Nama Lain dari Headstand adalah

Reporter : Nasa
Rabu, 23 Maret 2022 09:36
Nama Lain dari Headstand adalah
Berikut ulasan jawaban pertanyaan 'Nama Lain dari Headstand adalah' yang perlu kamu ketahui

Nama lain dari Headstand adalah kopstand yang biasa dilakukan dalam senam lantai. Headstand sendiri merupakan salah satu gerak dasar yang terdapat dalam senam lantai.

Lebih lanjut, dalam senam lantai, headstand merupakan gerakan berdiri terbalik dengan tumbuan pada kepala yang di topang dengan kedua tangan. Gerakan headstand merupakan biasanya dilakukan dengan beralaskan matras.

Hal yang paling penting dalam gerakan headstand atau kopstand adalah keseimbangan. Sebab keseimbangan menjadi kunci dari terwujudnya gerakan headstand, setelah posisi tubuh sudah terbalik dengan tumpuan pada kepala.

1 dari 2 halaman

Nama Lain dari Headstand adalah

Lebih lanjut, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nama lain dari headstand adalah kopstand. Headstand disebut merupakan bagian dari senam lantai yang merupakan aktivitas olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh.

Selain itu sebutan lain untuk senam lantai adalah floor exerise. Menurut buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA/SMk untuk kelas X (2010) yang ditulis oleh Yusup Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, dan Rizal Alamsyah, senam lantai merupakan bagian dari senam artistik.

Lebih lanjut, pengertian senam lantai dalam buku tersebut adalah sebuah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

2 dari 2 halaman

Langkah-Langkah Melakukan Headstand

Untuk melakukan gerakan Headstand atau Kopstand, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Tahap-tahapan dalam melakukan gerakan yang satu ini juga perlu dilakukan secara berurutan.

  • Atur posisi tubuh dalam kondisi tegak.
  • Kemudian, salah satu kaki dimajukan ke depan.
  • Arahkan pandangan fokus ke depan menghadap matras.
  • Badan dibungkukkan dan tangan diletakkan di matras.
  • Tungkai kaki depan dibengkokkan, sedangkan tungkai kaki belakang lurus.
  • Tungkai belakang diayunkan ke atas.
  • Hal ini dilakukan bersamaan dengan mengencangkan otot perut.
  • Kedua kaki diluruskan ke depan dan posisinya sejajar dengan tubuh.
  • Tangan direntangkan lurus ke bawah, sebagai tumpuan berat badan.

Demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " nama lain dari headstand adalah" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga ulasan jawaban kali ini bermanfaat ya. Have a great day, Diazens!



Beri Komentar