Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab, Latin, Terjemah dan Keutamaannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 2 Juni 2021 11:09
Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab, Latin, Terjemah dan Keutamaannya
Doa setelah sholat tahajud yang dipanjatkan Rasulullah ini memuat pujian kepada kekuasaan Allah dan permohonan ampun atas semua dosa yang dilakukan

Doa setelah sholat tahajud ternyata tak sekedar dzikir atau doa yang biasa kita panjatkan selepas sholat. Mengetahui seperti apa doanya sangat penting, karena doa ini selalu menyertai solat tahajud itu sendiri.

Sholat tahajud atau yang biasa orang-orang muslim sebut sebagai sholat malam adalah sholat sunnah yang didirikan setelah ba'da sholat isya hingga menjelang subuh. Namun dikutip dari NU Online, waktu yang paling tepat untuk mendirikan sholat ini adalah di sepertiga malam. Rasulullah Sholat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat sampai julah rakaat tak terbatas. Rasulullah sendiri mendiriklan sholat tahajud dengan 2 rakaat sebanyak 4 kali lalu ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. 

Ini seperti yang tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (Surat Al-Isra ayat 79).

1 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud

Sebagian orang mungkin membaca doa apa saja yang ada di hati mereka kala selesai menunaikan sholat tahajud. Mungkin meminta pengampunan, meminta kemudahan hajat atau memuji Allah.

Rasulullah sendiri mengisi pujian, pengakuan sekaligus permohonan dala, doa setelah sholat tahadjudnya. Berikut doanya:

Doa Setelah Sholat Tahajud © Diadona

 

2 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud © Diadona

Bacaan Latin Doa Setelah Sholat Tahajud

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Arti Doa Setelah Sholat Tahajud

“ Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

3 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Membaca doa setelah sholat tahajud ini dilakukan oleh Rasulullah sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Doa ini juga tertulis di Al-Adzkar yang merupakan karya dari Imam An-Nawawi.

Doa setelah sholat tahajud tersebut memuat pujian-pujian kepada Allah serta permohonan ampunan atas dosa yang telah dilakukan. 

4 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud © Diadona

Berada di waktu sepertiga malam, bangun di tengah tidur yang nyenyak untuk melaksanakan sholat tahajud memang kadang berat dilakukan. Itulah kenapa sholat sunnah ini memiliki jumlah pahala yang besar dan kedudukan yang tinggi di hadapan Allah.

Dari Abu Hurairah r.a. bertanya kepada Rasulullah SAW, " Apakah shalat yang lebih utama sesudah shalat lima waktu?" Beliau menjawab, " Shalat malam" (H.R. Muslim).

Hadist ini menguatkan fatwa bahwa sholat tahajud adalah bentuk permohonan yang paling diinginkan di hadapan Allah. Sholat tahajud juga disebut sebagai sumber untuk mencapai kedekatan dengan Allah SWT.

" Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang sholeh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan." (Imam Tirmidzi dan Ahmad)

Doa setelah sholat tahajud nggak harus kamu ucapkan dalam bahasa Arab kok, bisa dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa yang kamu mengerti.

Beri Komentar