Ciri-Ciri Pohon Pisang secara Khusus dan Fungsinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 15:34
Ciri-Ciri Pohon Pisang secara Khusus dan Fungsinya
Ciri-ciri pohon pisang dengan batang tak berkayu membuat tanaman ini tak masuk dalam kelompok pohon, melainkan perdu.

Ciri-ciri pohon pisang yang paling mudah dikenali adalah dari adalah batangnya yang tidak berkayu. Tapi tahu nggak sih kalau karena itulah sebenarnya pohon pisang bukanlah pohon melainkan lebih dipercaya sebagai 'perdu'. Yup, pohon pisang bisa disebut sebagai perdu raksasa karena bisa tumbuh mencapai tinggi 6 meter. Buahnya sendiri sebenarnya adalah buah beri raksasa.

Dikutip dari Liputan6, pohon pisang masuk dalam dalam kingdom plantae atau tanaman dan kelompok tanaman berbiji yaitu Spermatophyta. Msski begitu, tumbuhan ini nggak berkembang biak dengan biji melainkan dengan tunasnya.

Sekilas, mudah sekali menyebutkan ciri-ciri pohon pisang. Tapi masih ada nih ciri khusus lainnya dan pohon dengan buah kaya gizi ini. Apa saja? Yuk kepoin di artikel Diadona yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri- Ciri Pohon Pisang

Ciri-Ciri Pohon Pisang © Diadona

Berikut ciri-ciri pohon pisang dari bagian akar dan juga batangnya:

Akar Pohon Pisang

Sebagai tanaman berbiji m,onokotil, akar pohon pisang berbentuk serabut dengan warna kecoklatan. Tumbuhnya menamping dan hampir menyentuh permukaan tanah. Nah, akar ini bergerak dan cenderung berkumpul ke arah samping pohon dengan panjangs ekitar 4-5 meter.

Karena ciri-ciri pohon pisang inilah menyebabkan akar tumbuhan ini jadi gampang dicabut. Terlebih kedalaman akar yang nggak sampai 2 meter di bawah permukaan tanah.

Batang Pohon Pisang

Ciri-ciri pohon pisang yakni bentuknya yang bulat silindris dan saat dipotong, terlihat berlapis-lapis dan punay banyak kandungan air. Bisa dilihat saat kita memotong batangnya, akan terlihat getah atau air yang mengalir dari irisan batang pisang.

Mereka punya dua bagian batang, yaitu batang asli atau batang palsu. Apa bedanya?

Batang asli pohon pisang adalah batang yang ada di pangkal dan posisinya berada di bawah permukaan tanah. Bentuknya mirip kayak umbi dan tugasnya sebagai penghasil daun dan menumbuhkan jantung pisang.

Nah, ciri-ciri pohon pisng bagian batang semu adalah pelepah daun berukuran panjang yang berlapis-lapis. Batang ini lah yang membuat tanaman tumbuh dengan tegak dan tumbuh dengan membentuk lapisan baru untuk menutupi lapisan lama yang sudah mengering.

Ciri-ciri pohon pisang adalah batangnya yang berwarna coklat atau kehijauan, nggak memiliki kambium sehingga lunak.

2 dari 3 halaman

Ciri Khusus Pohon Pisang

Ciri-Ciri Pohon Pisang © Diadona

Daun Pohon Pisang

Daun pohon pisang berbentuk lebar dan jadi organ fotosintesisnya yang utama. Ukuranya bsia mencapai 2 meter dengan lebar sampai 40 sentimeter. Pada bagian tengah daun terdapat tulang daun yang berfungsi untuk membagi dua daun. Tulang daun ini punya kandungan air yang tinggi seperti pada bagian batangnya.

Setiap lembarmuncul dari pusat psuedostem. Awalnya daun itu muncul tergulung rapat, tetapi terurai saat mulai dewasa.

Bunga Pohon Pisang

Karena bentuknya yang seperti jantung manusia, bunga pohon pisang disebut dengan jantung pisang. Warna ungu yang biasa kita lihat sebagai ciriciri pohon pisang bagian bunga ini sebenarnya adalah lapisan kelopak bagian luar yang menutupi bagian dalamnya.

Nah, bagian dalam pohon pisang ini berwarna kuning dan merupakan daun penumpu bunga yang tumbuh secara spiral dan rapat.

Ada dua jenis bunga dalam satu pohon pisang, yaitu bunga yang tumbuh di bagian pangkal pohon yang merupakan kelamin betina dan bunga yang tumbuh di tengah, merupakan bunga kelamin jantan.

Buah Pisang

Setelah bagian bunganya keluar, maka akan muncul bakal buah yang disebut dengan sisir. Satu sisir ini umumnya terdiri dari 10 sampai 20 buah pisang. Sisir tumbuh perlahan dan berturut-turut, misalnya dari sisir pertama akan keluar, lalu muncul sisir kedua begitu seterusnya.

Nah kalau sisir ini sudah masuk mencapai bunga, biasanya jantung pisang bakalan dipotong karena sisir nggak lagi terbentuk.

3 dari 3 halaman

Ciri Khusus Pohon Pisang dan Fungsinya

Ciri-Ciri Pohon Pisang © Diadona

Apapun jenis buahnya, secara umum buah pisang bisa dikonsumsi. Sementara secara khusus ada bagian tumbuhan yang bisa difungsikan.

  • Buah pisang bisa dikonsumsi
  • Jantung pisang bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan.
  • Tahu nggak sih kalau batang pisang juga bisa dimakan lho
  • Serabut batangnya bisa diolah sebagai bahan kesenian
  • Kulit pisang dimanfaatkan sebagai pakan ternak
  • Daun pisang sebagai alas makan atau pembungkus makanan alami
  • Serat tanaman untuk membuat garmen

Ciri-ciri pohon pisang memang udah kita ketahui secara umum. Tapi ada banyak hal lainnya yang menarik banget untuk disimak.

Beri Komentar