Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global Itu karena Ini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 6 Juli 2020 16:14
Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global Itu karena Ini loh!
Tahu nggak sih, penyebab perubahan iklim yang sekarang kamu rasakan ini bisa karena ulah manusia loh!

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab perubahan iklim. Peristiwa perubahan iklim ini merupakan kondisi perubahan yang signifikan kepada iklim, dari suhu udara dan curah hujan mulai dari dasarwarsa sampai jutaan tahun.

Perubahan iklim ini terjadi karena konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya yang mengisi atmosfer bumi meningkat. Sehingga bisa menyebabkan efek gas rumah kaca, guys!

Nah peningkatan gas rumah kaca ini diakibatkan oleh aktivitas manusia di bumi. Ya, kita-kita ini deh. Kenali yuk apa saja penyebab perubahan iklim!

1 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Perubahan Iklim

Penyebab Pemanasan Global © Diadona
Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab perubahan iklim. Fenomena perubahan iklim ini termasuk dari pemanasan global dimana adanya peningkatan gas rumah kaca di lapisan atmosfer bumi. Jadi iniloh beberapa hal pemicu perubahan iklim.

1. Pemanasan global.

2. Efek Gas Rumah kaca.

3. Rusaknya lapisan ozon.

4. Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang nggak terkontrol.

5. Fungsi hutan yang rusak.

6. Gas buang akibat aktivitas industri.

2 dari 5 halaman

Iklim bisa berubah karena adanya interaksi komponen dengan faktor eksternal, salah satunya ya kegiatan manusia guys. Inilah beberapa faktor eksternal yang membuat iklim berubah.

1. Erupsi vulkanik.

2. Variasi sinar matahari.

3. Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebih.

4. Perubahan penggunaan lahan.

3 dari 5 halaman

Penyebab Terjadinya Perubahan Iklim Global

Penyebab Perubahan Iklim © Diadona
Aktivitas manusia di bumi berperan besar loh jadi penyebab terjadinya perubahan iklim global. Fenomena hutan gundul, gunung es mencair, air laut naik, kekringan dan sebagainya itu dipercaya para ilmuwan memicu pemanasan global dan diakibatkan manusia. Berikut ini kegiatanmu sehari-hari yang menjadi penyebab perubahan iklim.

Sampah


Terdengar sepele ya guys? Tapi tahu nggak sih selain penumpukannya yang sembarangan bisa menyebabkan banjir, aroma busuknya juga gak bagus buat kesehatan diri dan bumi. Apalagi kalau lokasi pembuangan sampah di sekitar pemukiman. Soalnya mengandung banyak gas methan.

Kendaraan Bermotor


Mengendari kendaraan bermotor ini menyumbang polusi udara yang cukup besar. Soalnya ada kandungan karbon dioksida yang menghiasai atmosfer bumi. Bahkan tahun 2018 lalu, CO2 tertinggi dicapai dalam 3 juta tahun!

4 dari 5 halaman

Pertanian dan Peternakan

Ilustrasi Pertanian Organik © Diadona
Kalau dibaca sekilas memang kayaknya nggak ada yang salah dengan aktivitas tersebut. Tapi, tahukah kamu, para petani menambah pupuk penyubur nitrogen ke dalam tanah yang akan berubah menjadi Nitro Iksida (N2O), gas rumah kaca yang kiat sekali.

Sedangkan hewan ternak seperti sapi mengandung gas methan saat rumput dimakan dan mengalami peragian di perut. Di duni ada sekitar 1,2 miliar ternak sapi yang bisa menambah kadar gas rumah kaca.

Kulkas


Mungkin jarang banget kamu perhatikan. Padahal kulkas yang memiliki fungsi mengawetkan makanan dengan dibekukan ini bisa menciptakan kondisi buruk efek rumah kaca sampai 10 kali lipat. Sebab kandungan Gas CFCnya 10 kali lipat lebih buruk dari CO2 loh!

5 dari 5 halaman

Bahan Bakar Fosil dan Industrial

Penyebab Pemanasan Global © Diadona
Pasti sudah tahu kan, kalau limbah yang dihasilkan bisa mencemari udara bahkan juga tanah. Sebegitu ngaruhnya loh aktivitas kita sebagai manusia untuk keberlangsungan hidup makhluk bumi.

Jadi itu tadi beberapa faktor penyebab perubahan iklim yang perlu kita antisipasi dan atasi. Lebih peduli lagi yuk, sama tempat kita dan anak cucu kelak buat tinggal!

Beri Komentar