Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah Breaststroke, Berikut untuk Teknik Dasar dan Manfaatnya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 17 Januari 2022 11:00
Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah Breaststroke, Berikut untuk Teknik Dasar dan Manfaatnya
Olahraga yang minim resiko cedera ya renang ini hehe

Renang adalah olahraga yang mempunyai banyak seklai manfaat. Nggak heran jika olahraga ini banyak sekali peminatnya. Dalam olahraga ini ada satu gaya yang cukup banyak dilakukan yakni gaya dada.

Bagi yang belum tahu, nama lain renang gaya dada adalah gaya katak atau dalam istilah asing disebut sebagai Breaststroke. Gaya ini banyak dilakukan karena tergolong mudah, apalagi untuk pemula.

Namun, meskipun demikian, renang gaya dada ini tidak semudah yang dilihat alias tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada beberapa teknik dasar yang harus dilakukan dan dikuasai. Oh iya, manfaat kesehatan yang dimiliki olahraga renang ini juga banyak loh.

Berikut ini Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang nama lain renang gaya dada adalah breaststoke serta teknik dan beberapa manfaatnya.

1 dari 5 halaman

Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah

Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Seperti yang sudah disinggund sedikit tadi, nama lain renang gaya dada ini adalah breaststoke dalam bahasa asing. Sedangkan untuk bahasa Indonesia sendiri nama lain dari gaya renan ini adalah gaya kaki katak atau gaya katak.

Bukan tanpa alasan, disebut dengan gaya katak adalah gerakan renang gaya dada ini persis seperti katak yang sedang berenang di dalam air. Apalagi pergerakan kakinya, persis.

2 dari 5 halaman

Teknik Renang Gaya Dada

Cara Berenang Gaya Dada © Diadona

Melansir dari laman Kumparan, ada beberapa teknik dasar yang harus dilakukan ketika kamu hendak melakukan renang gaya dada. Beberapa teknik tersebut adalah posisi tubuh, gerakan tungkai, tarikan lengan, pernapasan, dan pengangkatan kepala.

Lebih lanjutnya akan dijelas di bawah ini ya. Jadi, yuk sama-sama simak uraian informasinya.

1. Posisi tubuh

Teknik dasar pertama yang harus dilakukan adalah posisi tubuh. Jadi, dalam renang gaya dada, posisi tubuh harus hrozontal atau bahasa teknisnya streamline. Lalu, pastikan kamu bisa mendapatkan dorongan dan lengan dan tungkai.

3 dari 5 halaman

2. Gerakan tungkai

Teknik dasar kedua yang harus dikuasai dalam renang gaya dada ini adalah gerakan tungkai. Dalam hal ini ada dua macam gerakan tungkai yakni wedge action dan whip action.

Wedge action atau teori gerakan hentakan adalah kamu harus meluruskan kedua kaki dan menyatukannya. Kemudian, tekan air di antara tungkai untuk mendorong tubuh agar maju.

Lalu ada, whip action di mana kekuatan yang berasal dari hentakan diakibatkan oleh dorongan ke depan yang didapatkan dari mendesak air ke belakang dengan telapak kaki.

3. Tarikan lengan

Tarikan lengan dalam teknik renang gaya dada ini adalah dalam posisi menarik (pull) dan memulihkan (recovery). Jadi, untuk tarikan lengannya adalah dimulai dengan awal tarikan yang dalamnya sekitar 12 cm hingga 15 cm di bawah permukaan air.

4. Pengangkatan kepala

Teknik dasar terakhir yang harus dilakukan adalah pengangkatan kepala. Teknik ini dilakukan setelah melakukan tarikan lengan.

Jadi, ketika kedua lengan didorong ke depan dalam pemulihannya, leher ditekuk untuk mengangkat kepala atau wajah pada sudut 45 derajat dari garis horizontal. Kemudian, udara dikeluarkan di dalam air dari mulut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada

Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Bagian terakhir adalah manfaat renang gaya dada itu sendiri. Secara umum, renang gaya apapun tentunya sangat baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat renang yang dilansir dari laman Hello Sehat.

- Membantu mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, paru-paru, stroke, dan diabetes tipe 2.

- Memberikan latihan menyeluruh pada tubuh, karena hampir semua otot bergerak aktif selama berenang.

- Membantu menjaga dan mengurangi berat badan dengan lebih banyak membakar kalori dibanding olahraga lainnya.

- Memungkinkan berolahraga tanpa keringat, berkat efek air yang mendinginkan kondisi tubuh secara terus-menerus.

- Mengurangi beberapa dampak stres, serta membuat tubuh lebih rileks.

Jadi itu dari adalah sedikit uraian informasi tentang nama lain renang gaya dada adalah breaststoke dan juga teknik serta manfaat dari renang itu sendiri. Semoga uraian sederhana ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar