29 Manfaat Puasa Senin Kamis, Daud, Rajab, dan Ramadhan Bagi Kesehatan

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Januari 2020 17:49
29 Manfaat Puasa Senin Kamis, Daud, Rajab, dan Ramadhan Bagi Kesehatan
Puasa memiliki segudang manfaat. Selain untuk mendapat rahmat Allah SWT, juga memiliki manfat bagi kesehatan.

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam puasa, umat muslim dituntut untuk menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Terlepas dari menjalankan kewajiban agama dan mendapat pahala, ternyata puasa memiliki banyak manfaat. Selain itu, berbagai jenis puasa dalam islam ternyata juga memiliki segudang manfaat.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa jenis puasa dan manfaatnya. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain memiliki hukum sunah, manfaat puasa senin kamis juga cukup luar biasa. Keunggulan puasa senin kamis ini tidak hanya sebatas dari sisi pahala, tetapi kamu juga bisa mendapat manfaat puasa senin kemis untuk kehidupan duniawi meliputi masalah kesehatan badan.

Selain mendapatkan hikmah dan keutamaan dari pelaksanaan puasa senin kamis, manfaat puasa senin kamis dapat kamu rasakan untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat dari puasa senin kamis.

1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

2. Melatih diri untuk berdisiplin

3. Dapat meningkatkan amalan

4. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

5. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh

6. Kunci Sukses mencapai cita-cita yang diinginkan

7. Sebagai cara mendapatkan jodoh

8. Sebagai cara menahan nafsu

9 Mengencangkan kulit

10. Menurunkan tekanan darah tinggi

11. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

12. Meremajakan sel kulit

2 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Daud

Puasa nabi Daud memiliki beberapa keutamaan. Ternyata, manfaat puasa daud tidak hanya menambah tabungan amal saja, melainkan juga untuk kesehatan tubuh. apa saja manfaat puasa nabi Daud?

1. Mencegah sakit

Manfaat puasa Daud yang pertama adalah mencegah sakit. Hal ini persis seperti kondisi kesehatan Nabi Daud AS yang selalu sehat dan jarang sakit.

Pelaksanaan puasa daud bagaikan imunitas bagi tubuh. Dengan melakukan puasa daud yang dilakukan berselang satu hari, maka kondisi tubuh menjadi lebih sehat terutama pada saluran pencernaan.

2. Menguatkan fisik

Manfaat puasa Daud yang kedua adalah dapat menguatkan fisik. Nabi Daud adalah nabi yang memiliki kekuatan fisik. Fisiknya mengagumkan dan memiliki perawakan tubuh tinggi dan mempesona. Kekuatan fisik ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan amalan sunnah puasa Daud.

3. Membuang racun dalam tubuh

Manfaat puasa Daud bisa bertindak sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh. Pelaksanaan puasa Daud yang rutin dilakukan bisa membuang segala jenis racun yang ada dalam tubuh. Racun yang masuk dalam tubuh melalui makanan, minuman dan udara bisa merugikan kesehatan jika tidak dibuang. Pembuangan racun bisa dilakukan dengan puasa Daud

4. Menekan hawa nafsu

Manfaat puasa Daud berikutnya adalah dapat menekan hawa nafsu. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat puasa Daud juga bisa mengontrol hawa nafsu. Nafsu yang dimaksud tidak hanya nafsu syahwat atau gairah seks saja, melainkan juga nafsu amarah.

5. Mendapat ridho' Allah SWT

Manfaat puasa Daud selanjutnya adalah mendapat ridho' Allah SWT. Salah satu hadits menyebutkan bahwa Allah SWT sangat menyukai orang yang berpuasa Daud. Jadi, dengan melakukan sunnah ini bisa membawa suatu manfaat yaitu ridho' dari Allah SWT.

3 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani sebagaian masyarakiat untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena mereka belajar mengendalikan diri. Selain itu, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin setelah berpuasa selama beberapa hari.

Sementara itu, apa saja sih manfaat puasa bagi kesehatan?

1. Membantu memperbaiki kondisi medis

Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama dapat memperbaiki kondisi medis. Berpuasa, diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat puasa bagi kesehatan yang kedua adalah dapat menyehatkan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko kanker

Manfaat puasa bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mengurangi risiko kanker. Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga berat badan

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutanya dapat menjaga berat badan. Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Rajab

Puasa Rajab adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Rajab. Bulan rajab merupakan bulan ke tujuh dalam kalender islam. Untuk menyambut bulan yang di rahmati Allah SWT ini, sebainya melakukan banyak amalan salah satunya adalah puasa rajab.

Namun ternyata puasa rajab juga memiliki berbagai manfaat antara lain:

1. Mendekatkan diri kepada Allah
2. Meningkatkan Iman dan Taqwa
3. Menyehatkan badan
4. Menambah rasa syukur
5. Mendapatkan pahala yang besar jika diniatkan karena Allah SWT.

5 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Ramadhan

Peneliti mengemukakan manfaat dari puasa ramadhan. Puasa ramadhan dipercaya bermanfaat sebagai detoksifikasi bagi 11 bulan sebelumnya. Selain itu, sanga baik bagi kesehatan mental.

Adapun manfaat puasa ramadhan adalah sebagai berikut:

1. Meninggikan derajat

Manfaat puasa ramadhan yang pertama adlaah dapat meninggikan derajat. Dalam sebuah Hadits:
" Ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu,"

Hal ini berarti umat islam diimbau untuk memperbanyak ketaatan selama Ramadhan dan bulan-bulan setelahnya.

2. Dihapuskan dosa

Manfaat puasa Ramdahan dapat dihapuskan dosa kepada yang melaksanakannya.

3. Memperbanyak sedekah

Manfaat puasa Ramadhan selanjutnya adalah dapat memperbanyak sedekah. Merasakan penderitaan bisa mengarahkan manusia pada dua hal, menjadi egois dan menjadi dermawan. Menjadi egois karena dia ingin memiliki semuanya, menjadi dermawan karena dia pernah merasakan susahnya menderita sehingga ketika melihat orang lain menderita merka ikut merasakannya.

Beri Komentar