Dewa 19 Duga Ada Penggelapan Royalti yang Dilakukan EO Konser Once Mekel

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 29 Maret 2023 12:14
Dewa 19 Duga Ada Penggelapan Royalti yang Dilakukan EO Konser Once Mekel
Fakta ini muncul setelah akun Instagram Dewa 19 mengungkap hal ini.

Dewa 19 adalah salah satu band legendaris di Indonesia yang memiliki banyak karya yang dikenal oleh masyarakat. Hampir seluruh lagu Dewa 19 menjadi cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya membuat Dewa 19 bangga. Ada saja oknum yang menggunakan lagu mereka tanpa izin, untuk diputar di acara-acara besar.

1 dari 5 halaman

Dalam hal ini, Ahmad Dhani selaku pentolan Dewa 19 mengungkapkan bahwa pihaknya mengalami kerugian miliaran rupiah terkait royalti. Bahkan, baru-baru ini ia memutuskan untuk kembali bergabung dengan Lembaga Manajemen Kolektif (LM) Wahana Musik Indonesia (WAMI) dan sangat tegas dalam membicarakan soal royalti.

Baru-baru ini, Dewa 19 melalui akun resmi mereka mengunggah percakapan grup yang membahas masalah royalti. Terutama dalam hal Event Organizer yang tidak memberikan laporan ketika mengundang Once untuk tampil

2 dari 5 halaman

Dalam unggahan tersebut, Dewa 19 meminta tim WAMI untuk mengumpulkan data dari Event Organizer (EO) yang mengundang Once Mekel. Sayangnya, diketahui bahwa ada banyak EO yang tidak melaporkan hal tersebut pada Dewa 19.

" Tolong siapin data EO yang mengundang Once. Ada gak?," tanya salah satu orang di tim Official Dewa 19.

" Kita lagi cariin, karena banyak yang nggak apor," jawab seseorang bernama Meidi.

 

3 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dewa19 (@officialdewa19)

Melalui unggahannya, akun Official Dewa 19 juga menandai akun Instagram milik Once Mekel. Bahkan, melalui keterangan foto, mereka menyoroti masalah penggelapan royalti.

"Ternyata banyak yang berniat menggelapkan royalti," tulis akun @officialdewa19.

4 dari 5 halaman

Para netizen ramai membanjiri kolom komentar akun milik Dewa 19, termasuk mengecam sikap admin Official Dewa 19 yang memposting chat grup mereka ke media sosial.

" Setuju sama yang lagi disuarakan pak D, tapi ya gak perlu di post di akun band juga si," kata salah satu netizen.

" Kyknya postingan gini mending di akun pribadi atau bahkan gak perlu diposting sih...ini kan dapur perusahaan yak mending di selesaikan di Backchat aja....," timpal yang lain*.

" Alangkah lebih baiknya jika jgn di post admin. Tkt tersinggung atau gmn2. Saya masih pingin nonton Once ft dewa19," lanjut rnetizen lainnya.

Beri Komentar