8 Penyebab Terjadinya Kekeringan di Indonesia

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 2 Juli 2020 11:12
8 Penyebab Terjadinya Kekeringan di Indonesia
Hal-hal ini loh yang menjadi penyebab kekeringan di Indonesia!

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kekeringan di Indonesia, baik secara alamiah maupun disengaja oleh tangan-tangan manusia. Kekeringan sendiri merupakan kondisi di mana keberadaan air di suatu daerah menjadi langka pada waktu tertentu yang diakibatkan peristiwa tertentu.

Bahkan kondisi kekeringan bisa disebut juga jika hanya ada satu sumber air aktif yang digunakan untuk beberapa desa atau ketika masyarakat terpaksa mencari air hingga mencapai jarak yang jauh dan mengantre. Hal inilah yang sempat terjadi beberapa kali di Indonesia.

1 dari 7 halaman

Seperti yang kita tahu ya guys, Indonesia sendiri merupakan negara beriklim tropis yang mana hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau.

Maka dari itu ada masanya Indonesia memiliki air berlebih saat musim hujan dan ada juga di saat persediaan air terbatas karena musim kemarau.

Nah, bukan berarti juga kalau sekarang tersedia banyak air terus nggak bakal habis di masa yang akan datang. Apalagi dengan kondisi iklim bumi yang nggak menentu kayak sekarang karena global warming. Yuk, kita kenali apa saja penyebab terjadinya kekeringan!

2 dari 7 halaman

Penyebab Terjadinya Kekeringan di Indonesia

Penyebab KekeringanPenyebab Kekeringan © cdc
Ada faktor alamiah maupun yang dipicu oleh tangan manusia itu sendiri menjadi penyebab terjadinya kekeringan. Inilah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kekeringan.

Musim Kemarau yang Panjang


Indonesia memang ada masanya memasuki musim kemarau. Akan tetapi jika terlalu panjang tentu saja memengaruhi persediaan airnya juga. Musim kemarau yang panjang menjadi salah satu penyebab terjadinya kekeringan yang paling umum.

Biasanya, musim kemarau hadir dalam 6 bulan. Kalau lebih dari itu masyarakat mulai kehilangan sumber air seperti biasanya. Sebab musim kemarau yang lama menyebabkan sumber air menjadi terbatas persediannya, sedangkan penggunaanya tidak berubah.

 

3 dari 7 halaman

Minimnya Peresepan Air


Salah satu faktor penyebab kekeringan di Indonesia adalah minimnya resapan air. Peresapan air dibentuk ketika kita menanam pohon, sehingga akarnya bisa menyerap air yang turun ke bawah dari air hujan dan menyimpannya sebagai air tanah.

Untuk itu penting banget buat menanam pohon dan melakukan reboisasi. Peran pohon dalam kehidupan kita penting banget loh guys! Sedangkan di Indonesia sendiri, hutan-hutannya mulai gundul. Kalau hanya ada sedikit pohon, maka tentu saja tabungan airnya juga sedikit.

4 dari 7 halaman

Letak Geografis

Penyebab KekeringanPenyebab Kekeringan © worldbulletin
Seperti yang kita tahu, Indonesia ini ada di garis khatulistiwa. Negara tercinta kita ini diapit dua benua dan dua samudera yang secara geografis juga terletak di daerah 'monsoon'.

Monsoon di sini merupakan fenomena alam yang sering terjadi berupa perubahan iklim secara ekstrem karena perubahan tekanan udara dan daratan. Perubahan inilah yang menyebabkan 'jet steam effect' dari lautan yang menghempas daratan dengan hawa panas.

Nah, hawa panas dan angin ini membuat daratan yang tadinya punya banyak kandungan air menjadi kering. Hal ini semakin parah terjadi apabila musim kemarau datang. Itu kenapa letak geografis Indonesia berpengaruh menjadi penyebab kekeringan. 

5 dari 7 halaman

Curah Hujan Rendah


Perubahan iklim di Indonesia yang jarang hujan menjadi penyebab terjadinya kekeringan lainnya. Rendahnya curah hujan di Indonesia dikarenakan ringkat produksi uap air dan awan juga rendah. Inilah yang menyebabkan musim kemarau di Indonesia juga semakin panjang.

Boros Air


Hayo.. siapa nih yang masih suka boros dalam penggunaan air? Salah satu penyebab kekeringan juga karena pemakaian air yang boros.

Biasanya penggunaan air berlebih ini dikarenakan air untuk rumah tangga yang berlebih juga para petani yang menggunakan jumlah besar untuk mengairi sawah.

6 dari 7 halaman

Kekurangan Sumber Air

Penyebab Kekeringan di IndonesiaPenyebab Kekeringan di Indonesia © english.sina
Sumber air yang dimaksud di sini adalah mata air yang berkurang jumlahnya. Daerah yang jauh dari sumber air tentu saja akan sulit menjangkau air saat kemarau panjang. Sebab, sumur pun akan ikut mebgering dan sulit mendapatkan air.

Hal ini tentu berbeda jika daerahnya dikelilingi sungai, danay dan sebagainya yang bisa menjadi sumber air. Dengan begini sumber air yang dimiliki bukan hanya dari sumur.

Kerusakan Hidrologis


Maksud dari kerusakan hidrologis adalah rusaknya fungsi dari wilayah hulu sungai karena waduk dan bagian saluran irigasi terisi sedimen dalam jumlah besar.

Hal ini mengakibatkan kapasitas daya tampung air akan berkurang drastis. Sehingga menjadi penyebab kekeringan di saat musim kemarau.

7 dari 7 halaman

Global Warming


Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, perubahan iklim yang tidak menentu akibat global warming ini juga berpengaruh pada persediaan air.

Pemanasan global ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kekeringan. Bahkan nggak hanya di Indonesia, tapi juga belahan dunia lainnya.

Itu tadi beberapa penyebab terjadinya kekeringan di Indonesia. Nggak ada kata terlambat kok. Yuk, dicoba dengan hemat air dan mulai menanam pohon!

Beri Komentar