Niat Bela Ayu Ting Ting, Pernyataan Ivan Gunawan Justru Dinilai Rendahkan Profesi PRT

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 11 Agustus 2021 21:34
Niat Bela Ayu Ting Ting, Pernyataan Ivan Gunawan Justru Dinilai Rendahkan Profesi PRT
Kontroversi kalimat Ivan Gunawan yang ditanggapi langsung oleh salah satu perwakilan serikat PRT.

Baru-baru ini nama Ivan Gunawan kembali menjadi sorotan lantaran pernyataan kontroversial yang ia lontarkan saat membela Ayu Ting Ting. Dalam kalimatnya, Ivan Gunawan telah diangap merendahkan profesi Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Kalimat terlontar dalam sebuah sesi live Instagram yang dilakukan oleh Ivan Gunawan beberapa waktu lalu. Dalam rekaman, terlihat Igun mengomentari kasus haters Ayu Ting Ting.

"Haters-nya pembantu lagi. Gua mah kebayang di rumah gua ada pembantu suka main social media, guea pecat. Apalagi ngomong-ngomong jelek tentang orang, eh abis sama gua. Kelar hari itu juga," tegas Igun.

@younie_06

@deehasyim @azzuramazaya @imadduddin05 ##viraltiktok ##viralvideo ##fyp? ##masukberanda biar paham

? suara asli - mama_nunie

1 dari 3 halaman

Kalimat yang terkesan ketus dari Ivan Gunawan rupanya memancing reaksi dari seorang perwakilan Serikat PRT. Ia mengaku keberatan dengan komentar Igun yang dirasa merendahkan profesi PRT.

" Untuk menyikapi kata-kata mas Ivan Gunawan mengenai istilah pembantu, saya PRT perwakilan dari serikat pekerja rumah tangga dari JALA PRT (Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga)," terangnya dalam video yang diunggah akun TikTok @younie_06.

" Bahwa satu, tidak seorang pun dibiarkan melecehkan suatu profesi atau pekerjaan termasuk profesi pekerja rumah tangga. Kedua, bahwa pekerjaan PRT memiliki kedudukan yang sama dengan pekerja lainnya," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sebagai PRT tentu tak ada salahnya bermain media sosial. Asalkan digunakan dengan positif dan inspiratif.

" Ketiga, kontribusi PRT sangatlah pokok. Tanpa PRT maka jutaan warga negara tidak bisa beraktivitas termasuk artis, selebriti, pejabat, pekerja kantor. Satu lagi, PRT bebas bermedia sosial," jelasnya.

" Dengan ketentuan disesuaikan waktu jam kerja. Mari gunakan media sosial dengan hal yang positif, inspiratif dan saling menyemangati," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Video TikTok berisi tanggapan perwakilan serikat PRT itu menjadi ramai diperbincangkan setelah penulis Andreas Harsono membagikan tautannya lewat cuitan di akun Twitter @andreasharsono. Cuitan tersebut telah mendapatkan 614 retweet dan 38 komentar.

Sementara itu, hingga saat artikel ini ditulis, belum ada tanggapan dari pihak Ivan Gunawan.

Beri Komentar