Macam-macam Gaya Renang Dasar yang Bisa Kamu Pelajari

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 8 Juni 2021 15:49
Macam-macam Gaya Renang Dasar yang Bisa Kamu Pelajari
Dengan renang kamu juga bisa semakin sehat

Macam-macam gaya renang sebenarnya ada banyak. Hanya saja, gaya renang yang paling dasar hanya ada empat yaitu gaya bebas, kupu-kupu, punggung dan katak alias gaya dada. Bisa berenang merupakan hal yang wajib. Mengapa? Dengan berenang bisa mencegah kamu dari bahaya seperti tenggelam. Jadi kamu bisa menyelamatkan diri kamu apabila bertemu dengan air yang kedalamannya sangat jauh. Selain itu apabila kamu bisa berenang, kamu juga bisa bermain-main dengan teman kamu di kolam renang. 

Belajar berenang tidak perlu harus menjadi seorang yang ahli atau sampai menjadi atlet, untung-untung kalau bisa jadi atlet juga tambah bagus. Kamu hanya perlu belajar gaya dasar-dasarnya saja, kok. Cukup bisa mengapung saja, pokoknya.  Nah, berikut ini macam-macam gaya renang dasar yang bisa kamu pelajari, Diazens!

 

1 dari 4 halaman

Gaya Renang Bebas

Macam-macam Gaya Renang © Diadona

Macam-macam gaya renang yang mungkin pertama kali kamu pikirkan adalah gaya bebas. Gaya renang ini cukup mainstream di kalangan banyak orang selain gaya katak. Itu dikarenakan gaya bebas cukup mudah untuk dipelajari. 

Untuk bisa melakukan gaya bebas, kamu bisa berbaring tengkurap dengan tubuh sejajar dengan air. Dorong diri kamu ke depan dengan gerakan lengan secara bergantian seperti gerakan kincir angin. Kemudian, dibantu dengan pukulan kaki kamu yang memukul air secara satu persatu. Ingat, saat memukul kaki harus diusahakan lurus dan lutut tidak terlalu menekuk.

2 dari 4 halaman

Gaya Renang Kupu-kupu

Macam-macam Gaya Renang © Diadona

Macam-macam gaya renang lainnya adalah gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu ini membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menguasainya. Tidak semua orang juga bisa menguasai gaya ini karen diperlukan teknik dan kekonsistenan dalam berlatih. 

Cara melakukan gaya kupu ini, berbaring tengkurap dengan tubuh sejajar dengan air. Kemudian kayuh kedua tangan kamu dari atas ke bawah tubuh kamu kemudian kembali lagi ke depan. Gaya ini hampir sama dengan gaya bebas hanya saja membutuhkan dua tangan untuk melakukannya. Selain itu pukulan kakinya dilakukan bersamaan bukan satu persatu, ya.

3 dari 4 halaman

Gaya Renang Punggung

Macam-macam Gaya Renang © Diadona

Gaya renang punggung merupakan macam-macam gaya renang yang mirip dengan gaya bebas. Hanya saja posisinya dibalik yaitu terlentang. Banyak orang bisa mengapung dengan posisi terlentang. Gaya punggung ini sama dengan gaya kupu-kupu yang perlu penguasaan teknik yang lebih dalam. 

Cara melakukan gaya renang punggung adalah dengan posisikan dirimu terlentang di air. Busungkan dada kamu keatas agar tidak tenggelam. Kemudian gerakan tangan kamu persis seperti saat menggerakan tangan gaya bebas. Gerakan kaki kamu memukul air ke atas, tapi jangan terlalu ke atas.

4 dari 4 halaman

Gaya Renang Katak

Macam-macam Gaya Renang © Diadona

Macam-macam gaya renang selanjutnya adalah gaya katak atau gaya dada. Gaya katak ini adalah gaya renang yang paling lambat dan merupakan gaya yang paling sering diajarkan. Biasanya seorang atlet yang handal melakukan gaya katak ini dengan menenggelamkan kepala dan bernapas pada titik-titik yang ditentukan dalam pukulan. 

Pukulan ini dilakukan dengan perut menghadap ke bawah. Lengan bergerak bersamaan di bawah permukaan air dengan gerakan setengah melingkar di depan tubuh. Kaki melakukan tendangan seperti hewan katak pada saat yang bersamaan. Kaki katak dilakukan dengan

Beri Komentar