. Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa.

“ Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Jembatan untuk masuk surga

Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang manfaat sholat tahajud yang luar biasa untuk umat manusia apabila menjalankannya. Manfaat itu adalah menjadikan sebuah jembatan untuk masuk ke surga. Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud.

“ Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

3 dari 3 halaman

Manfaat Sholat Tahajud Setiap Malam

Ilustrasi Sholat © Diadona

Dilakukannya sholat tahajud setiap malam, tentu akan sangat bermanfaat bagi dirimu sendiri. Berikut adalah manfaat sholat tahjaud setiap malam.

Kebiasaan yang dilakukan orang saleh

Salat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Tentunya orang-orang saleh tersebut mengetahui bagaimana tata cara salat tahajud dan manfaat sholat tahajud yang luar biasa bagi diri mereka. Maka, bila kamu juga melaksanakan ibadah ini secara rutin, maka kamu juga termasuk orang yang saleh.

“ Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

Doanya dikabulkan

Manfaat sholat tahajud yang pertama adalah akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “ Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Untuk mendapatkan berbagai manfaat sholat tahajud seperti yang telah disebutkan, kamu tentunya harus mengenali tata cara melaksanakannya. Berikut niat dan tata cara melaksanakan sholat tahajud:

Niat

Ushallii sunnatat tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “ Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.”

Tata Cara Sholat Tahajud

Mengenai tata cara sholat tahajud, tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah pada umumnya:

1. Cara sholat tahajud yang pertama adalah membaca niat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cukup dibaca dengan suara pelan saja.

2. Setelah membaca niat, dilanjutkan dengan membaca takbir.

3. Kemudian membaca doa iftitah (sunah)

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al-Quran yang telah dihafal.

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

6. Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud.

Setelah mengetahui manfaat sholat tahajud, apakah kamu semakin bersemangat untuk melakukannya? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar