Cara Membuat Kartu Ucapan Terimakasih Pernikahan dan Kelahiran Bayi dengan Microsoft Word

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 1 Oktober 2020 15:45
Cara Membuat Kartu Ucapan Terimakasih Pernikahan dan Kelahiran Bayi dengan Microsoft Word
Microsoft word nggak cuman memudahkan keperluan pembuatan dokumenmu, tapi juga bisa jadi cara membuat kartu ucapan nih!

Microsoft menghadirkan Microsoft Word yang memudahkan pengguna untuk membuat semua jenis dokumen. Dan tahu nggak sih, untuk kamu yang nggak punya skill desain, MS. Word juga mengakomodir cara membuat kartu ucapan lho.

Dengan cara ini, kamu nggak perlu keahlian desain atau penguasaan software desain seperti Corel dan Adobe Photoshop. Nggak perlu juga deh pengalaman membuat kartu ucapan, karena Microsoft Word menyediakan ratusan template yang bisa kamu download dan kamu edit sesuai dengan keinginanmu.

Cara membuat kartu ucapan ini sangat cepat dan mudah seperti kamu membuat dokumen Word lainnya. Simak ulasannya yuk!

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan Terimakasih Pernikahan dengan Word

Salah satu momen di mana kamu perlu banget membuatt kartu ucapan erima kasih yakni acara pernikahan. Kartu ucapan tersebut biasanya diletakkan bersama dengan souvenir yang dibawa pulang oleh tamu undangan.

Kadang, kartu bisa dipesan bersamaan dengan undangan atau di vendor souvenir kamu. Tapi kalau kamu ingin memberikan sentuhan personal, jangan ragu untuk mencoba cara membuat kartu ucapan sendiri.

Kartu ucapana terima kasih pernikahan biasanya berisi kata-kata terima kasih dan nama kedua mempelai dan tanggal pernikahan. Desain dari kartu bisa suka-suka pengantin, tapi nggak jarang ada yang disesuaikan dengan tema pernikahan.

Cara membuat kartu ucapan pernikahan di Microsoft Word

Pertama, buka dokumn MS Word 2010 baru

Klik pada File, trus pilih New. Lalu Microsoft Word bakalan menampilkan template MS Office.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Kamu bakalan melihat ada banyak banget template siap pakai yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari daftar tugas, brosur, anggaran, formulir, kop surat, hingga resume lho!

Cara membuat kartu ucapan pernikahan selanjutnya, cari folder bernama Cards. Klik di atasnya, lalu cari sub folder Kartu Terima Kasih atau Thank You Cards.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Kamu akan melihat ada banyak template kartu ucapan terima kasih untuk berbagai acara. Untuk wisuda, paskah, halloween, hingga pernikhana. Desainnya juga beragam, silahkan pilih mana yang paling kamu suka.

Kalau kamu udah menemukan template mana yang kamu pakai dalam cara membuat kartu ucapan pernikahan, cukup klik di atasnya dan si sisi kanan panel kamu akan melihat tombol unduh tepat di bawah preview template kartu.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Setelah terdownload, kamu bisa mengetikkan pesan personal kamu. Gampang banget kan?

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Cara membuat kartu ucapan kayak yang Diadona share barusan itu biasa digunakan untuk satu lembar kartu. Tapi gimana kalau ingin membuat kartu lipat seperti ini?

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Gampang banget kok. Kamu hanya perlu mengerjakannya dalam satu lembar dokumen di Microsoft Word lalu membagi lembaran tersebut menjadi empat bagian dengan diagram berikut ini:

Cara Membuat Kartu ucapan © Diadona

Perhatikan kalau halaman depan muncul di kuadran kanan bawah dan halaman dalam muncul secara terbalik. Lokasi ini adalah kunci untuk penempatan konten kartu kamu.

Cara Membuat Kartu ucapan © Diadona

Denngan format berikut,pencetakan hanya akan dilakukan pada satu sisi kertas saja. Makanya, satu kertas ini hanya akan melewati printer satu kali, lalu rekatkan bagiannya lipatan dengan lem.
Kalau mau yang lebih sederhana, cara membuat kartu ucapan dalam bentuk lipatan bis akamu lakukan dengan membagi satu lembar kerja menjadi dua kolom. Setelah mencetak bagian dalam/luar, balik kertas d printer lalu cetak bagian sisanya. Lipat deh!

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Kartu Ucapan Kelahiran Bayi dengan Microsoft Word

Kelahiran bayi adalah momen yang paling membahagiakan dan tak jarang orang lain menyampaikan rasa ikut bahagia mereka dnegan membuat kartu ucapan kelahiran bayi. Oh tenang aja, cara membuat kartu ucapan untuk momen ini juga bisa kamu lakukan di Microsoft Word kok.

Bila kamu adalah orang tua baru yang berencana menyebarkan kabar bahagia kelahiran anak melalui kartu, isi kartu bisa berupa nama bayi, waktu kelahiran, berat panjang, dan ucapan bahagiamu.

Sedangkan kalau kamu ingin mengucapkan selamat keada orang tua baru dan ingin menuliskanya dalam sebuah kartu, isi kartu berisi ucapan selamat dan doa untuk si bayi.

Kamu bisa memanfaatkan template yang udah tersedia di Microsot Word lalu mengeditnya. Kalau kamu nggak menemukan template untuk kartu ucapan bayi, kamu bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan object dari Clip Art. Untuk background biasanya menggunakan gambar dengan objek berwarna-warni dan berwarna lembut.

Berikut inspirasi kartu ucapan kelahiran:

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Kamu hanya perlu mencari template yang lucu sepeti jejaki kaki bayi berikut. Bila tak tersedia, kamu isa meemukannya di laman pencarian internet.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Dengan ide yang hampir sama, tambahkan pernik 3D seperti pita pink di atas.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Simple banget! Kamu hanya perlu mencari gambar pita-pita tersebut di internet atau mungkin di Clipart.

Cara Membuat Kartu Ucapan © Diadona

Terinspirasi dari ide berikut ini nggak? Kancing kecil dan dipadukan dengan gambar tersebut bisa bikin kartu yang aestetik ya ternyata!

Cara membuat kartu ucapan berbekal template dan inspirasi dari internet ini semoga bisa membantu kamu. Ada ide lain nggak?

Beri Komentar