Nama Induk Organisasi Bola Voli Indonesia, Sejarah Pembentukan, Peran dan Prestasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 Maret 2022 11:22
Nama Induk Organisasi Bola Voli Indonesia, Sejarah Pembentukan, Peran dan Prestasinya
Sejak terbentuknya PBVSI, nama induk organisasi bola voli Indonesia, cabang olahraga ini semakin diminati dan menorehkan banyak prestasi

Nama induk organisasi bola voli Indonesia adalah PBVSI, yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Sejak didirikan di tahun 1955, PBVSI berhasil mmebuat permainan bola voli tim Indonesia sangat menonjol.

Sejarah terbentuknya nama induk persatuan bola voli yang disebut PBVSI dimulai dengan diadakannya pertandingan bola voli pertama kali secara resmi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional II Jakarta di tahun 1951. Lalu sejak pelaksanaan PON III Medan, Ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) terus menyerukan tentang pentingnya pembentukan perhimpunan bola voli dalam lingkup nasional, dan didukung oleh Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID). Ketua perhimpunan tersebut secara aktif melakukan pertemuan untuk membahas induk persatuan bola voli.

Dan akhirnya tepat pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuklah induk organisasi bola voli di Indonesia adalah dengan nama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dan diketuai oleh Wim J. Latumeten. PBVSI resmi bergabung menjadi anggota FIVB atau Federasi Bola Voli Internasional pada tahun 1958. Itulah sejarah dari dibentuknya induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI.

1 dari 4 halaman

Peran PBVSI dalam Bola Voli Indonesia

Nama Induk Organisasi Voli di Indonesia adalah © Diadona

Sejak berdiri, induk organisasi bola voli Indonesia yang bernama PBVI ini berhasil mengembangkan olahraga tersebut hingga membuat bola voli Indonesia menjadi sangat menonjol menjelang Asian Games IV 1962 dan GANEFO I 1963 (Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang) di Jakarta.

PBVSI mempunyai peran yakni mengatur regulasi pertandingan dan peraturan umum bola voli di indonesia. Sejak terbentuk, PBVSI juga aktif mengembangkan kegiatan baik ke dalam maupun keluar negeri. Perkembangan permainan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta, baik untuk tim pria atau tim wanita.

Setelah tahun 1962, semakin banyak bermunculan klub bola voli di seluruh penjuru Tanah Air. Ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah pertandingan dalam berbagai kejuaraan olahraga nasional. Di tahun 1989, Nama induk organisasi bola voli Indonesia yakni PBVSI mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia kejuaraan Dunia di Athena Yunani. Dan bisa dibilang nih, saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulutangkis.

2 dari 4 halaman

Peraturan dalam Permainan Bola Voli

Nama Induk Organisasi Voli di Indonesia adalah © Diadona

Salah satu peraturan dasar dalam permainan bola voli adalah sebuah tim dapat menyentuh bola dengan bagian yang diperbolehkan maksimal sebanyak 3 (tiga) kali.

Dilansir dari modul PJOK: Permainan Bola Voli Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X oleh Kemendikbud (2020:8), pertandingan bola voli dimulai dengan salah satu anggota satu tim melakukan servis ke arah pertahanan lawan. Servisi dilakukan dengan melambungkan bola terlebih dahulu sebelum dipukul ke wilayah lawan.

Dalam satu tim, terdapat lima orang yang berada di dalam lapangan.

Satu poin didapat oleh tim yang berhasil memenangkan rally pertandingan. Setelah mendapatkan satu poin, tim tersebut berhak melakukan servis.

3 dari 4 halaman

Nama Induk Organisasi Bola Voli Indonesia adalah © Diadona

Semua pemain dalam suatu tim yang mengikuti pertandingan, harus melakukan rotasi searah jarum jam setiap menyelesaikan rally. Setiap pertandingan bola voli terdiri dari dua atau lebih set. Dua set pertama akan menentukan diperlukannya set tambahan atau tidak.

Olahraga bola voli menggunakan sistem rally point dengan 25 point. Apa artinya? Tim pertama yang mencetak 25 point terlebih dahulu maka dia lah yang menang di babak tersebut. Tapi nih kalau kedua tim sama-sama mencetak 24 point ri waktu yang sama atau seri, maka target kemenangan bakalan diubah. Pertandingan bakal dilanjutkan trus sampai salah satu tim berhasil mengungguli tim lain dengan selisih dua angka, dan dia lah pemenangnya.

4 dari 4 halaman

Prestasi Olahraga Voli Indonesia

Dibandingkan dengan sepak bola atau bulutangkis, permainan bola voli memang kurang begitu diminati. Meski demikian, cabang olahraga ini punya prestasi yang baik lho!

Di ajang SEA Games prestasi Timnas voli Indonesia telah menorehkan prestasi yang patut dibanggakan. Indonesia berhasil meraih total 10 emas, 6 perak dan 5 Perunggu. Untul level Asia, tim putra pernah tembus 8 besar kejuaraan Asia di tahun 2009. Sementara tim putri mampu meraih perunggu. Di Olimpiade Tokyo tahun 2020, tim bola voli putri Indonesia berhasil masuk dalam babak kualifikasi.

Nama induk organisasi bola voli Indonesia adalah PBVSI dan begitu banyak perannya dalam kemajuan tim bola voli Indonesia.

 

Beri Komentar