Joy Tobing Positif Covid-19, Tertular Sehabis Manggung di Luar Kota?

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 2 Oktober 2020 15:12
Joy Tobing Positif Covid-19, Tertular Sehabis Manggung di Luar Kota?
Joy Tobing menambah daftar selebriti yang terinfeksi Covid-19.

Penyanyi lulusan ajang pencarian bakat itu kaget saat mengetahui hasil swabnya yang ternyata positif mengidap virus corona.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Joy Tobing menurun. Pelantun lagu "For Love" itu merasakan ada yang salah di tenggorokannya. Joy Tobing menuturkan, sebelum mengalami sakit tenggorokan, dirinya sempat terserang flu. Joy Tobing mengira itu karena cuaca.

"Memang di akhir bulan Agustus itu kakak merasakan demam, flu, batuk. Kakak pikir hanya demam biasa, karena kalau kita kurang fit namanya juga cuacanya lagi enggak baik ya demam sama batuk," tutur Joy Tobing dalam sebuah video di channel YouTube Cumi Cumi, tayang pada 30 September 2020. Berikut 6 fakta Joy Tobing terpapar virus corona Covid-19.

1 dari 6 halaman

1. Padat Jadwal Manggung

Joy Tobing © Diadona

Joy Tobing mengaku jadwal manggungnya begitu padat saat menghadapi pandemi Covid-19. Sejak Agustus, aktivitas menyanyi tak kunjung berkurang. " Bulan Agustus itu memang banyak kegiatan acara baik secara virtual, live streaming, atau acara ke luar kota," jelas Joy Tobing.

2 dari 6 halaman

2. Mulai Timbul Gejala

Joy Tobing © Diadona

Di penghujung Agustus 2020, Joy Tobing mulai merasakan gejala seperti demam, flu dan batuk. " Tapi masuk awal September tenggorok kakak mulai enggak enak," ujar pemilik album 'Terima Kasih' itu.

3 dari 6 halaman

3. Hasil Rapid Test

Joy Tobing © Diadona

Joy Tobing kemudian pergi ke rumah sakit untuk tes rapid. Hasilnya pada saat itu non-reaktif.

" Tanggal 1 September kakak bersama Joshua (anak) bersama Mama pergi ke rumah sakit untuk rapid test karena tanggal 4 September, kakak ada acara di luar kota. Kan diwajibkan kalau mau terbang, harus ada surat keterangan dokter sehat ya. Kami rapid test dan hasilnya nonreaktif," ucapnya.

4 dari 6 halaman

4. Manggung di Luar Kota

Joy Tobing © Diadona

Beberapa hari kemudian, Joy Tobing pergi ke luar kota untuk menghadiri sebuah acara. Di sana, Joy Tobing merasakan gejala seperti sebelumnya. Bedanya, kali ini disertai batuk gatal.

" Selama kakak berada di luar kota, subuh-subuh selalu terbangun karena batuknya batuk gatal. Jam 4-5 itu selalu terbangun. Kakak belum menyadari, di luarnya normal, di dalamnya panas. Jadi waktu habis nyanyi itu, kakak merasakan keringat dingin. Nah pulang dari luar kota tanggal 7 masih tampil di salah satu televisi swasta untuk talk show," ungkapnya.

5 dari 6 halaman

5. Kangguan di Indera Penciuman

Joy Tobing © Diadona

Salah satu gejala yang dialami Joy Tobing ialah indra penciuman dan pendengaran yang mulai terganggu. " Nah pulang dari talk show sampai di rumah merasa enggak enak karena beberapa hari belakangan penciuman terganggu dan pengecapan rasa di lidah itu mulai aneh," jelas Joy Tobing.

" Kakak juga merasakan penciuman bau-bau asap kayak kebakaran. Kakak pikir di acara itu ada orang merokok. Karena sedang batuk flu bau-baunya tinggal di hidung," ungkapnya.

6 dari 6 halaman

6. Positif Covid-19

Joy Tobing © Diadona

Joy Tobing melakukan tes swab. Hasilnya positif. Dia kaget dan menangis. " Di kedokteran sekarang ada yang swab test dengan Antigen dan bisa ketahuan hasilnya langsung, dan ternyata positif," ungkap Joy Tobing.

" Itu syok. Sudah mikirnya 'Aduh Tuhan apakah aku bisa melihat matahari besok' sampai nangis," ucap penyanyi kelahiran Jakarta, 20 Maret 2020 itu.

Semoga Joy Tobing bisa segera pulih dan sembuh dari virus ini.

Beri Komentar