Gaya Tolak Peluru Dimana Awalan Menyamping Sudut Lemparan Dinamakan dengan?

Reporter : Nasa
Sabtu, 14 Mei 2022 09:48
Gaya Tolak Peluru Dimana Awalan Menyamping Sudut Lemparan Dinamakan dengan?
Yuk simak ulasan jawaban dari pertanyaan tersebut di bawah ini..

Gaya tolak peluru di mana awalan menyamping sudut lemparan dinamakan dengan gaya ortodoks. Dalam olahraga tolak peluru, gaya ortodoks dianggap gaya kuno.

Alasannya adalah berkaitan dengan sejarah jenis-jenis gaya dalam cabang olahraga atletik tersebut. Lebih lanjut, tolak peluru terbagi menjadi tiga jenis.

Yakni yang pertama adalah ortodoks atau menyamping, spin atau berputar, dan O'Brien atau membelakangi tubuh. Kesemua jenis tersebut, perbedaan tiap gaya terletak pada posisi tubuh sebelum menolakkan peluru.

Kemudian dalam gaya ortodoks, atlet akan berdiri menyamping sebelum mencapai titik tolakan tertentu.

1 dari 4 halaman

Gaya Ortodoks Dalam Tolak Peluru

Gaya tolak peluru di mana awalan menyamping sudut lemparan dinamakanGaya tolak peluru di mana awalan menyamping sudut lemparan dinamakan © 2022 thelantern.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, gaya tolak peluru di mana awalan menyamping sudut lemparan dinamakan dengan gaya ortodoks.

Gerakan awalan dilakukan secara menyamping ketika melakukan gaya ortodoks dalam olahraga tolak peluru, membuat sektor tolakan berada pada sisi kiri tubuh pelempar.

Ini dia langkah-langkah dalam melakukan olahraga tolak peluru menggunakan gaya ortodoks:

1. Peluru diletakkan di atas bahu serta menempel di bawah telinga.
2. Lutut kaki kanan ditekuk sementara lutut kaki kiri mengarah lurus ke depan.
3. Ketika melempar kaki kiri bergeser secara cepat ke depan, sembari badan berputar ke kiri sesuai arah tolakan.
4. Peluru ditolakkan dengan sudut 45 derajat. Pelepasan peluru yang benar dari pegangan tangan saat melakukan tolak peluru adalah saat peluru berada pada titik terjauh dari beban dan lengan lurus.
5. Kaki kanan diangkat sedikit bersamaan dengan tolakan. Kaki kiri kemudian berpindah lurus ke arah belakang.

2 dari 4 halaman

Cabang Olah Raga Tolak Peluru (Sejarah)

Asal muasal atau sejarah panjang olahraga tolak peluru dimulai dari kegiatan orang Yunani Kuno yang melempar batu sebagai olahraga. Kemudian pada abad pertengahan, para tentara perang memiliki kebiasaan melempar bola meriam yang menjadi cikal bakal tolak peluru hingga saat ini.

Bentuk modern cabang olahraga atletik ini diketahui berasal dari Skotlandia pada abad ke-19, tepatnya melalui ajang Highlands Games di mana para peserta akan melempar batu atau logam berat dari belakang garis untuk mendapatkan jarak terjauh.

Pada ajang Olimpiade modern, olahraga tolak peluru menggunakan bola dengan material besi atau kuningan dengan bobot tertentu. Cabang olahraga ini baru dipertandingkan untuk pria sejak tahun 1896, sementara cabang olahraga ini dibuka untuk wanita secara resmi baru pada tahun 1948.

3 dari 4 halaman

Ragam Gaya Olah Raga Tolak Peluru

Dalam pertandingan resmi, setidaknya terdapat dua macam gaya yang sering digunakan, yakni gaya O’brien dan gaya spin. Selain itu, ada pula gaya ortodoks yang kurang populer dalam pertandingan resmi, tetapi lebih bertujuan dalam pelatihan pemula atau tujuan pendidikan seperti di sekolah.

1. Gaya O’brien

Parry O’brien, seorang atlet Amerika Serikat mempopulerkan gaya glide atau meluncur yang kini lebih terkenal dengan gaya O’brien. Ketika melakukan permulaan gaya ini, posisi seorang atlet akan membelakangi area pendaratan. Selanjutnya, atlet akan melakukan gerakan setengah putaran atau 180 derajat sebelum melontarkan bola logam.

2. Gaya spin

Gaya spin atau berputar pertama kali dipopulerkan Aleksandr Baryshnikov, seorang atlet asal Rusia. Teknik ini memerlukan keterampilan tinggi karena mengharuskan seorang atlet berputar 360 derajat dalam kecepatan tinggi sebelum mendorong bola logam ke depan. Gerakan ini bertujuan untuk menghasilkan momentum agar menghasilkan jarak tolakan terjauh.

3. Gaya ortodoks

Gaya ortodoks kurang populer bagi kalangan atlet, karena memang teknik ini lebih bertujuan untuk memperkenalkan olahraga tolak peluru pada pemula. Teknik ini mudah untuk pemula lakukan karena tidak melibatkan banyak gerakan. Posisikan tubuh menyamping dari area pendaratan, letakkan bola logam antara kepala dan bahu, kemudian lakukan tolakan.

4 dari 4 halaman

Teknik Dasar Olah Raga Tolak Peluru

Prinsip utama olahraga tolak peluru adalah menolak atau mendorong bola logam dengan hanya mengandalkan kekuatan satu tangan. Olahraga atletik ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil tolakan atau dorongan bola logam sejauh-jauhnya.

Untuk melakukannya dengan benar, berikut ini adalah langkah-langkah dasar dalam melakukan gerakan tolak peluru bagi pemula.

  • Tempatkan bola logam pada pangkal jari, bukan telapak tangan. Rentangkan jari-jari tangan sedikit, lalu gunakan ibu jari untuk mencegah bola logam terjatuh.
  • Letakkan bola logam antara kepala dan bahu, tepat pada bagian bawah rahang.
  • Sambil menahan bola logam, pastikan untuk menjaga kondisi siku lengan tetap tinggi sehingga tampak lurus dengan bahu.
  • Berdiri menyamping dengan posisi bahu tangan yang bebas dari bola logam mengarah ke area pendaratan.
  • Buka kedua kaki lebar-lebar, lalu tekuk kaki yang berada jauh dari area pendaratan sehingga tubuh akan condong ke belakang.
  • Putar pinggul sehingga menghadap arah yang berlawan dari area pendaratan.
  • Saat bersiap melakukan tolakan, dorong dengan kaki belakang dan putar pinggul sehingga tubuh menghadap ke area pendaratan.
  • Rentangkan lengan yang memegang bola logam ke depan dengan sudut 45 derajat, sambil berusaha mendorong bola logam dengan sekuat tenaga
  • Saat menembak, tambahkan dengan mendorong pergelangan tangan mirip seperti gerakan menembak bola basket.

Nah demikian ulasan jawaban dari pertanyaan 'Gaya Tolak Peluru Dimana Awalan Menyamping Sudut Lemparan Dinamakan dengan?' yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat, have a great day!

Beri Komentar