Awas Terkecoh, 15 Foto Fenomenal Ini Ternyata Palsu lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 28 September 2020 14:43
Awas Terkecoh, 15 Foto Fenomenal Ini Ternyata Palsu lho!
Foto apa saja ya?

Saat berselancar ria di internet, nggak jarang ya kita menemukan foto menarik yang akhirnya banyak diyakini bila itu foto nyata. Semakin berkembangnya teknologi, banyak banget nih ternyata foto yang selama ini kita yakini nyata ternyata hanya hasil editan semata alias palsu.

Seperti sederet foto yang sempat viral dan ini mungkin sering banget kamu temui di internet. Tapi tunggu dulu, jangan terkecoh karena nyatanya 15 foto fenomenal ini ternyata palsu lho!

Kira-kira potret apa saja ya itu? Berikut Diadona rangkum sederet foto terkenal yang ternyata palsu yang dilansir dari berbagai sumber di bawah ini. Let's check it out.

1 dari 15 halaman

Pulau bulan sabit dan bintang

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Siapa yang pernah melihat potret pulau cantik nan unik ini? Yup, pulau yang dikenal dengan nama Pulau Molokini ini terletak diantara Maui dan Kahoolawe, Hawai.

Pulau ini juga sering banget nih jadi bagian dari promosi wisata Amerika Serikat karena keunikannya. Eits, tapi tunggu, nyatanya Pulau Molokini hanya berbentuk bulan sabit lho. Bintangnya dari mana dong? Betul, itu editan komputer!

2 dari 15 halaman

Gunung es di bawah air

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Kalau menggambarkan suatu fenomena masalah sosial, potret ini memang sering banget kita temui sebagai penggambaran. Tapi ternyata foto gunung es di bawah air ini nggak nyata lho alias hasil editan! Menariknya, potret ini merupakan hasil editan dari 4 gambar terpisah.

Menurut Ralph Clevenger, foto awan itu diambil di Santa Barbara, California. Bagian bawah gunung es diambil di Alaska, sedangkan bagian atasnya diambil dari Antartika. Satu lagi nih fakta menarik dari potret ini, gunung es yang berada di bawah air itu sebenarnya berasal dari gunung es biasa lho yang kemudian dibalik sehingga jadilah potret fenomenal ini!

3 dari 15 halaman

Hutan ungu di Skotlandia

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Siapa sih yang nggak terpukau saat melihat hutan berwarna ungu cantik? Potret hutan ungu ini sempat beredar luas juga lho di internet dan dikatakan berada di negara Skotlandia.

Sayangnya, foto hutan ungu ini ternyata hanya hasil dari editan photoshop saja! Kecewa banget, ya. Nyatanya, landscape ini berada di dekat sungai Shotover, Selandia Baru bukannya Skotlandia. Meski sama-sama berawalan huruf " S" ya hehe.

4 dari 15 halaman

Potret Pasir saat Tersambar Petir

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Awalnya, banyak banget nih yang mengira alias tertipu bila struktur aneh ini adalah sebuah fulgurite atau kerak kaca yang terbentuk karena adanya kuarsa atau batu yang tersambar petir.

Eits, tapi ternyata struktur aneh ini hanya kayu mati biasa yang dilapisi pasir basah lho dan merupakan salah satu karya seni yang dibuat oleh Sandcastle Matt. Ia kemudian iseng banget nih memposting fotonya di Flickr dan jadilah foto fenomenal ini.

5 dari 15 halaman

Hiu berenang di jalanan saat banjir

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Foto fenomenal satu ini sempat menggemparkan masyarakat Houston, Texas saat ada bencana Badai Irma tahun 2017 lalu. Siapa yang nggak begidik ya melihat hiu dengan santainya berenang di jalanan saat banjir!

Tenang, itu hanya sekadar editan saja kok. Meski begitu foto aslinya tetep bikin senam jantung ya.

6 dari 15 halaman

Setetes air laut berisi plankton

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Saat foto ini mencuat, awalnya banyak orang yang tercengang nih dengan penampakan ratusan plankton yang ada pada setetes air laut. Padahal kenyatannya untuk mendapatkan sebegitu banyak plankton kamu harus mengisi penuh kolam rennag kemudian menyaringnya dengan jaring khusus.

So, nggak mungkin banget kan plankton sebanyak itu hanya didapat dari setetes air laut saja?

7 dari 15 halaman

Potret dua anak kecil korban gempa Nepal

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Pasti saat melihat potret ini kita jadi terbawa suasana haru ya melihat kedua bocah kecil ini berpelukan. Potret ini sempat viral lho bertepatan saat gempa dahsyat yang terjadi di Nepal tahun 2015 lalu dan banyak yang mengira bahwa keduanya adalah korban musibah ini.

Nyatanya, sang fotografer mengatakan jika potret ini diambilnya delapan tahun sebelumnya lho di Can ty, sebuah desa terpencil di daerah Vietnam Utara. Fotografer itu sendiri malah bingung fotonya bisa menjadi fenomenal bahkan diselipkan cerita baru! Waduh, kok bisa ya.

8 dari 15 halaman

Wanita duduk di depan counter seperti katak

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Siapapun pasti takjub nih ngelihat foto wanita satu ini. Gimana enggak, wanita ini duduk di depan sebuah counter layaknya katak. Tenang, kamu bisa bernapas lega kok. Foto itu hanya hasil editan saja. Nggak bisa bayangin ya bila foto ini nyata!

9 dari 15 halaman

Kucing raksasa

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Kita pasti sering juga ya menemui hewan yang berukuran diatas rata-rata saat berseluncur di internet. Dari sekian banyak foto, mungkin kamu pernah juga nih menemui foto satu ini. Yup, foto kucing putih raksasa!

Awalnya, kucing ini dikenal dengan nama Snowball dan memiliki berat 39,5 kilogram dan berasal dari PLTN. Nyatanya, kucing yang bernama asli Jumper ini sebenarnya berukuran normal kok dan sang pemilik membuat lelucon dengan memperbesar potret kucing ini dengan photoshop. Duh, iseng banget deh!

10 dari 15 halaman

Sisi lain jupiter

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Planet di tata surya memang selalu berhasil menarik perhatian ya. Berbeda dengan potret-potret sebelumnya, banyak orang yang sebenarnya meragukan foto sisi lain planet Jupiter yang berada di sebelah kiri ini nih dan yakin banget bila itu hasil editan. Sampai-sampai membuat foto yang di sebelah kanan sebagai bukti.

Ternyata oh ternyata, foto yang sebelah kiri itu nyata lho memang diambil dari sisi lain Jupiter oleh pesawat luar angkasa Cassini pada akhir tahun 2000. Malah, foto yang dijadikan bukti adalah foto palsu! Plot twist banget, ya.

11 dari 15 halaman

Pose photobomb Steven Seagel di belakang Vladimir Putin

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Foto ini diambil saat Steven Seagel mengadakan kunjungan di salah satu sekolah seni bela diri di Rusia. Saat itu, dirinya berkesempatan juga berfoto dengan presiden Rusia, Vladimir Putin dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Nah, setelah foto aktor ini diunggah di inernet beredar potret dirinya nih melakukan photobomb pada presiden Rusia. Awalnya, banyak orang percaya memang Steven melakukan hal itu. Ternyata, foto itu hanya sekdar editan orang nggak bertanggung jawab lho!

12 dari 15 halaman

Lukisan "Scream" di kantor Perdana Menteri Inggris

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Tahun 2016 lalu sempat viral lho foto Perdana Menteri Kerajaaan Inggris bersama 27 anggota kementrian lainnya karena lukisan " Scream" karya Edvard Munch nangkring di dinding belakang kantor perdana menteri. Ternyata, foto itu palsu alias sekdar hoax lho karena dalam kantor Perdana Menteri Inggris nggak menyimpan sama sekali luksian " Scream" yang terkenal menyeramkan ini.

13 dari 15 halaman

Sapi menghangatkan diri di kap mobil

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Awalnya, foto sapi yang sedang berada di atas kap mobil ini nggak terlalu boomng seperti foto-foto sebelumnya. Tapi pada bulan Oktober 2013 saat Surrey Road Policing Unit mempublikasikan foto ini ulang di Twitter dengan caption " Ingat ketika hari semakin dingin, hewan pun tertarik untukmenghangatkan diri di mobil.." langsung deh potret sapi ini mendadak viral.

Padahal potret itu hanya sekadar editan saja lho. Kalau sapinya benar-benar naik sih, dijamin langsung penyok deh itu mobil!

14 dari 15 halaman

Foto sebuah kastil di atas karang

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Sekilas melihatnya pasti kita terbayang negeri dongeng ya atau sederet anime karya rumah animasi Gibli. Awalnya, banyak yang percaya nih bila kastil di atas karang ini berlokasi di daerah Dublin, Irlandia. Tapi kayaknya penonton harus dibuat kecewa nih. Pasalnya, potret ini nggak nyata alias hanya editan dua gambar yang disatukan.

15 dari 15 halaman

Proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer

15 potret fenomenal ternyata palsu15 potret fenomenal ternyata palsu © brightside.me via dream.co.id

Last but not least, ada foto fenomenal satu ini nih yang pastinya nggak afdol bila nggak dimasukin. Yup, foto singa diikat yang dikabarkan sebagai proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer yang terkenal dengan kartun Tom and Jerrynya.

Seperti yang kita tahu, logo rumah produksi film ini adalah singa yang mengaum. Nyatanya, foto ini palsu dan hanya sekadar editan saja lho. Padahal foto aslinya sih adalah singa yang sedang menjalani test kesehatan lewat mesin MRI.

Gimana, sudah terjawab semua rasa penasaran tentang fakta dibalik foto fenomenal ini?

Beri Komentar