Niat Mandi Puasa Ramadhan Lengkap dengan Tata Caranya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 23 Maret 2023 21:55
Niat Mandi Puasa Ramadhan Lengkap dengan Tata Caranya
Inilah niat mandi puasa Ramadhan lengkap dengan syarat dan tata caranya.

Bulan suci Ramadhan yang sangat dinantikan umat Muslim akhirnya telah tiba. Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah pahala dari semua amal ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan. Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan ampunan, sehingga penting bagi umat muslim untuk mempersiapkan diri secara spiritual dan fisik.

Sebagai bagian dari persiapan ini, mandi besar atau mandi keramas sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesucian diri dalam menyambut Ramadhan. Sebagai muslim, sudah sepantasnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan yang penuh berkah ini dengan keadaan suci dan bersih. Yuk simak niat mandi puasa Ramadhan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Syarat Mandi Besar sebelum Puasa Ramadhan

Ilustrasi Mandi Cokelat © Diadona

Sebelum mengetahui niat mandi puasa Ramadhan, ada baiknya kita memahami dulu apa saja syarat mandi junub untuk mensucikan diri sebelum menjalani ibadah puasa Ramadhan yang sebenarnya sama seperti mandi wajib. Berikut adalah syarat-syarat mandi besar:

  • Niat mandi besar sebelum puasa Ramadhan di dalam hati.
  • Membasuh seluruh tubuh dari kepala hingga kaki dengan air yang suci.
  • Membersihkan najis pada tubuh seperti dari haid, air mani, dan sejenisnya.
  • Tidak ada yang menghalangi air dari mengalir ke seluruh tubuh saat mandi.
  • Mencuci kepala sebanyak tiga kali hingga air mengalir ke seluruh tubuh.
  • Menggunakan sabun atau bahan pembersih lainnya jika diperlukan untuk membersihkan tubuh.
  • Urutan membersihkan tubuh adalah terlebih dahulu membasuh tangan, kemudian membersihkan kemaluan, baru setelah itu membasuh seluruh tubuh secara keseluruhan.

Bila kamu sempat mengalami mimpi basah, bersenggama atau hal-hal yang menyebabkan hadas besar lainnya, maka kamu diharuskan untuk mandi wajib sebelum menjalani ibadah Ramadhan.

2 dari 4 halaman

Niat Mandi Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Ilustrasi Mandi © Diadona

Mandi junub atau mandi besar sebelum puasa Ramadhan sering dilakukan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan spiritual untuk menjalani ibadah puasa yang mulia. Namun, perlu diingat bahwa mandi besar sebelum puasa bukanlah suatu kewajiban dalam agama Islam. Oleh karena itu, keputusan untuk melakukan mandi junub sebelum puasa sepenuhnya tergantung pada pilihan individu.

Berikut ini adalah bacaan doa niat mandi junub yang dapat digunakan untuk menyucikan diri sebelum puasa Ramadhan serta cukup berbeda dengan mandi wajib umumnya:

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romadhoona sunatal lillahi ta'ala.

Artinya: " Aku berniat mandi sunnah memasuki bulan Ramadan karena Allah Ta'ala."

3 dari 4 halaman

Tata Cara atau Langkah Mandi Besar sebelum Jalani Puasa Ramadhan

Niat Mandi Puasa Ramadhan © Diadona

Berikut ini adalah tata cara niat mandi puasa Ramadhan yang benar dalam agama Islam sebelum Diazens menjalani ibadah puasa Ramadhan:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca niat mandi dalam hati untuk mandi junub dengan tujuan menghilangkan hadas besar, yaitu hadas akbar yang disebabkan karena dalam keadaan haid, nifas, keluarnya mani, atau setelah bersenggama.

  1. Bismillah. Ucapkan " Bismillahirrahmanirrahim" sebelum memulai mandi besar.
  2. Berkumur-kumur. Berkumur-kumur dan membersihkan mulut.
  3. Mencuci kedua tangan hingga ke siku.
  4. Membersihkan kemaluan. Membersihkan organ intim (kemaluan) dengan air hingga bersih.
  5. Melakukan wudhu. Melakukan wudhu seperti biasa, yaitu dengan membasuh wajah, kedua tangan dan telapak tangan, mengusap kepala, serta mencuci kedua kaki hingga mata kaki.
  6. Membersihkan kepala dengan mengguyur air sebanyak 3 kali hingga mencapai kulit kepala dan pangkal rambut.
  7. Bersihkan pangkal rambut dengan menggunakan jari-jari yang sudah dibasahi oleh air.
  8. Untuk laki-laki, penting untuk membersihkan bagian pangkal rambut, sementara bagi wanita tidak wajib.
  9. Saat membersihkan seluruh tubuh dari ujung rambut hingga kepala, prioritaskan sisi kanan dan pastikan untuk membersihkan semua lipatan tubuh.

4 dari 4 halaman

Tujuan Mandi Besar sebelum Puasa Ramadhan

Ilustrasi Mandi © Diadona

Mandi keramas sebelum puasa Ramadhan memiliki tujuan yang penting bagi umat Muslim. Selain membersihkan dan menyucikan tubuh dari najis, niat mandi puasa Ramadhan juga dapat membersihkan tubuh secara lahir dan batin sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Melalui mandi keramas atau mandi besar sebelum puasa, seseorang juga dapat membersihkan hatinya dari berbagai penyakit hati. Meskipun tidak diwajibkan, praktik ini sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci dan mulia, yaitu bulan Ramadhan. Hal ini membantu jiwa dan raga untuk siap beribadah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Namun, yang terpenting bukan hanya membersihkan diri dengan mandi dan keramas, tetapi juga membersihkan hati, menahan diri, dan nafsu dalam segala hal untuk menjalani bulan suci Ramadhan. Nah, itulah ulasan tentang niat mandi puasa Ramadhan. Semoga membantu ya Diazens.

Sumber: liputan6.com (23 Maret 2023)

Beri Komentar