5 Ciri-Ciri Lidah Buaya secara Khusus, Mudah Ditanam dan Kaya Manfaat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 16:01
5 Ciri-Ciri Lidah Buaya secara Khusus, Mudah Ditanam dan Kaya Manfaat
Ciri-ciri lidah buaya membuat tanaman ini sangat mudah ditanam di berbagai kondisi

Ciri-ciri lidah buaya yang paling mudah dikenali adalah bentuk daunnya yang seperti segitiga dan berdaging tebal. Sama dengan ukurannya, manfaat lidah buaya ini sangat besar untuk kesehatan dan kecantikan.

Nama Aloe vera berasal dari kata Arab "Alloeh" yang berarti "zat pahit yang bersinar", sedangkan "vera" dalam bahasa Latin berarti "benar. Manfaat lidah buaya udah dikenal sejak 2000 tahun yang lalu lho. Bahkan para ilmuwan Yunani menyebut tanaman ini sebagai Aloe 'tanaman keabadian'.

Nama botaninya adalah Aloe barbadensis miller, masuk dalam kelompok keluarga Asphodelaceae (Liliaceae), dan merupakan tanaman semak atau arborescent, abadi, xerophytic, succulent, pea hijau. Cari tahu lebih lanjut mengenai tanaman ini dan ciri-ciri lidah buaya dalam ulasan berikut yuk!

1 dari 3 halaman

Ciri Khusus Lidah Buaya

Ciri-Ciri Lidah Buaya © Diadona

Ciri-ciri lidah buaya dapat mudah terlihat dari bentuk daunnya yang menyerupai segitiga dengan tepi bergerigi. Yang paling khusus nih adalah daging buahnya yang tebal. Nah, kandungan dari daging ini lho yang memberikan manfaat dari tanaman ini.

Batang Lidah Buaya

Ciri-ciri lidah buaya adalah emmiliki batang yang pendek dan kecil dan dikelilingi oleh pelepah daun. Batang aloe vera terbenam di tanah, karena itu, batangnya hampir tak terlihat.

Dikutip dari Liputan6, batang lidah buaya ini berserat. DAri sinilah kemudian muncul tunas yang jadi anakan lidah buaya. Batang ini bisa disetek sebagai jalan budidaya.

Daun Lidah Buaya

Adalah bagian dari lidah buaya yang dimanfaatkan dan sebagai ciri khusus dari tanaman ini. Daunnya punya daging yang tebal tak bertulang dengan kandungan airnya tinggi banggt.

Nah setiap daun ini mengandung tiga lapisan yaitu:

Lapisan tebal di bagian luar yang terdiri dari 15-20 sel yang disebut sebagai kulit buah. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung dan sintesis karbohidrat dan protein. Di lapisan pula inilah ada ikatan pembuluh yang punya tugas untuk berfungsi sebagai pelindung dan sintesis karbohidrat dan protein.

Lapisan tengah getah berwarna kuning dan terasa pahit. Lapisan ini mengandung antrakuinon dan glikosida. antrakuinon inilah yang punya efek sebagai pencahar dan harus dihilangkan ketika akan dikonsumsi.

Gel bening di bagian dalam dengan kandunga 99 persennya adalah air. Sisa satu persen adalah glukomanan, asam amino, lipid, sterol dan vitamin

Ciri-ciri lidah buaya yang paling menonjol yakni ukuran daunnya yang lumayan besar. Panjang daunnya bisa mencapai 50-75 cm, dengan berat 0,5 kg 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang.

Daun dewasa berwarna hijau, sedangkan daun yang muda berwarna bercak putih.

2 dari 3 halaman

Ciri Khusus Tumbuhan Lidah Buaya

Ciri-Ciri Lidah Buaya © Diadona

Akar Lidah Buaya

Salah satu ciri-ciri lidah buaya adalah daunnya yang besar. Tapi ternyata ini tak sebanding dengan akarnya yang serabut dengan perakaran yang dangkal. Akar lidah buaya juga tumbuh ke bawah dan menyebar dengan panjang sekitar 3-40 senti saja. Akibatnya, tanaman lidah buaya rentan roboh.

Bunga Lidah Buaya

Lidah buaya punya bunga berwarn kuning atau merah. Ciri-ciri lidah buaya bagian bunga ini adalah bentuknya yang seperti pipa dan keluar dari ketiak daunnya.

Ukurannya kecil dan tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan. Eh tapi kok ciri-ciri lidah buaya bagian bunga ini jarang ditemui di lidha buaya yang ditanam sih? Karena bunga ini biasanya muncul kalau lidah buaya ditanam di pegunungan.

3 dari 3 halaman

Ciri Khusus Tanaman Lidah Buaya

Ciri-Ciri Lidah Buaya © Diadona

Ciri-ciri lidah buaya secara khsusu telah membuat tanaman ini sangat adaptif terhadap kondisi tertentu.

Sangat Toleran pada Kekeringan

Seperti halnya sukulen jenis lainnya, ciri-ciri lidah buaya adalah kemampuannya untuk menahan air. Dan ini didapat dari daun berdagingnya.
Untuk membantu mencegah kehilangan air melalui daun dan untuk memantulkan cahaya berlebih dari tanaman, aloe vera punya lapisan lilin di bagian luar daun. Nah, lilin ini nih yang membuat warna daun jadi indah.

Tapi ini bukan cumanjadi satu-satunya ciri-ciri lidah buaya dalam beradaptasi. Tanaman ini juga menggunakan metabolisme asam crassulacean (CAM), suatu bentuk khusus fotosintesis, untuk membantu mereka menghemat air. Apa itu? Yakni membukanya stomata hanya di malam hari untuk untuk menyerap karbon dioksida, sambil meminimalkan kehilangan air. Stomata ini adalah pori-pori kecil di bawah daun tanaman yang fungsinya untuk melepaskan air dan menyerap karbon dioksida.

Ciri-ciri lidah buaya dengan ketahanannya membuat tanaman ini mudah dibudidayakan. Cocok banget dengan ragam manfaat yang dimilikinya.

Beri Komentar