Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Lengkap Versi Arab, Latin dan Arti

Reporter : Arifina
Senin, 17 April 2023 14:28
Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Lengkap Versi Arab, Latin dan Arti
Banyak keutamaan saat melafalkan doa malam Lailatul Qadar

Meski tidak diketahui dengan pasti, namun hadirnya malam Lailatul Qadar diperkirakan muncuk di salah satu hari dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan tepatnya di malam-malam ganjil. Di momen ini, umat Muslim di dunia dianjukan untuk memperbanyak amalan, termasuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang mulia. Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran dari Lauhul Mahfudz ke Baitul 'Izzah (langit dunia) sebagai petunjuk bagi manusia.

1 dari 5 halaman

Malam Lailatul Qadar Adalah © Diadona

Umat Islam dianjurkan melafalkan doa-doa dalam menyambut datangnya malam penuh kemuliaan tersebut. Dilansir dari laman resmi NU, Rasulullah meriwayatkan sebuah doa yang bisa diamalkan oleh umat Muslim di malam Lailatul Qadar.

Hal itu, terdapat pada hadits riwayat lima imam hadits kecuali Imam Abu Dawud, sebagai berikut:

2 dari 5 halaman

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اَللَّهِ: أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ اَلْقَدْرِ, مَا أَقُولُ فِيهَا? قَالَ: " قُولِي: اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي" رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ غَيْرَ أَبِي دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ

Artinya: " Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah lailatul qadar. Bagaimana doa yang harus ku baca?' Rasulullah saw menjawab, 'Bacalah, 'Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annī,'' (HR lima imam Hadits kecuali Imam Abu Dawud. Hadits ini diakui shahih oleh Imam A-Tirmidzi dan Al-Hakim).

3 dari 5 halaman

Doa Malam Laulatul Qadar

Doa Malam Lailatul Qadar © Diadona

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annī ('annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: " Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

4 dari 5 halaman

Pembacaan doa ini dianjurkan untuk dilafalkan sebanyak-banyaknya terutama pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Selain itu, umat Muslim juga dapat memanjatkan doa-doa atas keinginan yang lain pada malam Lailatul Qadar.

Sebab, di malam yang lebih baik daripada malam 1000 bulan ini doa kita akan dikabulkan, dosa kita akan dihapuskan, dan pahala yang akan kita dapat akan dilimpahkan.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar