Nggak Banyak yang Tahu, Nama Asli Bangkok Ternyata Ada 168 Huruf lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 2 Februari 2022 20:59
Nggak Banyak yang Tahu, Nama Asli Bangkok Ternyata Ada 168 Huruf lho!
Nama asli Bangkok terdiri dari 168 huruf! Wah, menyebutkannya nggak cukup dalam satu tarikan nafas nih!

Bangkok, ibukota Thailand adalah salah satu destinasi wisata Asia Tenggara yang lumayan banyak diminati wisatawan. Kita sih mengenal nama kota ini dengan sebutan Bangkok saja, bukan? Begitu pula mpenyebutannya dalam bahasa Inggris.

Di Thailand, ibu kota mereka ini ternyata disebut dengan nama Krung Thep Maka Nakhon, atau hanya Krung Thep. Tapi tahu nggak sih kamu kalau nama asli Bangkok itu ternyata panjang banget lho! Saking panjangnya sampai membuatnya disebut sebagai nama kota terpanjang di dunia dengan 168 huruf!

Dan siapa sih nama asli Bangkok? Oke, tarik napas dulu ya.

1 dari 3 halaman

Nama Asli Bangkok © Diadona

Nama asli Bangkok secara lengkap adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Yang bila diterjemahkan berarti " Kota para malaikat, kota besar, kediaman Buddha Zamrud, kota yang tak tertembus (tidak seperti Ayutthaya) Dewa Indra, ibu kota agung dunia yang diberkahi dengan sembilan permata berharga, kota bahagia, berlimpah Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai tempat tinggal surgawi tempat memerintah dewa yang bereinkarnasi, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnukarn.

2 dari 3 halaman

Nama Asli Bangkok © Diadona

Susah banget nih menyebutkan nama panjang kota ini dalam satu tarikan napas. Apalagi nih membayangkan nama kota ini ditulis di KTP, SIM, kok rasanya bakalan butuh space yanbg panjang banget ya! Untung banget ya nama asli Bangkok ini nggak selalu harus ditulis secara lengkap dan hanya disebut dengan Bangkok saja, hihihi. Lagipula kalo kamu lagi jalan-jalan di sana, nggak semua pengunjung tahu kok nama lengkap kota ini secara keseluruhan.

Tapi untuk menyenangkan penduduk di sana yang mana biasanya dilakukan dengan mengetahui lebih banyak tentang mereka, kamu biasanya hanya cukup tahu Krung Thep (Kota Bidadari) saja kok.

Nama 'Bangkok' digunakan dalam adminstrasi pemerintahan dan juga perusahaan. Melansir Ling App, ada banyak teori tidak jelas tentang asal-usul penggunaan nama Bangkok tersebut. Sementara nama asli Bangkok dilihat sebagai gelar seremonial untuk sebuah kota, ketimbang suatu nama yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Pertanyaannya, apakah semua orang di sana hapal dengan nama tersebut? Banyak orang yang bisa melafalkan seluruh nama berkat sebuah lagu. Kata-kata yang membentuk nama asli Bangkok ini memiliki campuran asal yang berbeda karena sejarah Thailand yang beragam.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Tentang Bangkok

Nama Asli Bangkok © Diadona

Apa saja sih fakta menarik dari kota satu ini? Simak yuk!

Pecinan di Bangkok adalah yang terbesar di dunia yang merupakan rumah bagi lebih dari satu juta orang keturunan Tionghoa, biasanya generasi kedua atau ketiga. Teus gang-gang dan jalanan kecil yang bersilangan berubah menjadi pusat jajanan kaki lima yang ramai di malam hari trus pusat belanja barang bekas di siang harinya.

Memang sih ada beberapa hukum di negara lain yang aneh dan tak mengikuti perkembangan zaman. Tapi ada undang-undang di Bangkok yang dijamin beneran bikin kamu geleng kepala. Gini, kamu mungkin akan dibawa ke kantor polisi bila melakukan hal-hal di bawah ini:

Keluar rumah tanpa mengenakan pakaian dalam

  • Mengendarai kendaraan bermotor bertelanjang dada
  • Menggunakan buah durian sebagai senjata; denda yang dikenakan akan ditentukan sesuai dengan jumlah duri yang mengenai korban
  • Menginjak mata uang, karena mengandung citra Raja dan tidak boleh diremehkan

Sama seperti Venesia , Bangkok juga merupakan kota yang dibangun di atas puluhan kanal dan dengan gedung-gedung yang berdiri di atas panggung. Meski sebagian besar kanal tersebut kini sudah diaspal, julukan itu sudah mencuat.

Bangkok disebut sebagai kota terpanas di dunia. Antara bulan Mei dan Maret, suhu bisa naik hingga 34 derajat celcius, sedangkan rata-rata tahunan adalah 28 derajat.

Ada toilet gender ketiga di negara ini lho. Dan toilet ini diperkenalkan pertama kali oleh Thailand yang dikenal sangat menerima identitas seksual dan ekspresi masyarakatnya.

Poster dan gambar keluarga kerajaan menghiasi banyak tembok umum di kota, dan lagu Raja dimainkan sebelum setiap pertunjukan budaya, pemutaran film, atau pemutaran film di bioskop. Sebab masyarakatnya tuh cinta banget sama raja mereka lho!

Nama asi Bangkok bikin mindblowing ya!

Beri Komentar