Ciri-Ciri Bunga Matahari secara Khusus dan Fungsinya, Nggak Selalu Menghadap ke Matahari lho

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 9 Maret 2021 14:45
Ciri-Ciri Bunga Matahari secara Khusus dan Fungsinya, Nggak Selalu Menghadap ke Matahari lho
Crii-ciri bunga matahari yang kita tahu mungkin adalah bunganya yang selalu mengarah ke matahari. Tapi ini cuman berlaku pada bunga muda. Bagaimana bila bunga tersebut sudah dewasa?

Ciri-ciri bunga matahari memang paling mudah untuk diketahui. Bunga matahari umumnya berwarna kuning, tinggi, dan cerah. Tapi ternyata citra ini bisa berubah lho. Artinya, bung matahari bisa tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna

Bunga matahari cocok banget ditanam di area yang terkena sinar matahari. Bentuknya cantik banget lho, makanya sering ditanam sebagai tanaman hias. Di beberapa tempat, bunga matahari dibudidayakan di sebuah kebun yang luas dan jadi tempat yang cocok banget untuk mengambil foto.

Cari tahu apa aja ciri-ciri bunga matahari dan fakta unik mengenai tumbuhan ini, yuk kepoin di artikel Diadona berikut.

1 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Ciri-Ciri Bunga Matahari © Diadona

Dikutip dari Britannica, ciri-ciri bunga matahari adalah batangnya yang bebulu kasar dengan tinggi antara 1 sampai 4,5 meter. Batangnya lebar, bergigi kasar, dengan daun yang kasar sepanjang 7.5 sampai 30 cm.

Tapi ada juga nih bunga matahari yang tumbuh kerdil, nggak lebih dari satu meter. Biasanya sih mereka tumbuh berkelompok dan membenamkan diri di taman dan pot kecil.Ini ciri-ciri bunga matahari jenis Little Becka, Suntastic Yellow, dan Pacino.

Nah bunga matahari punya kepala bunga yang lebar banget kan? Tahu nggak sih kalau kepala bunga matahari yang besar itu tersusun dari seribu bunga mungil yang menjadi bakal biji bunga matahari. 

Kepala bunganya memiliki lebar 7.5 sampai 15 sentimeter pada bunga liar sementara padabunga budidaya, lebarnya bisai mencapai 30 sentimeter. Cakram bunga berwarna coklat, kuning, atau ungu.

Banyak yang mengira kalau ciri-ciri bunga matahari memiliki warna kuning. Padahal, nggak selalu demikian lho!

Bunga matahari bisa berwarna kuning, merah atau ungu.

Bunga matahari merah punya varietas yang berbeda dengan bunga matahari kuning. Kepala bunganya mirip dengan bunga aster dan muncul dari bunga matahari kuning biasa. Karena warnanya yang berbeda dengan bentuk yang cantik, bunga matahari merah ini sering ditambahkan pada karangan bunga.

" Bunga matahari ungu" yang umum adalah Hibrida Chianti. Sebenarnya sih ciri-ciri bunga matahari ini adalah warnanya yang merah tua dalam, tapi banyak orang mengenalinya sebagai warna ungu.

Bunga matahari jenis ini bisa tumbuh sampai 5 meter lho trus nggak memiliki serbuk sari sehingga bagus dimasukkan dalam karangan. Sama dengan bunga matahari merah, bunga matahari ungu punya peran yang kece sebagai penyeimbang warna dalam karangan bunga.

2 dari 4 halaman

Ciri Khusus Bunga Matahari

Ciri-Ciri Bunga Matahari © Diadona

Hal yang paling khusus dan khas dari ciri-ciri bunga matahari ini adalah mahkota bunganya yang selalu menghadapa ke timur. Tapi, apakah benar?

Ternyata ini hanya jadi ciri-ciri bunga matahari muda. Kemampuan mereka untuk menghadap matahari atau heliotropisme ini terjadi karena mereka memiliki ritme sirkadian. Untuk diketahui kalau wajah bunga matahari muda ini bakalan mengikuti matahari terbit hingga terbenam setiap hari dan mengulangi siklus tersebut hingga dewasa.

Trus bagaimana ciri-ciri bunga matahari dewasa?

Dikutip dari Proflowers, saat bunga matahari mencapai kematangan tertentu, jam internal mereka bakalan melambat sampai akhirnya perilaku 'mengarah ke matahari' berhenti sepnuhnya. Selanjutnya, mereka bakalan menghadap timur karena:

Dengan menghadap ke sisi tuimur maka bisa menarik penyerbuk sampai lima kali lebih banyak karena memanas lebih cepat ketimbang tanaman yang menghadap ke barat.
Bungfa matahari lebih produktif setiap kali menghadap ke timur.

3 dari 4 halaman

Ciri Khusus Bunga Matahari dan Fungsinya

Biji bunga matrahari adalah camilan yang populer banget! Biji ini dibuat dari bagian biji non minyak dari bunga matahari dan tumbuh di bagian kepala bunga. Menurut Healthline, biji bungamatahari ini punya kandungan vitamin E yang tinggi dan selenium yang membantu mencegah penyakit kronis.

Nah sedangkan biji bunga matahari yang mengandung minyakd imanfaatkan sebagai minyak biji matahari, diproduksi dari jenis bunga yang dibudidayakan.

Minyak bunga matahari bisa dimanfaatkan nggak cuman sebagai bahan pangan tapi kandungan asam linoleatnya dapat diubah menjadi asam arakidonat. Nah, kedua jenis asam lemak ini bisa membantuk membantu mengurangi kehilangan air dan memperbaiki pelindung kulit.

4 dari 4 halaman

Ciri Bunga Matahari dan Budidadayanya

Ilustrasi Kebun Bunga Matahari © Diadona

Ciri-ciri bunga matahari adalah gampang banget tumbuh di daerah dengan musim panas yang panjang. Bunga ini paling baik tumbuh di suhu antara 21 dan 25,5 ° C. Dan karena bisa bertumbuh sangat besar, bunga matahari ini membutuhkan ruang yang cukup luas.

Bunga matahari bisa tumbuh di tanah mana saja asalkan tak tergenang air di pH antara 6,0 hingga 7,5. Meskipun bunga matahari paling bagus ditanam di area dengan sinar matahari penuh, tapi hindari terkena terpaan angin karena rentan membuat batangnya patah. Dengan ciri-ciri bunga matahari yang demikian, sebaiknya bunga matahari ditanam dengan menyandar dinding ataupun pagar.

Melansir Plant Village, benih bunga matahari ditanam sedalam 2.5 samapi 5 sentimeter dengan jarak 10-15 sentimeter. Ciri-ciri bunga matahari adalah tahan kering, tapi bila penyiraman sering dilakukan, ini bsia mendorong pertumbuhan akar. Dan yang penting adalah bunga matahari ini ngga perlu dipupuk lho karena justru bisa membuat perumbuhan vegetatifnya meningkat dan pertumbuhan bunganya jadi tertunda.

Ciri-ciri bunga matahari yang selalu menghadap ke matahari tuh ternyata nggak selalu demikian ya. Wah, apakah kamu juga baru mengetahunya?

Beri Komentar