Inilah Perbedaan Tujuan dan Manfaat Penelitian beserta Contohnya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Maret 2021 12:55
Inilah Perbedaan Tujuan dan Manfaat Penelitian beserta Contohnya, Kamu Sudah Tahu Belum?
Kira-kira apa sih perbedaan tujuan dan manfaat dalam penelitian? Yuk, simak artikelnya di bawah ini.

DiaZens, siapa nih yang tenga di sibukkan dengan tugas akhir maupun skripsi? Bicara soal skripsi, kira-kira kamu tau nggak sih perbedaan antara tujuan dan manfaat yang merupakan bagian terpenting dalam penelitian?

Nah, kalau belum mendalami perbedaan tujuan dan manfaat, maka kamu perlu ketahui dulu perbedaannya secara mendasar. Agar setiap upaya yang kamu lakukan dalam penelitian lebih terstruktur dan bisa terlihat hasil yang didapatkan.

Biar gak terlalu lama, berikut kami telah merangkum perbedaan tujuan dan manfaat penelitian dalam berbagai sumber untuk menambah wawasan mu saat mengerjakan tugas akhir maupun skripsi.

1 dari 3 halaman

Perbedaan Tujuan dan Manfaat Penelitian

Perbedaan Tujuan dan Manfaat © Diadona

Sebenarnya beberapa perbedaan tujuan dan manfaat bisa dilihat dari makna kata serta sifatnya. Maka dari itu, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Makna Kata Sebagai Kata Benda

Perbedaan tujuan dan manfaat yang pertama bisa dilihat dari makna kata sebagai kata benda. Sebagai kata benda, artinya manfaat dapat diartikan sebagai keuntungan, kepentingan, atau bantuan dari sesuatu. Sementara tujuan sebagai kata benda diartikan sebagai objek yang akan dijangkau, sebuah target, atau sebuah tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang.

Jadi, dalam hal ini bisa dipahami bahwa makna manfaat sebagai kata benda yaitu sesuatu yang dapat memberikan keuntungan tertentu yang bisa dinikmati oleh penerimanya. Sementara tujuan dalam arti sebagai kata benda adalah objek tujuan atau target yang ingin dicapai dalam suatu usaha yang tengah dilakukan

2. Makna Kata Sebagai Kata Kerja

Perbedaan tujuan dan manfaat selanjutnya bisa kamu pahami melalui makna kata sebagai kata kerja. Artinya, manfaat sebagai kata kerja berarti menjadi atau memberikan manfaat. Sementara tujuan sebagai kata kerja ialah tujuan seseorang, berniat, upaya memutuskan untuk mencapai sesuatu,  atau rencana yang ingin dilakukan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa manfaat adalah proses yang bisa menghasilkan sesuatu dan memberikan guna tertentu. Kalau tujuan ialah suatu upaya, niat, atau rencana yang dilakukan guna mencapai target tertentu sesuai dengan keinginan.

Oleh sebab itu, perbedaan tujuan dan manfaat biasanya dibuat di awal sebelum melakukan suatu usaha dan didapatkan setelah melakukan usaha tersebut.

2 dari 3 halaman

3. Persamaan dan Lawan Kata

Ilustrasi Penelitian © Diadona

Perbedaan tujuan dan manfaat yang satu ini bisa dilihat dari persamaan serta lawan kata yang dimilikinya. Seperti diketahui, persamaan kata dari manfaat ialah keuntungan, anugerah, atau bantuan. Sedangkan sinonim dari tujuan yaitu objek, rencana, target, niat, resolusi, dan alasan melakukan sesuatu.

Namun, kalau dilihat dari lawan katanya, manfaat berlawanan kata dengan kerugian, halangan, beban dan gangguan. Sementara antonim dari tujuan adalah tidak fokus, tidak ambisius, acak, dan tidak disengaja

Contoh Tujuan dan Manfaat

Setelah mengetahui perbedaan tujuan dan manfaat, selanjutnya kami akan memberikan contoh dari kedua kata tersebut agar semakin memperjelas pemahaman. Pertama, biasanya tujuan dilakukan atau dibentuk di awal waktu sebelum melakukan usaha tertentu.

Contohnya seperti, ketika seseorang membentuk komunitas lingkungan, maka hal pertama yang dilakukannya ialah menetapkan tujuan yang ingin dicapai dari komunitas yang akan dibentuk tersebut.

Nah, setelah ditetapkan tujuan, maka perintis komunitas kemudian bisa mulai melakukan rekrutmen anggota untuk membantu melakukan setiap usaha agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3 dari 3 halaman

Contoh Manfaat Penelitian

Sementara itu, untuk contoh manfaat bisa diambil dari skripsi yang kamu kerjakan:

1. Manfaat Teoretis

Manfaat teoretis adalah manfaat yang berhubungan dengan pengembangan ilmu, maksudnya dalam hal ini yaitu ilmu linguistik. Sehingga, hasil dari penelitian ini diharapkan bisa berguna dalam pengembangan ilmu bahasa, terutama dalam bidang pragmatik.

2. Manfaat Praktis

Sedangkan manfaat praktis merupakan manfaat yang bsia diambil dari penelitian ini oleh peneliti itu sendiri serta pembaca. Jadi, manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pembaca mengenai pemahaman terhadap skripsi atau tugas yang dikerjakan. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.

Itulah perbedaan tujuan dan manfaat beserta contohnya yang dapat membantu kamu dalam mengerjakan skripsi ataupun tugas akhir. Semoga bermanfaat ya, DiaZens.

Beri Komentar