40 Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022, Penuh dengan Harapan dan Permintaan Maaf kepada Orang Terdekat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 Maret 2022 11:55
40 Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022, Penuh dengan Harapan dan Permintaan Maaf kepada Orang Terdekat
Tak semua orang bisa merangkai kata, dan inilah deretan kata ucapan dalam rangka menyambut Ramadhan yang penuh dengan doa, harapan serta membuatmu semakin bersemangat meningkatkan iman.

Ramadhan 2022 tinggal menghitung hari. Selain mendekatkan diri kepada Tuhan, alangkah baiknya bila kita membuka pintu dan mengetuk hati orang-orang di sekitar kita, meminta maaf atas kesalahan yang pernah kita lakukan.

Bukan tanpa alasan, hal ini sendiri tertulis dalam surah Al Baqarah ayat 178 yang artinya:

"Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat..."

Umumnya nih banyak orang mengirimkan pesan khas seperti 'Marhaban ya Ramadhan' atau "Ramadhan Kareem' kepada orang di sekitarnya sebagai ucapan dan kata-kata menyambut bulan Ramadhan 2022. Apa sih artinya?

Menurut Quraish Shihab, dilansir dari Tirto, Marhaban ya Ramadan berarti 'selamat datang Ramadan'.

Menurut Your Dictionary, sedangkan kalimat 'Ramadhan Kareem' memiliki arti Ramadhan yang mulai. Sebagian orang percaya bahwa kata-kata dan ucapan ini tepat diberikan sebelum dan sesudah bulan suci, bukan pada bulan suci itu sendiri.

Bila kamu kesulitan mencari penggalaman kalimat yang indah untuk meminta maaf atas sekedar mengucapkan selamat menyambut bulan yang penuh hikmah ini, Diadona sudah mengumpulkan deretan kata-kata dan ucapan maaf menyambut bulan Ramadhan 2022. Simak, resapi dan pilih mana yang sesuai di hati.

1 dari 3 halaman

Kata-kata dan Ucapan Maaf untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2022

Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022 © goodhousekeeping.com

Agar kata-kata dan ucapan maaf untuk menyambut bulan Ramadhan 2022 mu makin menyentuh, kamu bisa menculik inspirasi dari deretan kalimat di bawah ini.

" Bila dalam kata perbuatan tergores salah dan khilaf, dengan segala kerendahan hati terucap mohon maaf setulus-tulusnya. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H."

" Ada pertempuran yang terjadi dalam diri di setiap hari di bulan Ramadhan. Semoga selama itu Allah selalu memberi kita kekuatan untuk menang."

" Manusia memang kadang tak sadar diri, telah membuat sesamanya terluka hati. Hari ini, maafkanlah semua kesalahan dan dosa diri ini. Supaya kita memasuki bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih."

" Setiap dosa yang dilakukan dalam hidup akan dihitung dan Ramadhan adalah kesempatan untuk meminta pengampunan. Maafkan bila saya ada kesalahan."

" Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Marhaban yaa Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa."

" Marhaban yaa Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa."

" Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

" Napas pun menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah, amal diterima dan doa-doa dijabah bagi orang yang shaum dan rajin membaca kitab-nya di bulan ramadan. Selamat berpuasa dan maaf lahir batin."

" Sebelum cahaya padam, sebelum hidup kan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadan datang, mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan."

" Jika semua harta ialah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur ialah dosa, maka taubatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhan lah pemutihnya. Marhaban ya Ramadan, barakallahu lana" .

" Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT."

" Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Qur’an. Ramadhan jadi penerang, hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadhan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan."

" Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Sucikan hati, sucikan jiwa dan bersihkan pikiran. Marhaban Ya Ramadan. Selamat berpuasa."

2 dari 3 halaman

Kata-Kata dan Ucapan Selamat Menyambut Bulan Ramadhan 2022

Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022 © HaiDer95 from Pixabay

Tak semua orang bisa merangkai kata-kata dan ucapan untuk Ramadhan 2022, dan berikut contekan untuk kamu.

" Anak melayu mengail ikan, perahu berlabuh di tengah lautan. Sambil menunggu datangnya Ramadhan, jari kususun mohon ampunan. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan bagi semua umat muslim."

" Semoga Allah mengisi hati kita dengan keberanian dan membuat jalan kita semakin dekat dengan kemenangan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Allah adalah Maha Pengampun dan Dia mengampuni dosa siapa saja yang menerima dosa-dosanya tepat waktu. Dan semoga semua permintaan ampun kita kepada Allah di bulan ini, didengar dan dikabulkan oleh-Nya. Selamat menjalankan ibadah puasa."

" Selamat menjalankan puasa dalam satu bulan dengan ibadah yang kekal. Ramadhan kareem!"

" Semoga kesucian bulan Ramadan membersihkan jiwa kita dan membimbing kita kepada Islam yang sesungguhnya. Selamat menunaikan ibadah puasa"

" Ramadhan adalah waktu untuk mengosongkan perut untuk memberi makan jiwa. Selamat menunaikan ibadah puasa."

" Gersang bumi dikala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman. Gersang akal dikla tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadan"

3 dari 3 halaman

Kata-kata dan Harapan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2022 yang Menyentuh Hati

Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022Kata-Kata dan Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan 2022 © mostafa meraji from Pixabay

Kata-kata dan harapan dalam rangka menyambut Ramadhan 2022 di bawah ini semoga membuat kamu menjalani ibadah dengan kualitas diri yang terbaik.

" Puasa itu hanya 1% untuk menahan diri dari makan dan minum, 99% sisanya untuk membawa hati dan jiwamu semakin dekat kepada Allah."

" Semoga Ramadhan meningkatkan iman dan shalawat kita agar tidak luntur dan menghujani kita dengan kebaikan."

" Selamat menunaikan ibadah puasa 2022. Nafaspun menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah. Amal diterima dan doa-doa diijabah, semoga kita pun mendapat berkah."

" Allah membawa kita ke ramadhan yang mulia ini sekali lagi agar bisa dimanfaatkan dengan penuh kebaikan. Semoga Allah senantiasa mengampuni seluruh dosa kita."

" Awal bulan Ramadhan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka). Semoga berkah ramadhan selalu bersamamu."

" Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya. Saatnya merenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan soleh dan keikhlasan dalam jiwa."

" Ramadhan itu ibarat hujan... ia memelihara dan menyuburkan benih-benih perbuatan baik."

" Jika setelah Bulan Ramadhan kamu kembali menjalani kehidupan yang penuh dosa, maka sesungguhnya kamu tidak mendapatkan apa pun dari puasamu kecuali hanya rasa lapar."

" Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah fase pelimpahan rahmat bagi semua orang, 10 hari kedua merupakan fase pengampunan dari Allah, dan 10 hari ketiga adalah fase terbebas dari api neraka. Semoga kami bisa menjalani ibadah puasa ini sampai akhir nanti secara sempurna."

" Ramadhan bagaikan bunga yang sangat langka, yang mekar hanya setahun sekali, dan saat kamu mulai mencium harumnya, ia menghilang selama satu tahun lagi."

" Ramadhan adalah 4 minggu yang penuh rahmat, 30 hari yang bernilai ibadah, 720 jam yang penuh nuansa keagamaan, 43.000 menit yang penuh ampunan, 2.592.000 detik yang penuh kebahagiaan."

" Orang miskin adalah dia yang meninggalkan ramadhan masih sama seperti sebelumnya. Maka jangan sampai kita termasuk dalam golongannya."

" Ramadhan dihadiahkan kepada kalian supaya dimanfaatkan untuk melakukan ketaatan, pemurnian, dan meraih pahala berlipat ganda."

" Sebelas bulan lamanya kita menunggu datangnya Ramadhan, semoga kita bisa mengisinya dengan penuh ketaatan."

" Siang diisi kebaikan, malam belajar Alquran. Ramadan menjadi penerang hari yang mulai remang-remang."

Adakah kata-kata dan ucapan puasa Ramadhan 2022 di atas yang nyantol di hatimu?

Beri Komentar