David Jacobs Atlet Paratenis Meja Indonesia Meninggal Dunia usai Pingsan di Stasiun

Reporter : Riza Umami
Jumat, 28 April 2023 16:56
David Jacobs Atlet Paratenis Meja Indonesia Meninggal Dunia usai Pingsan di Stasiun
Atlet David Jacobs meninggal dunia.

Atlet paratenis meja Indonesia yang sering meraih medali emas di berbagai kejuaraan, David Jacobs, telah meninggal dunia setelah ditemukan tidak sadarkan diri di pinggir jalur kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta telah mengonfirmasi temuan David oleh petugas keamanan stasiun antara Gambir dan Juanda kilometer (KM 4+700) pada Kamis, 27 April 2023.

1 dari 5 halaman

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, petugas langsung melakukan evakuasi dan membawa David ke RS Husada di Jakarta Pusat untuk pertolongan lanjut.

Eva juga menyampaikan bahwa pihak rumah sakit memberitahu mereka bahwa Dian David Michael Jacobs, telah meninggal dunia pada Jumat, 28 April 2023, sekitar pukul 03.30 WIB.

Ini adalah berita yang memilukan bagi komunitas paratenis meja Indonesia dan seluruh penggemar olahraga di seluruh dunia apalagi mendiang David Jacobs telah telah banyak menyumbangkan medali untuk Indonesia.

2 dari 5 halaman

Belum Diketahui Penyebab Meninggalnya David Jacobs

David Jacobs © Diadona

Eva, selaku Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengatakan belum diketahui lebih lanjut penyebab David Jacobs tidak sadarkan diri di pinggir jalur rel kereta. Dia mengatakan bahwa saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

3 dari 5 halaman

Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Indonesia atau NPC Indonesia, Rima Ferdianto, membenarkan berita meninggalnya David Jacobs yang kini berusia 45 tahun. Dia menyatakan bahwa dia sedang dalam perjalanan menuju Jakarta ke rumah duka. Namun, Rima mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab dan waktu detail kematian David Jacobs.

Di media sosial, banyak ucapan belasungkawa yang bermunculan, termasuk dari akun Instagram resmi NPC Jakarta yang dipimpin oleh David Jacobs. Kemarin, melalui akun Instagram resminya @davidjacobs_tabletenis77, David Jacobs masih mengunggah foto di Insta Story.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Mengurus Surat untuk Ikut Turnamen sebelum Meninggal

David Jacobs © Diadona

Sebelum meninggal, David Jacobs tengah mengurus surat-surat untuk berpartisipasi dalam turnamen tenis meja di Slovenia. Hal ini diungkapkan oleh Arifin Thahir, Sekjen Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) DKI Jakarta.

Namun, David Jacobs tiba-tiba pingsan di stasiun pada Kamis (27/4/2023) malam dalam perjalanan dari Jakarta ke Solo. Ia kemudian langsung dilarikan ke Rumah Sakit Husada untuk mendapatkan perawatan, tetapi sayangnya ia meninggal dunia pada pukul 03.30 pagi.

5 dari 5 halaman

David Jacobs telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan dalam kariernya sebagai atlet paratenis meja dan telah membawa nama Indonesia ke panggung internasional.

Prestasi-prestasi yang diraih David Jacobs termasuk medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020 dan London 2012, serta medali emas di Asian Para Games 2014 dan 2018. Turut berduka cita atas meninggalnya Atlet paratenis meja Indonesia, David Jacobs.

Sumber: liputan6.com pada 28 April 2023 (Ade Nasihudin Al Ansori)

Beri Komentar