8 Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Macam-macam Beserta Adab dalam Berdoa

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 2 Juni 2021 14:37
8 Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Macam-macam Beserta Adab dalam Berdoa
Sebelum dan sesudah belajar jangan lupa berdoa ya...

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar memang harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Dengan  melakukan doa sebelum belajar dan sesudah belajar, tanpa sadar ilmu-ilmu yang sedang dan sudah kamu pelajari akan mendapatkan kemudahan serta melekat di dalam otak kamu. Selain itu, dengan doa kamu bisa membuat si kecil lebih mengenal Tuhan dan meyakini bahwa Tuhan bisa membantu semua permasalahan yang dilalui.

Ditambah, anak mudah sering kali meniru tindakan yang dilakukan oleh orang-orang sekitar dan lingkungan sekitarnya. Mengajarkan doa sebelum belajar dan sesudah belajar ini akan lebih gampang jika kamu yang memberikan contoh juga kepada si anak. Maka dari itu, Diadona akan merangkumkan doa sebelum belajar dan sesudah belajar beserta maknanya. Agar nantinya si kecil bisa dengan mudah memahami maknanya dan mengimplementasikan.

1 dari 3 halaman

Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar © Diadona

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: 

" Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kefahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh"  

 

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:

" Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

2 dari 3 halaman

Doa Sesudah Belajar

Doa Sebelum Belajar © Diadona

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya:  

" Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."  

 

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

" Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

 

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya:

" Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

3 dari 3 halaman

Adab Membaca Doa Belajar

Doa Sebelum Belajar © Diadona

Membaca doa sebelum belajar dan sesudah belajar ada baiknya untuk mengajarkan juga kepada di kecil mengenai adab yang bisa diperhatikan selama mencari ilmu. Berikut ini adab membaca doa sebelum belajar dan sesudah belajar.

  1. Niat dan Ikhlas

Hal-hal yang di awal dengan niat dan rasa ikhlas dalam melakukan sesuatu, akan membawa kebaikan serta keancaran dan kemudahan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

  1. Berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar

Doa sebelum dan sesudah belajar perlu dipanjatkan ketika kita hendak memulai belajar atau mengakhirinya. Fungsi berdoa ini berfungsi untuk memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

  1. Fokus

Fokus adalah hal yang perlu kamu lakukan ketika mencari ilmu. Dengan fokus maka kerja otak kamu akan bisa lebih muda untuk mencerna ilmu dan mengingatnya.

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar ini perlu diterapkan dalam sehari-hari ya. Agar ilmu yang dipelajari tidak sia-sia.

Beri Komentar