Bikin Salut, Siswa SMA Ini Rela Bangun Awal Jam 1 Pagi Bikin Kue Demi Bisa Dijual di Sekolah

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 5 Juni 2023 15:26
Bikin Salut, Siswa SMA Ini Rela Bangun Awal Jam 1 Pagi Bikin Kue  Demi Bisa Dijual di Sekolah
Karena keterbatasan ekonomi, Derlin rela melakukan ini demi bisa memnuhi kebutuhan.

Tidak semua orang beruntung dapat memperoleh fasilitas yang mencukupi dari kedua orangtuanya untuk menunjang kehidupan sehari-harinya. Beberapa orang harus berpikir keras untuk mencari penghasilan sejak mereka masih duduk di bangku sekolah.

Meskipun terasa berat, perjuangan hidup yang mereka jalani di tengah keterbatasan akan melahirkan jiwa yang lebih mandiri dan penuh keterampilan dalam mencari uang dan mempersiapkan masa depan. Perjuangan yang sama juga dijalani oleh Derlin Ilham Wahyudi saat ini. Derlin adalah seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang aktif membagikan kegiatan sehari-harinya melalui akun TikTok @wahyu.d.i.w.

1 dari 5 halaman

Kisah Derlin © Diadona

Dalam video tersebut, Derlin, yang masih merupakan seorang pelajar, harus bangun lebih pagi dibandingkan teman-temannya yang masih tidur atau begadang hanya untuk bermain game online. Derlin harus bangun pada tengah malam, tepatnya jam 1 dini hari, untuk menyiapkan dagangan kue yang akan dijual di sekolah keesokan paginya.

Setelah bangun, Derlin langsung melakukan kegiatan membersihkan diri dan menjalankan ibadah malam. Ketika pukul 2 dini hari tiba, Derlin segera bersiap-siap mengambil semua bahan yang diperlukan untuk membuat adonan kue donat.

2 dari 5 halaman

Kisah Derlin © Diadona

Setelah selesai dengan donat, Derlin melanjutkan dengan mengolah pisang cokelat yang dia sebut " bacok" atau banana cokelat. Setelah adonan siap, ia langsung menggorengnya dan mengemasnya dalam wadah kotak yang besar.

Tak hanya dua menu tersebut, Derlin juga menjual otak-otak goreng yang diberi bumbu dengan berbagai macam rasa dan digoreng olehnya sendiri. Semua kue dan gorengan tersebut baru selesai dipersiapkan sekitar pukul 4 pagi. Derlin segera bersiap untuk makan sahur sambil menonton televisi. Tanpa tidur kembali, ia langsung mencuci piring dan peralatan lain yang sebelumnya digunakan untuk membuat kue.

3 dari 5 halaman

Kisah Derlin © Diadona

Bagi seorang yang masih bersekolah, harus bangun malam merupakan rutinitas yang tak mudah. Oleh karenanya, Derlin sering mengantuk di sekolah karena bangun terlalu pagi.

Suatu ketika, Derlin bahkan pernah sampai dicoret wajahnya oleh sang guru. Gurunya melakukan ini karena ia ketiduran di kelas saking mengantuknya.

4 dari 5 halaman

Kisah Derlin © Diadona

Setelah diunggah, video perjuangan Derlin untuk mencari nafkah menjadi viral di media sosial dan telah ditonton lebih dari 13,4 juta kali. Tidak hanya itu, video ini juga mendapatkan berbagai tanggapan dari pengguna media sosial di kolom komentar.

“ sukses ya anak lanang,,km seumuran anakku tp perjuanganmu bener2 mengiris seorg ibu 🥺🥺,” tulis akun @galerycard77777780.

“ Semangatttt semogabsehat selalu dan banyak rezeki aamiin❤️‍🩹,” tulis akun @Tinakentang.

“ kamu hebat bagtt🥰🥰 smngat yaa,” tulis akun @Rianik sri utami.

“ calon org sukses... 🥺suka lihatnya anak laki2 serajin ini,” tulis akun @mytea26.

Beri Komentar