Keciduk Netizen, Pamungkas Diduga Ambil Desain Editor Lain Tanpa Izin

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 2 Februari 2021 13:53
Keciduk Netizen, Pamungkas Diduga Ambil Desain Editor Lain Tanpa Izin
Pamungkas saat ini menjadi perbincangan netizen di media sosial Twitter. Ia dituduh mencuri karya seni dari seniman asing untuk proyek pribadinya.

Salah satu netizen mengunggah beberapa screenshot dari Instagram seorang artis bernama Baptiste Virot yang memiliki akun @b_virot di Instagram. Informasi dalam tweet tersebut menunjukkan bahwa Pamungkas menggunakan karya orang lain tanpa izin.

"Mungkin p*mungk*s gak nyolong artwork ilustrator luar buat jadi cover EP-nya, mungkin dibeli kaliyaaa TAPI kok di take down semua dari ig sm youtubenya. enak banget karya orang cuma dicomot trus dijadiin kolase," tulis akun @m3gumiii dalam beberapa tweet yang dibuat thread di Twitter.

1 dari 3 halaman

Beberapa foto yang diunggah akun tersebut memperlihatkan foto Pamungkas dengan latar belakang abu-abu. Puncaknya adalah motif kacamata yang dia gunakan.

Motif kacamata terlihat seperti beberapa gambar yang disusun menjadi satu. Foto-foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun @b_virot ke Instagram pribadinya.

2 dari 3 halaman

Di tweet berikutnya, akun @m3gumiii kemudian men-tweet video yang menampilkan Pamungkas menjelaskan inspirasi font dan warna pada karya terbarunya. Dalam video tersebut, Pamungkas menyebut inspirasi desain setiap album berasal dari musiknya. "Setiap desain dari setiap album selalu berdasarkan atas musiknya. Jadi inspirasi logonya pun dari musiknya," kata Pamungkas dalam sesi tanya jawab di Instagram Stories. "Oh terinspirasi 'dari musiknya' guys aduh deep," komentar akun tersebut.

      View this post on Instagram

A post shared by Frekuensi Antara (@frekuensiantara)

3 dari 3 halaman

Lebih lanjut, @m3gumiii yang sepertinya tak berhenti sampai di situ menjelaskan bahwa ia pertama kali mengetahui tentang Pamungkas menggunakan karya Baptiste Virot dari akun Instagram lain bernama @frekuensiantara. Akun tersebut pada Minggu (31/1/2021) mengunggah foto yang diinterogasi oleh netizen bersama dengan karya artis tersebut. Netizen pun ramai mengomentari foto di Instagram.

      View this post on Instagram

A post shared by ????Baptiste Virot???? (@b_virot)

Sampai saat ini, di akun Instagram @pamungkas, belum ada klarifikasi terkait dugaan netizen terhadapnya.

Beri Komentar