10 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan yang Gak Cuma Memaniskan Makanan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 2 Maret 2021 12:49
10 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan yang Gak Cuma Memaniskan Makanan
Manfaat gula aren belakangan ini menjadi perbincangan publik karena gula tersebut kerap dijadikan pemanis di es kopi susu kekinian.

Seperti yang diketahui, hampir setiap minuman atau makanan membutuhkan gula untuk menambahkan rasa manis. Jenis gula untuk konsumsi sendiri terbilang cukup beragam, ada gula pasir, gula jawa, dan juga gula aren.

Namun, gula yang terbuat aren sebenarnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Selain itu, manfaat gula aren juga dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, lho.

Lantas, apakah benar manfaat gula aren senikmat rasanya yang manis dan legit? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Manfaat Gula Aren © Diadona

Dibandingkan dengan pemanis lain, ternyata gula aren memiliki dampak yang relatif rendah pada glukosa darah. Oleh sebab itu, gula aren cocok dikonsumsi para penderita diabetes karena tidak menghasilkan cukup insulin atau resisten terhadap insulin.

Berikut beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi Darah Rendah

Manfaat gula aren untuk kesehatan yang pertama ialah mampu mengatasi darah rendah. Ya, seseorang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang, serta sering merasakan lemah lesu.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak dan jantung. Sehingga, salah satu cara alternatif mengatasi tekanan darah rendah adalah dengan mengonsumsi minuman atau makanan yang menggunakan bahan tambahan gula aren.

Sebab, saat mengonsumsi gula aren, glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus, yang nantinya akan mempengaruhi kinerja otak serta kecepatan denyut jantung. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas dengan optimal.

2 dari 5 halaman

2. Mampu Menstabilkankan Kadar Kolesterol

Ilustrasi Rendah Kolesterol © Diadona

Jika kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh meningkat tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Sehingga, pentingnya menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh sangatlah diperlukan.

Nah, salah satu cara menstabilkan kadar kolesterol ialah dengan mengonsumsi produk gula dari olahan aren. Sebab, manfaat gula aren untk kesehatan memiliki kandungan yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh.

3. Merdekan Nyeri Haid

Hampir semua perempuan pasti pernah merasakan nyeri saat menjelang haid. Kondisi ini terjadi karena kontraksi otot pada rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglanindin. Sehingga, rasa nyeri tersebut semakin meningkat saat seseorang hampir mendekati masa menstruasi.

Tapi, kamu nggak usah khawatir. Sebab rasa nyeri menjelang haid ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya yaitu mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren. Ya, kandungan flavonoid pada gula aren berfungsi efektif untuk meredakan rasa nyeri saat sedang menstruasi.

3 dari 5 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Manfaat gula aren untuk kesehatan yang selanjutnya ialah sebagai salah satu cara alternatif dalam mencegah obesitas atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kadar potasium tinggi yang bisa berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, kandungan bioaktif pada gula merah juga berperan penting untuk mencegah gangguan metabolisme. Sehingga, mengonsumsi gula aren secara rutin dan teratur bisa berfungsi efektif mencegah obesitas serta menghindarkan kamu dari penyakit berbahaya lainnya.

5. Lancarkan Pencernaan

Kalau selama ini pencernaanmu kurang baik, tenang, gula aren solusinya. Ya, gula aren dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung. Selain itu, inulin dalam gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin sendiri merupakan serat prebiotik yang bisa difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

6. Mencegah Radikal Bebas

Ternyata manfaat gula aren juga bisa mencegah radikal bebas, lho. Ya, radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, akan bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Nah, salah satu cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menangkal radikal bebas yaitu dengan mengonsumsi gula aren. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubu

4 dari 5 halaman

7. Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Kerutan © Diadona

Kamu tahu nggak sih, salah satu cara mencegah penuaan dini yang cukup efektif adalah dengan mengonsumsi gula aren. Sebab, gula aren memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B yang mampu menghambat proses penuaan dini. Menariknya lagi, gula aren juga berfungsi efektif untuk membantu melindungi kulit dari berbagai penyakit, lho.

8. Meningkatkan Energi

Di saat tubuh kamu terasa lesu dan kurang semangat saat akan menjalani rutinitas sehari-hari, maka gula aren menjadi solusi tepat supaya tubuh bugar kembali. Pasalnya, salah satu manfaat gula aren kaya akan karbohidrat yang dipercaya mampu menyumbangkan energi bagi tubuh.

Sehingga, saat kamu mengonsumsi pemanis ini, keberadaannya akan diubah menjadi glikogen yang nantinya akan disimpan pada otot dan berfungsi untuk menyumbang tubuh supaya kuat melakukan berbagai aktivitas.

9. Redakan Demam dan Flu

Sifat antiperadangan sekaligus menghangatkannya, menjadikan gula aren solusi yang tepat untuk demam dan flu. Ya, dengan mngonsumsi minuman hangat dicampur dengan gula aren ternyata mampu mencegah serta meredakan demam dan flu. Hal ini dikarenakan gula aren mampu mentralkan suhu tubuh yang bisa menurunkan demam.

5 dari 5 halaman

10. Meredakan Stres

Ilustrasi stress © Diadona

Teryata manfaat gula aren mampu meredakan stres, lho. Ya, banyaknya rutinitas sehari-hari yang kamu kerjakan terkadang membuat suasana tegang, tidak tenang, hingga sering menimbulkan stres.

Namun, dengan mengonsumsi gula aren, tubuh kembali bugar karena pemanis ini merangsang hormon bahagia di dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula aren juga berfungsi untuk menurunkan ketegangan otak. Jadi, kalau kamu setres jangan lupa konsumsi minuman yang mengandung gula aren, ya.

Nah itulah 10 manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk menggunakan gulaaren di berbagai olahan makanan atau minuman, ya.

Beri Komentar