7 Manfaat Gula Merah untuk Ayam Bangkok Aduan yang Belum Banyak Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 3 Maret 2021 13:12
7 Manfaat Gula Merah untuk Ayam Bangkok Aduan yang Belum Banyak Diketahui
Tak hanya digunakan sebagai pemanis rasa dalam makanan dan minuman, ternyata manfaat gula merah juga berpengaruh untuk ayam aduan, lho.

Pastinya gula merah sangat familiar buat semua orang. Pasalnya, gula yang satu ini biasa digunakan sebagai pemanis dalam makanan dan minuman. Uniknya, ternyata gula merah juga bermanfaat untuk ayam bangkok aduan, lho.

Bahkan, manfaat gula merah untuk ayam bangkok aduan bukanlah sesuatu yang baru. Terutama bagi orang-orang terdahulu yang memiliki hobi ayam aduan. Ya, hampir sebagian pecinta ayam aduan menjadikan gula yang satu ini sebagai bahan dasar pembuatan jamu ayam.

Nah, biar nggak semakin penasaran, berikut manfaat gula merah untuk ayam aduan yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Ayam Aduan

Manfaat Gula Merah © Diadona

Berikut ini merupakan beberapa manfaat gula merah untuk ayam bangkok aduan yang jarang diketahui. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menambah Stamina Ayam Bangkok

Manfaat gula merah untuk ayam aduan yang pertama adalah sebagai penambah stamina pada unggas tersebut. Kok bisa? Sebab ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang wajib memiliki stamina supaya bisa bertarung dalam durasi panjang.

Stamina inilah yang memiliki peran penting saat bertanding, dimana 50% hasil pertandingan sangat dipengaruhi oleh faktor stamina. Sehingga, tak jarang ayam bangkok kalah tanding karena jeleknya stamina yang dimiliki.

Namun, dengan memberikan gula merah secara rutin, hal ini akan menambah stamina ayam aduan menjadi lebih baik lagi.

2. Mencegah Berbagai Penyakit

Selain menambah stamina, manfaat gula merah untuk ayam aduan lainnya ialah sebagai obat untuk mencegah berbagai penyakit pada unggas. Hal ini dikarenakan gula merah kaya akan antioksidan. Jadi, dengan memberikan gula merah secara rutin aan mengurangi resiko ayam terserang penyakit, deh.

2 dari 3 halaman

3. Melancarkan Peredaran Darah

Ilustrasi Ayam Jago © Diadona

Tak hanya pada tubuh manusia saja, unggas pun juga perlu diperhatikan kesehatannya. Terutama tentang peredaran darah. Ya, kesehatan ayam bangkok bisa dilihat dari warna kulitnya, kalau kulit berwana merah maka ayam bisa dikatakan sehat.

Tapi, jika kulit ayam tersebut berwarna pucat maka sudah jelas ayam tidak sehat. Sebab, warna kulit yang merah pada ayam meunjukan bahwa peredaran darah ayam yang baik.

Nah, manfaat gula merah untuk ayam aduan juga menjadi salah satu cara membuat ayam kembali sehat. Caranya, gula merah tersebut bisa diracik menjadi jamu atau dilolohkan langsung.

4. Mengatasi Dehidrasi pada Ayam Aduan

Ternyata manfaat gula merah untuk ayam aduan ini juga dipercaya sebagai pengganti ion untuk mengatasi dehidrasi pada ayam dan anak ayam, lho. Terlebih pada kondisi cuaca yang sangat panas karena berbentuk cairan dan lebih mudah diserap tubuh.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jangan disepelehkan soal pencernaan ayam yang tidak bekerja secara baik, sebab hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah penyakit pada unggas seperti penyerapan nutrisi pakan tidak terserap, ayam mencret dan penyakit lainnya. Maka dari itu, manfaat gula merah untuk ayam aduan jangan di abaikan ya, guys.

3 dari 3 halaman

6. Membentuk Ukuran Ayam

Ilustrasi Ayam Jago © Diadona

Meski terdengar unik, namun manfaat gula merah untuk ayam aduan ini juga dipercaya dalam pembentukan otot ayam serta membentuk ukuran tubuh yang ideal! Tentu saja hal ini perlu dilakukan secara rutin agar bisa merangsang pertumbuhan otot ayam menjadi lebih cepat.

Namun, saat pemberian gula merah kamu harus memperhatikan porsi untuk ayam dewasa dan ayam muda jangan sampai berlebihan, ya.

7. Menambah Jumlah Sel Darah Merah

Tidak bisa dipungkiri setelah ayam diadu atau diabar akan menderita luka, baik itu luka kecil ataupun luka berat. Sehingga, manfaat gula merah untuk ayam aduan juga berguna untuk menambah jumlah sel darah merah pada tubuh ayam.

Selain itu gula merah juga berkhasiat mempercepat penyembuhan luka luar pada ayam. Cukup menarik, bukan?

Itulah deretan manfaat gula merah untuk ayam aduan yang belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar