7 Ciri Khusus Kaktus dan Fungsinya, Cocok Banget sebagai Tumbuhan Hias yang Tahan Panas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 15:06
7 Ciri Khusus Kaktus dan Fungsinya, Cocok Banget sebagai Tumbuhan Hias yang Tahan Panas
Ciri khusus kaktus ternyata adalah desain dari Tuhan untuk membuat tanaman ini tahan tidak disiram sekian waktu

Ciri khusus kaktus yang paling umum diketahui adalah bentuknya yang berupa herba tebal dan membautnya sangat beda dengan tumbuhan lainnya. Namun sebenarnya, kakrtus punya banyak ciri yang sama dengan tumbuhan lainnya.,

Kaktus adalah tanaman sukulen yang punya herba tebal. Tapi, apa sih yang dimaksud dengan sukulen? Yaitu tanaman tahan kering karena jaringannya dimodifikasi memang untuk penyimpanan air. Misalnya nih tanaman giok yang menyimpan persediaan airnya di daun sehingga daun terlihat tebal dan montok. Nah, ciri khusus kaktus berupa batang yang tebal ini memang ditujukan sebagai tempat penyimpanan air, makanya mereka tahan tanpa penyiraman selama beberapa waktu.

Lebih lanjut mengenai ciri khusus kaktus ini yuk kepoin aja ulasan Diadona yang dirangkum dari berbagai sumber berikut:

1 dari 3 halaman

Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus

Ciri Khusus Kaktus © Diadona

Ciri khusus dari tumbuhan ini sebenarnya terbentuk sebagai sebuah adaptasi untuk bertahan hidup selama masa kekeringan.

Keberadaan Areoles

Ciri khusus kaktus yang membedakannya dengan tumbuhan suelen lainnya yakni keberadaan areoles di hampir semua spesies. Aroeles sendiri adalah struktur kecil seperti rambut yang berada di tanaman ini atau yang lebih terlihats eperti duri.

Daun Minimal

Pada kebanyakanya spesies, daun hampir tidak ada atau bahkan minimal. Cuman jenis Pereskia dan Pereskopsis yang punya daun fungsional sedangkan daun kaktus jenis Andes berbentuk bulat, bukannya pipih seperti daun tanaman lainnya.

Duri Kaktus sebagai Pengganti Daun

Daun punya permukaan luas sehingga tumbuhan bisa kehilangan banyak air. Nah, duri pada kaktus bisa dibilang menggantikan keberadaan daun tersebut sehingga menguapan air lebih minimal. Selain itu, keberadaan duri sebagai ciri khusus kaktus juga untuk melindungi batang berisi air dari hewan gurun yang kehausan.

 

2 dari 3 halaman

Ciri Khusus Tanaman Kaktus

Ciri Khusus Kaktus © Diadona

Kutikula yang Tebal

Dikutip dari Hunker, kayak kebanyakan tanaman sukulen lainnya, kaktus punya lapisan luar yang tebal seperti lilin yang disebut sebagai kutikula. Saking tebalnya, kutikula bisa digores menggunakan kuku lho dan bakalan terlihat lapisan lilinnya. Tapi jangan dilakukan ya karena ini bisa merusakan tanaman kaktus.

Kutikula berfusngi untuk menjaga air yang tersimpan di dalam tanaman agar tidak menguap ke atmosfer luar. Selain itu, kutikula juga melindungi kaktus dari kuman yang mungkin mencoba menyerang melalui kulit. Intinya nih kutikula adalah pelindung kaktus dari berbagai gangguan dari luar.

Ciri khusus kaktus lainnya yaitu bentuk akar yang umumnya tipis, berserat, dan dangkal, berkisar luas untuk menyerap kelembapan superfisial.

Batang Sukulen sebagai Penyimpanan Air

Batang juga menyimpan air, menggantikan peran daun.

Batang sebagai Tempat Metabolisme

Kutikula kaktus menutupi batangnya. Lalu, bagaiman dengan proses metabolisme tumbuhan ini? Satu-satunya cara yakni melalui stomata, yaitu lubang mikroskopis pada kulit tumbuhan. Pada kaktus dan tumbuhan lain, stomata berfusngi sebagai pintu masuknya karbon dioksida yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat gula.

Stomata yang terbuka membuat uap air bidsa keluar. Nah untuk meminimalkan keluarnya air, ada ciri khusus kaktus yakni membukanya stomata yang hanya terjadi di malam hari. Sistem ini disebut dengan metabolisme asam crassulacean, atau CAM. Selain kaktus, tanaman yang memberlakukan sistem tersebut adalah nana dan sukulen berdaun.

Batang Kaktus sebagai Tempat Fotosistesis

Kalau biasanya daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis, beda dengan kaktus di mana batang yang akan melakukan tugas penting ini. Ciri khusus kaktus yang tidak memiliki daun adalah keberadaan stomata lebih banyak pada batangnya ketimbang di tumbuhan lainnya. Menurut Arthur Gibson dan Taman Nobel di The Cactus Primer , kaktus memiliki 15-70 stomata per milimeter persegi, sedangkan daun memiliki lebih dari 100. Bedanya jauh banget kan?

3 dari 3 halaman

Ciri Khusus Kaktus dan Fungsinya

Ciri Khusus Kaktus © Diadona

Yup, kaktus punya fungsi utama sebagai tanaman hias. Mereka kadang menghasilkan bunga yang tampil mencolok di antara tanaman lainnya.

Salah satu ciri khusus kaktus adalah ketahanan air yang sangat tinggi. Tanaman ini cocok ditanam di lokasi yang kering karena bisa menyimpan air sendiri. Fungsinya sebagai tanaman hias bisa dimaksimalkan dengan ragam varietasnya yang kerap menampilkan bunga yang indah dan eksotis. Dan dengan berbagai bentuk dan ukurannya, kaktus bisa sebagai tanaman hias dan lansekap yang minim perawatan. Menarik bukan?

Dalam fungsi lansekap, tanaman kaktus cocok untuk menambah tekstur dan bentuk. Misalnya nih untuk kaktus yang berukuran besar, cocok banget untuk jadi 'batu hidup' di taman.

Ciri khusus kaktus menarik banget untuk dikulik, kan?

Beri Komentar