Hilang dari Youtube, Video Klip 'Keke Bukan Boneka' Kena Copyright Rinni Wulandari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 5 Juni 2020 04:32
Hilang dari Youtube, Video Klip 'Keke Bukan Boneka' Kena Copyright Rinni Wulandari
Menurut informasi, hal ini karena masalah pelanggaran Hak Cipta..

Video klip lagu Kekeyi Bukan Boneka yang viral beberap saat yang lalu, nggak henti-hentinya menuai pemberitaan. Mulai dari lirik hingga judul lagunya yang dibilang mirip dengan lagu Rinni Wulandari, 'Aku Bukan Boneka', hingga perseteruan Kekeyi dengan beberapa temannya saat penggarapan video tersebut.

Setelah trending nomor #1 Youtube pasca diupload pada 29 Mei 2020 lalu, video tersebut udah ditonton belasan juta kali. Tapi kini video itu menghilang dari Youtube.

1 dari 3 halaman

Saat Diadona mencoba untuk searching berdasarkan judul lagu 'Kekeyi Bukan Boneka', video tersebut nggak ditemukan. Tapi beberapa orang menemukan video tersebut sudah berubah menjadi tampilan layar hitam dengan tulisan informasi yang tertera sebagai berikut:

 

" This video is no longer available due to a copyright claim by Rini Idol - Aku Bukan Boneka,"

2 dari 3 halaman

Klarifikasi Rinni Wulandari

Setelah tahu kalau video klip Keke Bukan Boneka menghilang dari Youtube, netizen ramai-ramai menyerang Rinni. Salah satunya menyebut bahwa Rinni iri dengan suksesnya lagu Kekeyi.

Untuk menanggapinya, Rinni memberikan klarifikasi di akun instagramnya.

      View this post on Instagram

??????????

A post shared by Rinni Wulandari Julian (@rinni_w) on

 

"Halo semua! Nampaknya ada yang harus diluruskan, nih, karena membludaknya komentar di postingan social media aku,” tulis Rinni, Kamis (4/6) malam.

Istri dari Jevin Julian tersbeut mengaku kalau hilangnya video Keke Bukan Boneka ada di luar wewenangnyanya, namun keputusan Sony Music dan Novi Umuar, selaku label dan pemilik hak cipta.

"Terkait dengan ditake-down lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang dimana Sony Music sekarang bukan lagi labe aku,"

Sedangkan mengenai tulisan 'Copyright claim by Rini idol - aku Bukan Boneka', hal tersebut memang telah menjadi ketentuan dari Youtube.

“Nah, video yang kena take down sama YouTube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi, nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ,” tulisnya.

Di akhir klarifikasi, Rinni berharap agak penjelasannya bisa dimengerti. “Semoga teman-teman bisa paham sama apa yang terjadi saat ini. Semoga teman-teman sehat dan bahagia selalu,” tutupnya.

Tapi kayaknya beberapa netizen masih nggak puas nih. Terbukti kolom komentar akun instagram Rini dipenuhi oleh komentar pro dan kontra.

Setelah viral, video klip lagu Keke Bukan Boneka yang liriknya diciptakan oleh Kekeyi sendiri itu dicover oleh beberapa musisi Tanah Air, seperti Kevin Aprillio hingga fiersa Besari.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Pencipta Lagu Rinni

Lalu, gimana dengan pencipa lagu 'Aku Bukan Boneka', Novin Umar, yang dinyanyikan oleh Rinni idol di tahun 2017 tersebut. Well, Diadona udah mencoba mencari klarifikasi dari akun instagram yang bersangkutan, namun akun tersebut terkunci hanya untuk pengikutinya saja.

 

Namun, dari hasil tangkapan layar yang beredar, terdapat informasi dari akun yang diduga milik Novin Umar kalau masalah tersebut sudah dia serahkan kepada pihak Sony Music selaku label yang menaunginya. dia juga meminta maaf dan tidak memiliki maksud yang nggak baik kepada Kekeyi.

" Sekali lagi saya mohon maaf serta bukan bermaksud tidak baik kepada @rahmawatikekeyiputricantikka23 saya hanya ingin menjadi pembelajaran untuk semua orang betapa pentingnya menghargai karya cipta orang lain," tulisnya.

Beri Komentar