Jenis Lovebird Termahal yang Bisa Dijadikan Mahar, Ada yang Seharga Rumah Mewah!

Reporter : Zaki
Sabtu, 20 Juni 2020 18:00
Jenis Lovebird Termahal yang Bisa Dijadikan Mahar, Ada yang Seharga Rumah Mewah!
Tertarik untuk memiliki yang mana?

Mempersiapkan pernikahan itu ribet, juga mahal. Memang iya, tapi sepadan dong dengan rasa bahagia yang dirasakan diri sendiri, pasangan hingga masing-masing keluarga. Salah satu yang sering bikin pusing jelang naik ke pelaminan adalah mencari mahar atau mas kawin. Selain seperangkat alat sholat, sejumlah uang atau logam mulia, jenis lovebird termahal bisa jadi pilihan unik, lho.

Punya makna mendalam, burung berparuh bengkok ini disebut sebagai burung cinta. Bukan asal cocokologi, sebutan ini berasal dari genus Agapornis yang dalam bahasa Yunani. Agapein artinya to love sedangkan ornis berarti burung.

Cocok sih buat diberikan pada pasangan di hari-H, tapi jangan lupa siapkan bujetnya. Pasalnya beberapa lovebird dikenal punya harga yang fantastis, bahkan ada yang seharga motor sport sampai rumah mewah. Penasaran yang mana?

1 dari 10 halaman

Lovebird Cobalt

© Diadona

Mau memelihara salah satu jenis lovebird termahal tapi nggak bikin dompet auto berkerut? Lovebird cobalt bisa jadi pertimbangan tepat. Punya varian warna yang cukup banyak, lovebird cantik ini lumayan ngetop di kalangan pecinta burung. Dibanderol Rp450 ribu hingga Rp750 ribu, kamu bisa membawa pulang burung mungil dengan tubuh yang didominasi warna biru, kecuali bagian leher hingga kepala yang berwarna abu-abu.

2 dari 10 halaman

Lovebird Violet

© Diadona

Dari penampakannya, jenis lovebird termahal yang satu ini mirip dengan lovebird cobalt. Warna biru keunguan yang lebih cetar tampak di bagian sayap dengan ujungnya berwarna hitam. Bagian perutnya berwana putih sedangkan kepalanya dominan hitam.

Selain warna violet, lovebird yang satu ini juga punya varian warna lain yang nggak kalah kece. Didominasi warna putih, tapi ada warna pastel violet di punggung dan sayapnya yang bikin kaum hawa pun meliriknya. Soal harga beda tipis dengan lovebird cobalt, dengan kisaran Rp400 ribu hingga Rp800 ribu, tergantung daerah asal dan usianya.

3 dari 10 halaman

Lovebird Albino

© Diadona

Kalau jenis lovebird termahal biasanya dinilai dari variasi warna cantiknya, lovebird albino justru tampil polos. Putih bersih, cocok buat pengganti burung dara yang biasa ada di prosesi pernikahan, tuh.

Tergolong langka di Indonesia, harganya pun lumayan bikin kantong menipis. Dibanderol Rp500 hingga Rp750 ribu buat lovebird albino bermata hitam. Sedangkan lovebird albino yang bermata merah lebih mahal, dengan kisaran harga maksimal Rp1 juta.

4 dari 10 halaman

Lovebird Batman

© Diadona

Sama seperti lovebird albino, jenis lovebird termahal yang satu ini juga cukup sulit ditemukan karena sulit dibudidayakan. Tergolong mutasi warna baru yang butuh indukan berwarna hitam khas Batman, harga untuk lovebird ini lumayan bikin dahi berkerut.

Untuk mendapatkan lovebird dewasa dengan warna kepala dan sayap berwarna hitam, kamu harus mengeluarkan Rp900 ribu hingga Rp1,3 juta. Hmmm, seharga tiket ke luar negeri ya!

5 dari 10 halaman

Lovebird Kepala Elang

© Diadona

Selain dikenal sebagai salah satu jenis lovebird termahal, lovebird kepala elang ini juga termasuk langka. Dikenal juga dengan sebutan Sable berkat warna kepalanya yang cerah dan bersih, burung berwarna unik ini berasal dari perkawinan lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di kepalanya. Kebayang kan kesulitan untuk membudidayakannya, nggak heran kalau harganya lebih tinggi dibanding lovebird violet, yaitu antara Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

6 dari 10 halaman

Lovebird Euwing

© Diadona

Nama unik dari jenis lovebird termahal ini diambil dari akronim Eumelanin yang artinya faktor gelap dan Wing yang berarti sayap. Lovebird ini punya ciri khas bentuk huruf V di punggungnya, berkat warna sayap lebih gelap dan punggung yang tampak lebih terang. Harganya berkisar antara Rp2,3 juta hingga Rp5,5 juta. Uniknya, seperti emas yang sering dijadikan mahar, harganya terus meningkat dari tahun ke tahun, lho.

7 dari 10 halaman

Lovebird Parblue

© Diadona

Di daftar jenis lovebird termahal berikutnya, bertengger lovebird parblue yang didatangkan dari Amerika Serikat. Diperkenalkan oleh Felix del Valle pada tahun 2001, lovebird ini didominasi warna biru yang eksotik dengan bagian muka dan leher berwarna kuning keputihan.

Disebut juga lovebird yellow face, harganya bisa bikin jiwa missqueen meronta-ronta. Berada di kisaran Rp10 juta untuk lovebird dewasa sedangkan anakannya dijual dengan harga Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta. Tapi jika bisa menyilangkannya dengan lovebird biola, anakannya bisa mencapai harga fantastis Rp30 juta, lho.

8 dari 10 halaman

Lovebird Biola Blue

© Diadona

Dibandingkan lovebird biola lainnya, burung cantik yang satu ini sukses masuk dalam jajaran jenis lovebird termahal. Kalau lovebird biola hijau dijual di kisaran Rp10-15 juta, maka biola biru melesat dengan harga Rp40-50 juta.

Punya warna bulu yang cantik dengan kepala hingga leher berwarna kuning kemudian menyatu sempurna dengan gradasi warna biru di tubuh dan sayapnya. Seharga 2 motor terbaru, lovebird biru ini tetap menarik banyak peminat.

9 dari 10 halaman

Lovebird Jalal

© Diadona

Mungkin kamu termasuk yang bakal mundur teratur begitu tahu harga yang dipasang untuk lovebird yang satu ini. Yup, lovebird jalal ini layak banget disebut sebagai salah satu jenis lovebird termahal karena punya harga jual Rp750 juta.

Lovebird ini awalnya diimpor dari Eropa untuk menjadi pejantan, tapi kemampuan berkicau yang nyaring dan panjang membuat pemiliknya Ade Sulitsyo mencoba mengikutsertakannya dalam berbagai lomba. Ratusan kontes berhasil dimenangkan dan bikin banyak orang kepincut memiliki lovebird jalal ini.

10 dari 10 halaman

Lovebird Kusumo

Percaya nggak sih kalau predikat jenis lovebird termahal itu berasal dari Indonesia? Lovebird kusumo ini dibanderol dengan nilai fantastis, Rp2,2 milyar.

Saingan berat lovebird jalal ini sudah menjuarai banyak kontes tingkat daerah hingga nasional, berkat kemampuannya mengeluarkan suara tanpa jeda, bahkan hingga 3 menit lamanya. Bukan hanya bisa berkicau cukup lama dalam satu tarikan nafas, suaranya pun tergolong nyaring dan indah didengar. Sempat ditawar dengan mobil mewah dan uang tunai ratusan juta rupiah, kematian lovebird milik Sigit Marwanta pada tahun 2018 ini menghebohkan komunitas pecinta burung.

Dikenal punya cara hidup yang lucu karena mirip sepasang kekasih yang dimabuk cinta, nggak heran kalau lovebird mulai dilirik sebagai mahar yang unik dan berkesan. Tapi sebelum menyanggupinya, cek dulu jika burung incaranmu termasuk dalam daftar jenis lovebird termahal yang bakal bikin tabunganmu terkuras habis. (eth)

Beri Komentar