Kisah Ikramsyah, Dulu Dicibir Miksin dan Anak Broken Home Kini Sukses Buktikan Diri Jadi Dokter

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 27 Agustus 2022 10:03
Kisah Ikramsyah, Dulu Dicibir Miksin dan Anak Broken Home Kini Sukses Buktikan Diri Jadi Dokter
Meski tanpa orangtua, bahkan kondisi keuangan serba kekurangan. Pria ini berhasil meraih cita-citanya menjadi dokter dengan predikat cumlaude di kampus impiannya.

Label anak broken home populer ditujukan kepada anak yang orangtuanya sudah bercerai. Namun tak selamanya jejak sebagai anak broken home akan melahirkan kenangan yang negatif. Seperti yang dibuktikan oleh seorang dokter bernama Ikramsyah Maulana.

Siapa sangka di balik kisah suksesnya sebagai dokter, dia adalah anak broken home yang justru hidup hanya bersama nenek dan kakeknya. Meski tanpa orangtua, bahkan kondisi keuangan serba kekurangan, pria ini berhasil meraih cita-citanya menjadi dokter dengan predikat cumlaude di kampus impiannya.

1 dari 6 halaman

Kisah Ikramsyah © Diadona

Ikramsyah membagikan rekam jejaknya saat berjuang di tengah ketiadaan orangtua hingga ekonominya yang sulit, dalam video di akun TikTok @dr.ikramsyah_maulana.

" Dulu ditanya cita-citanya mau jadi apa? Jadi DOKTER. Walau dengan keluarga broken home, dibesarkan oleh nenek dan kakek keluarga sederhana," tulisnya.

Di masa sekolah, Ikramsyah mengaku tidak pernah membeli buku. Ia selalu meminjam, begitu pula ketika ada tugas dan membutuhkan laptop.

" Selama sekolah tidak pernah membeli buku selalu meminjam untuk membuat tugas selalu meminjam laptop teman," ujarnya.

2 dari 6 halaman

Kisah Ikramsyah © Diadona

Dia berhasil membalikkan keadaan dengan menjadi murid berprestasi. Tercatat Ikramsyah pernah mendapatkan peringkat dua umum saat lulus SMA. Walaupun di momen kelulusannya itu, tidak ada orang tua maupun wali yang datang menerima hasil kelulusannya.

" Sewaktu mendengar hasil lulus SMA tidak ada orang tua atau wali yang datang untuk menerima hasil kelulusan walau mendapat peringkat 2 umum," katanya.

Prestasi itu juga membuka jalan baginya untuk dapat masuk ke fakultas impiannya, yakni Fakultas Kedokteran di Universita Pattimura. Ia berhasil lulus jalur SNMPTN atau jalur undangan lewat prestasi akademiknya.

" Alhamdulillah dengan perjuangan selama sekolah bisa lulus jalur SNMPTN masuk Fakultas Kedokteran UNPATTI (Universitas Pattimura)," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Kisah Ikramsyah © Diadona

Ikramsyah pun kuliah dengan beasiswa hingga lulus. Ketika di bangku kuliah, dia mengaku sering dihina karena tak mampu membayar biaya kuliah. Namun hal itu tak mematahkan semangatnya, justru dia giat kuliah sambil bekerja karena harus memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak dapat ditanggung oleh beasiswa.

" Dianggap remeh sama orang tidak mampu membiayai kuliah di fakultas kedokteran. Alhamdulillah selama kuliah mendapatkan beasiswa sampai lulus. Walau sudah dibantu dengan beasiswa, tapi masih membutuhkan biaya untuk hidup dan keperluan kuliah kedokteran yang cukup banyak," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Ikramsyah punya cara lain untuk untuk mendapatkan uang dengan membuka buket bunga, serta membuat masker dari hasil keterampilannya dalam menjahit. Tak hanya itu dia juga pernah menjadi driver ojek online.

" Alhamdulillah selama kuliah mendapatkan beasiswa sampai lulus, pada tahun 2016 alhamdulillah dengan keterampilan yang saya miliki, saya membuka usaha buket bunga sambil kuliah. Selain itu juga saya membuat masker kain untuk dijual, pernah juga harus ngojek," ujarnya.

 

 

5 dari 6 halaman

@dr.ikramsyah_maulana Gak percaya bisa sekuat ini ???? bermimpi, berdoa dan berusaha #fyp #fy #motivasi #drikram ? Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto

 

Kini Ikramsyah telah menikmati hasil kerja kerasnya. Dia telah menyandang sebutan sebagai dokter, dengan catatan kelulusannya saat mahasiswa meraih predikat cumlaude.

" Alhamdulillah bisa lulus dengan predikat CUMLAUDE, alhamdulillah sekarang bisa menjadi dokter. Bermimpilah, berdoalah, berusahalah, jika itu rezekimu tak akan lari kemana," pungkasnya.

Beri Komentar