Teknik Memegang Bet Tenis Meja Seperti Menjabat Tangan Dinamakan dengan?

Reporter : Nasa
Senin, 21 Februari 2022 11:17
Teknik Memegang Bet Tenis Meja Seperti Menjabat Tangan Dinamakan dengan?
Mari simak jawaban dari pertanyaan 'teknik memegang bet tenis meja seperti menjabar tangan dinamakan dengan?'

Teknik memegang bet tenis meja seperti menjabat tangan dinamakan dengan taknik Shakehand Grip. Teknik tersebut menjadi salah satu dari tiga cara memegang bet yang menjadi salah satu hal paling penting dalam olah raga ini.

Dalam permainan tenis meja atau yang juga sering disebut dengan pingpong, terdapat sejumlah teknik yang harus dikuasai. Salah satunya adalah teknik atau cara memegang bet yang baik dan benar.

Seperti yang kamu ketahui, bahwa tenis meja dilakukan dengan memukul bola pingpong dengan berat yang cukup ringan menggunakan bet. Tenis meja atau pingpong biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih.

1 dari 5 halaman

Teknik Memegang Bet dalam Tenis Meja

1. Teknik Memegang Bet Tenis Meja Seperti Menjabat Tangan Dinamakan?

Cara atau teknik memegang bet tenis meja seperti menjabat tangan dinamakan dengan shakehand grip. Untuk pegangan bet shakehand grip yang satu ini sangat populer di Eropa.

Cara memegang bet jenis shakehand grip ini seperti cara menjabat tangan seseorang. Berikut adalah cara memegang bet tenis meja shakehand grip:

  • Posisikan tangan seperti saat akan berjabat tangan.
  • Letakkan jari kelingking, jari manis dan jari tengah dalam posisi melingkar di bagian pegangan bet.
  • Posisi jari telunjuk menyentuh tepi karet. Namun, pegangan bet juga harus terselip di antara jari telunjuk dan juga ibu jari.
  • Antara ibu jari serta jari telunjuk membentuk huruf 'V', namun keduanya menempel pada pegangan dan bagian kepala bet.

2 dari 5 halaman

Lebih lanjut, shakehand grip sendiri ternyata masih dibagi menjadi dua bagian. Yakni shallow shakehand dan deep shakehand. Shallow shakehand memiliki beberapa keuntungan, yakni memberikan kebebasan kepada pemain untuk menggerakkan pergelangan tangannya.

Kemudian, shallow shakehand juga membuat pemain lebih longgar untuk mengganti jenis pegangannya secara tiba-tiba. Jenis pegangan shallow shakehand dilakukan dengan memposisikan ibu jari di dekat kepala bet dengan longgar.

Jenis pegangan ini sangat mudah untuk dipelajari oleh para pemula. Kemudian ada deep shakehand. Jenis pegangan ini juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu pegangan bet jauh lebih kuat. Selain itu, jenis pegangan ini juga memungkinkan pemain untuk lebih bisa mengontrol pergelangan tangannya.

Jenis pegangan deep shakehand dilakukan dengan menempatkan ibu jari dalam posisi sedikit terangkat dan harus rileks pada bagian kepala bet. Jenis pegangan ini juga tergolong mudah untuk dipelajari oleh pemain pemula.

Deep shakehand memberikan keleluasaan pemain untuk mengontrol gerakan bola melalui bet. Kendati demikian, dua jenis pegangan ini tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah pemain lawan bisa tiba-tiba melakukan pukulan serangan.

3 dari 5 halaman

2. Pegangan seperti memegang tangkai pena (penholder grip)

Cara memegang bet dari teknik yang satu ini adalah seperti cara memegang bolpoin. Grip ini populer di Asia. Jadi, tak heran jika jenis pegangan bet penholder grip juga dikenal dengan istilah asian grip.

Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat digunakan. Posisi ibu jari dan telunjuk seperti memegang bolpoin dan posisi jari lainnya terselip pada bagian bet lainnya.

Cara memegang bet tenis meja penholder grip :

  • Posisi ibu jari dengan jari melingkar di bagian pegangan bet. Posisi kedua jari tersebut haruslah menyentuh bagian bawah kepala bet.
  • Sedangkan jari lainnya berada di sisi belakang ibu jari.

4 dari 5 halaman

Lebih lanjut, penhold grip setidaknya memiliki dua jenis pegangan yang juga perlu kamu ketahui. Chinese grip, Japanese grip atau Korean grip. Berikut penjelasnya.

Chinese grip

Cara memegang bet pada Chinese grip dilakukan dengan mengarahkan kepala bet ke bawah. Posisi jari telunjuk serta ibu jari dilingkarkan pada bagian pegangan bet.

Chinese grip memiliki keuntungan, yakni memungkinkan pemain untuk menggerakkan pergelangan tangan secara bebas.

Meski memiliki keuntungan, jenis pegangan ini juga memiliki kekurangan, yaitu pergerakan tangan atau lengan harus lebih kuat untuk menggerakkan pergelangan tangan.

Japanese grip atau Korean grip

Selanjutnya adalah Japanese grip atau Korean grip. Jenis pegangan ini dilakukan dengan mengarahkan ibu jari serta jari telunjuk untuk memegang bolpoin.

Tiga jari lainnya (jari kelingking, jari manis serta jari tengah) direntangkan di bagian belakang pemukul.

Jenis pegangan ini memberikan daya tambahan saat memukul bola. Namun, jenis pegangan ini cukup sulit untuk dikuasai, khususnya oleh para pemain pemula.

5 dari 5 halaman

3. Seemiller Grip atau American Grip

Nama lain seemlier grip adalah american grip. Peganganini hampir mirip dengan shakehand grip. Perbedaannya terletak pada posisi jari telunjuk. Posisi jari telunjuk pada seemiler grip ini berada di bet bagian belakang.

Demikian ulasan terkait dengan pertanyaan " Teknik Memegang Bet Tenis Meja Seperti Menjabat Tangan Dinamakan dengan?" Semoga ulasan jawaban yang sudah dihadirkan oleh Diadona kali ini bermanfaat ya. Selamat belajar!

Beri Komentar