Masukkan Belut Hidup 40 Cm ke Pantat Buat Obati Sembelit, Usus Pria Ini Malah Bolong

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 24 Juni 2020 16:03
Masukkan Belut Hidup 40 Cm ke Pantat Buat Obati Sembelit, Usus Pria Ini Malah Bolong
Kok bisa sih?

Sebuah video menjadi viral memperlihatkan dokter di China mengeluarkan seekor belut dari usus pasien. Binatang berlendir itu katanya sengaja dimasukkan ke dalam perut untuk mengobati sembelitnya. Rekaman yang beredar memperlihatkan seekor belut ditarik keluar dari perutnya dan ditempatkan di wadah oleh seorang dokter bedah.

1 dari 3 halaman

Sakit Perut Selama Seminggu Namun Tak Sembuh-sembuh

Masukkan Belut Hidup 40 Cm ke Pantat Buat Obati Sembelit, Usus Pria Ini Malah Bolong © Diadona

Insiden menghebohkan ini bermula ketika pasien yang tidak disebutkan namanya itu dibawa ke Rumah Sakit Huangjiang, Kota Dongguan, Provinsi Guangdong. Menurut laporan, pasien berusia 50-an itu dilarikan ke rumah sakit setelah menderita sakit perut selama seminggu.

Kepala ruang bedah Li Jian mengatakan pasien mengalami komplikasi parah yang menyebabkan syok septik. Bicaranya sulit dimengerti. Saat dilakukan CT Scan, dokter menemukan ada benda asing di dalam rongga perutnya. Tapi dokter tidak tahu benda apa itu.

" Kemudian ketika melakukan kolonoskopi, kami menemukan itu adalah belut rawa. Binatang itu masuk ke dalam rongga perutnya," kata dokter Jian.

2 dari 3 halaman

Pengobatan Tradisional Berdasarkan Mitos

Menurut dokter Jian, mengobati sembelit secara tradisional dengan memasukkan belut ke dalam perut melalui dubur tidak teruji secara medis karena itu berdasarkan mitos belaka.

Pengobatan sembelit dengan belut ini sudah jadi kepercayaan warga China. Sebelumnya pada Januari lalu, seorang pria di Nanjing, Provinsi Jiangsu, juga memakai belut untuk mengobati sembelit. Dia dilaporkan menelan dua ekor belut sekaligus karena percaya itu akan mempercepat kesembuhan penyakit sembelit yang dideritanya.

Tetapi kedua belut itu justru merobek ususnya hingga menyebabkan si pasien dalam kondisi yang mengancam jiwa. Dia baru sembuh setelah menjalani operasi bedah pada perutnya untuk mengeluarkan dua ekor belut tersebut.

3 dari 3 halaman

Dokter Menarik Seekor Belut Sepanjang 40 Sentimeter

Masukkan Belut Hidup 40 Cm ke Pantat Buat Obati Sembelit, Usus Pria Ini Malah Bolong © Diadona

Pasien kemudian menjalani operasi darurat untuk mengeluarkan belut dari ususnya. Saat membedah perut pasien, dokter menemukan kotoran yang bercampur nanah dari luka di usus yang mengalami infeksi parah.

Tidak hanya itu, dokter juga melihat ada seekor belut sepanjang 40 sentimeter. Belut tersebut sudah mati di dalam usus pasien.

Beri Komentar