Biodata, Nama Asli dan Fakta tentang IU, 'Nation’s Sweetheart'nya Korea Selatan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 10 Juni 2022 22:01
Biodata, Nama Asli dan Fakta tentang IU, 'Nation’s Sweetheart'nya Korea Selatan
Nama panggungnya, IU berasal dari kata 'I' and 'U'

IU bisa disebut sebagai salah satu soloist Korea Selatan yang paling suksezs dan diakui di generasi sekarang. Kekuatan vokalnya dikombinasikan dengan peringkat tangga lagunya menunjukkan kalau dia adalah salahs atu solois perempuan yang bekerja paling giat di industri K-Pop. Jumlah penontonnya saat menggelar konser bisa diadu dengan beberapa grup K-Pop Idol terkemuka. Namun meski namanya melambung tinggi, dia adalah pribadi yang rendah hati. IU adalah nama panggung sementara nama asli IU adalah Lee Ji-Eun

Dilansir dari PinkVilla, di umur 15 tahun dia memulai sebagai trainee di tahun 2007 melalui kontrak dengan Kakao M (sebelumnya LOEN Entertainment). Debutnya ditandai dengan diluncurkannya Lost and Found. Sayangnya, album ini belum membuatnya populer.

Baru ketika dia meluncurkan album Good Day, IU mendapatakan kepopuleran nasional. "Good Day" masuk ke chart selama lima minggu berturut-turut di posisi teratas Gaon Digital Chart Korea Selatan, dan pada 2019, bertahun-tahun setelah dirilis, lagu itu menduduki peringkat nomor satu di 100 Lagu K-Pop Terbaik tahun 2010-an majalah Billboard.

1 dari 3 halaman

Biodata IU

Nama Asli IU © Diadona

Berikut biodata diri IU :

  • Nama: IU
  • Nama Lahir: Lee Ji-Eun (???)
  • Lahir: 16 Mei 1993
  • Tempat Lahir : Korea Selatan
  • Tinggi: 160cm.
  • Golongan Darah: A
  • Facebook: iu.loen
  • Instagram: dlwlrma
  • Twitter: @_IUofficial
  • YouTube: dlwlrma

Nama asli IU adalah Lee Ji-Eun. Nama panggungnya, IU, berasal dari kata I dan U (aku dan kamu) yang memiliki makna bahwa aku dan kamu menjadi satu dengan musik.

2 dari 3 halaman

Masa Kecil IU

Keluarga IU bukanlah orang kaya. Saat orang tuanya berjuang buat mengendalikan situasi keuangan mereka, IU dan adik laki-lakinya dititipkan untuk tinggal bersama nenek. Awalnya, ketiganya tinggal di sebuah ruangan kecil yang penuh dengan kecoak. Kemudian mereka pindah ke rumah seorang kerabat, di mana IU harus menanggung pelecehan verbal kerabat tersebut. Saat mabuk, kerabatnya itu bilang kalau IU nggak akan bisa sukses jadi penyanyi jadi daripada IU berlatih, mending IU belajar aja.

Bagai jatuh tertimpa tangga, IU juga pernah jadi korban penipuan. Sebuah agensi menipunya agar mengirimkan sejumlah besar uang untuk pelatihan dan tampil di program TV. Yang bikin sedih, uang yang diserahkannya itu adalah uang milik neneknya yang dikumpulkan selama bertahun-tahun dari penjualan aksesoris kecil-kecilan.

3 dari 3 halaman

Nama Asli IU © Diadona

Setelah mencapai tangga kesuksesan, dia seolah membayar kembali jasa keluarganya. Masa kecilnya yang kesusaahan membuat dia ringan tangan membantu orang.

Pada tahun 2015, IU mendonasikan $100,000 USD untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Sumbangannya diberikan dengan diam-diam, tapi pers memberitakannya sebagai sumbangan amal. Dia juga 'membayar kembali' beasiswa yang diterimanya saat SMA dengan mengirim empat siswa berprestasi yang membutuhkan ke perguruan tinggi.

Nama besarnya bukan cuman karena konsitensi lagi-lagunya dalam menduduki puncak tangga melainkan juga keterlibatannya dalam menyusun, menulis lirik dan memproduksi albumya. Di Korea, namanya masuk sebagai penyanyi solo perempuan terlaris di layanan streaming musik dan selebriti paling berpengaruh di dunia hiburan Korea Selatan.

Nggak cuman bersinar dalam karier bermusik. IU juga menjadi pembawa acara radio dan televisi. Debut aktingnya dimulai saat bermain sebagai peran pendukung dalam drama serial remaja 'Dream High'. Baru-baru ini, perempuan bernama asli Lee Ji-Eun itu muncul di karpet merah Festival Film Cannes menjelang pemutaran resmi film Broker yang dibintanginya.

Nah sudah nggak penasaran lagi kan dengan nama asli IU?

Beri Komentar