Meski Hanya Digaji Rp200 Ribu Per Bulan, Guru Honorer SD Ini Tetap Bantu Muridnya Belikan Dasi Baru

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 10 September 2022 08:03
Meski Hanya Digaji Rp200 Ribu Per Bulan, Guru Honorer SD Ini Tetap Bantu Muridnya Belikan Dasi Baru
Meski masih kekurangan, ia tetap mau membantu muridnya.

Pantas, jika guru dibilang sebagai pahlawan tanpa tanda jas. Lewat kasih sayang dan ajaran ilmunya, mereka mengantarkan murid-murid kesayangan hingga menuju tangga kesuksesan. Meski begitu, masih banyak guru yang hanya digaji pas-pasan.

Baru-baru ini beredar video guru honorer yang mendapatkan gaji di bulan September, besaran gaji tersebut terbilang kecil, hanya 200 ribu saja. Meski terbilang kecil, guru honorer tersebut menunjukkan kasih sayang kepada salah satu murid yang dasinya sudah usang.

1 dari 5 halaman

Guru honorer bantu murid yang kekuranganGuru honorer bantu murid yang kekurangan © instagram/rumpi_gosip

Hal itu diketahui dari unggahan akun @rumpi_gosip di jejaring media sosial Instagram. Dalam rekaman tersebut, guru pria itu membuka amplop putih berisi gajinya yang hanya senilai Rp200 ribu. Guru Sekolah Dasar (SD) itu pun lalu mengaku akan menggunakan uang gaji tersebut untuk kebutuhan anak-anak didiknya.

" Puji Tuhan ini gaji untuk bulan September ini," tulis keterangan unggahan.

2 dari 5 halaman

Guru honorer bantu murid yang kekuranganGuru honorer bantu murid yang kekurangan © instagram/rumpi_gosip

Dia memanggil salah satu muridnya dan bertanya siswa yang atribut sekolahnya sudah tak layak pakai hingga harus diganti. Murid itu lalu menyampaikan ada siswa bernama Reza yang duduk di kelas 5.

Selanjutnya, si murid mengajak Reza atas perintah guru tersebut masuk ke dalam kelas. Terlihat, Reza yang tak memakai sepatu masuk malu-malu dan berhadapan dengan guru honorer tersebut.

3 dari 5 halaman

Guru honorer bantu murid yang kekuranganGuru honorer bantu murid yang kekurangan © instagram/rumpi_gosip

Tali dasi milik Reza telah tak lagi kencang dan begitu renggang, bahkan sampai menggantung bebas. Guru honorer itu menyampaikan akan mengganti dasi, namun juga berpesan untuk tak dibuat mainan.

Sementara itu, bocah laki-laki bernama Reza hanya tertunduk malu tak berkata apapun. Si guru pun lanjut pergi ke perpustakaan untuk membeli dasi dan langsung memberikannya ke Reza. Reza masih tampak malu-malu hingga akhirnya digantikan langsung oleh guru honorer tersebut. Setelahnya, si guru memeluk Reza sambil tersenyum hangat.

4 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gosip Terupdate (@rumpi_gosip)

Tayangan itu seketika mencuri atensi warganet hingga menuai beragam tanggapan di kolom komentar.

“Gaji guru kok main-main gitu ya, semoga video ini sampai ke pemerintah pusat. Semoga sang guru diberi imbalan oleh Tuhan, Amin.” Tulis saah satu aun.

“Sampai hati sekali, gaji guru kok 200 sebulan. Ya ALLAH teganya.” Tulis netizen lainnya

“Semoga tahun depan kamu jadi PNS ya” tambah netizen.

Sedih banget memang melihat gaji guru honorer yang kecil, semoga pemerintah dapat berbenah dengan masalah ini dan memberikan gaji yang layak kepada semua guru khususnya honorer di seluruh Indonesia.

Beri Komentar