5 Fakta Menarik Keluarga Kamala Harris, Mulai dari Ilmuwan sampai Aktivis Sosial

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 8 November 2020 10:59
5 Fakta Menarik Keluarga Kamala Harris, Mulai dari Ilmuwan sampai Aktivis Sosial
Kamala Harris ternyata lahir dari keluarga yang hebat.

Nama Kamala Harris saat ini menjadi perbincangan. Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres 2020 ini sekaligus membawa Kamala Harris sebagai wakil presiden perempuan kulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Tak banyak diketahui, ternyata keluarga Kamala Harris bukanlah orang yang sembarangan. Mulai dari kakek sampai orang tuanya adalah orang yang hebat dan berbakat di bidangnya. Melansir dari huffingtonpost.ca, ini dia 5 fakta menarik keluarga calon wakil presiden Amerika Serikat, Kamala Harris.

1 dari 8 halaman

Orang Tua Kamala Harris Ikut dalam Gerakan Hak-Hak Sipil Afrika-Amerika

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kamala Harris (@kamalaharris) pada

Kamala Harris adalah putri dari pasangan imigran, Shyamala Gopalan yang seorang wanita kelahiran India dan Donald Harris, pria asal Jamaika. Keduanya bertemu saat sama-sama menjadi mahasiswa pascasarjana di University of California, Berkeley.

Dalam potret yang dibagikan Kamala, diketahui orang tuanya saat itu ikut turun ke jalan dalam Gerakan Hak-Hak Sipil Afrika-Amerika tahun 1960an yang memperjuangkan keadilan bagi hak kaum kulit hitam di Amerika.

2 dari 8 halaman

" Orang tua saya berbaris dan berteriak dalam Gerakan Hak-Hak Sipil Afrika-Amerika tahun 1960-an. Karena mereka dan orang-orang yang juga turun ke jalan untuk memperjuangkan keadilan, saya ada di tempat ini," tulis Kamala dalam keterangan fotonya.

" Mereka membukakan jalan bagi saya sebagai wanita kulit hitam kedua yang pernah terpilih menjadi Senat Amerika Serikat. Bertahun-tahun kemudian, kami masih memperjuangkan keadilan dan menghadapi rasisme sistemik yang telah melanda negara kami sejak awal berdirinya. Tapi kekuatan gerakan ini tidak bisa disangkal. Perubahan itu mungkin," pungkasnya.

3 dari 8 halaman

Ibunya Seorang Ilmuwan Berbakat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kamala Harris (@kamalaharris) pada

Sejak awal karir politiknya, Harris menyebut ibunya sebagai sumber inspirasi terbesar dalam hidupnya.

Shyamala Harris tak lebih dari lima kaki, tapi jika kamu pernah bertemu dengannya, kamu akan mengira dia setinggi tujuh kaki. Dia memiliki semangat dan keuletan seperti itu dan saya bersyukur setiap hari sudah dibesarkan olehnya," tulis Kamala Harris sebagai ucapan untuk Hari Ibu di Instagram miliknya.

4 dari 8 halaman

Dikenal karena menentang tradisi, ibu Kamala saat itu menolak perjodohan demi studi dan karirnya sebagai peneliti kanker payudara. Sebagai seorang single mom dengan hak asuh penuh, Gopalan sering kali meminta bantuan anak-anaknya membersihkan tabung reaksi.

Ibu Kamala Harris meninggal pada tahun 2009 karena menderita kanker usus besar. Kamala sendiri sangat mengangumi sang ibu.

5 dari 8 halaman

Ayah Kamala Harris Seorang Ekonom Terkenal

Ayah Kamala Harris © Diadona

Sama hebatnya dengan sang ibu, ayah Kamala Harris adalah seorang ekonom terkenal. Kamala menceritakan ayahnya sebagai orang yang baik meski ia mengaku nggak dekat dengan sang ayah karena selama ini tinggal dengan ibunya.

" Ayah saya adalah orang yang baik, tapi kami tidak dekat," ucap Kamala dalam salah satu wawancara.

Saat ini, Donald Harris sudah pensiun dari profesinya sebagai profesor ekonomi. Ia menghabiskan masa tuanya di Karibia. Selain mengajar, ayah Kamala Harris juga dikenal bekerja sebagai konsultan pemerintah Jamaika.

6 dari 8 halaman

Kakek dan Neneknya Termasuk Pencetus Langkah Besar di India

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kamala Harris (@kamalaharris) pada

Kamala Harris juga sangat mengagumi kakek dan neneknya dari pihak ibu, PV dan Rajam Gopalan. Kakek Kamala adalah seorang aktivis pembela kebebasan India.

“Kakek saya berjuang seklaigus pembela kebebasan India, sementara nenek saya bepergian ke seluruh India - dengan pengeras suara di tangan - untuk memberikan penyuluhan pada wanita tentang pentingnya mengakses alat kontrasepsi,” tulis Kamala sambil membagikan potret lawas kakek dan neneknya.

7 dari 8 halaman

Punya 2 Anak yang Sudah Beranjak Dewasa

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kamala Harris (@kamalaharris) pada

Kamala Harris menikah dengan seorang duda dengan dua anak bernama Douglas Emhoff. Dari pernikahannya itu Kamala memiliki dua anak tiri bernama Cole yang berusia 26 tahun dan Ella yang berusia 21 tahun.

Menariknya, nama kedua anak tiri Kamala ini terinspirasi dari nama musisi John Coltrane dan Ella Fitzgerald.

8 dari 8 halaman

Cole dan Ella sangat ramah. Mereka adalah anak-anak yang brilian, berbakat, dan lucu yang sudah tumbuh menjadi orang dewasa yang luar biasa. Aku sudah terpikat pada Doug, tapi aku yakin Cole dan Ella-lah yang membuatku tertarik," terang Harris yang dikutip dari Elle.

Bahkan, kedua anak tiri Kamala ini punya julukan lho untuk sang mama. Mereka memanggil wakil presiden Amerika Serikat ini dengan sebutan " Momala" .

Nah, itu dia lima fakta menarik keluarga Kamala Harris. Dari sederet fakta di atas, mana nih yang baru kamu tau?

Beri Komentar