20 Nama Nama Ikan Cupang yang Punya Corak Indah dan Bisa Kamu Jadikan Peliharaan

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 25 Januari 2022 12:00
20 Nama Nama Ikan Cupang yang Punya Corak Indah dan Bisa Kamu Jadikan Peliharaan
Berbagai nama nama ilkan cupang ini punya corak warna yang sangat indah loh~

Cupang adalah ikan hias yang banyak dipelihara orang sebagai hobi ataupun koleksi. Selain perawatnnya yang relatif muda, berbagai nama nama ikan cupang adalah hewan peliharaan yang indah dan bisa membuat suasana hati menjadi senang.

Oh ya, memelihara berbagai nama nama ikan cupang juga tidak membutuhkan space yang luas banget. Bahkan, adanya cupang di sebuah ruangan bisa memperindah suasana loh. asalkan ditempatkan di tempat yang tepat hehehe.

Diadona.id telah merangkum nama nama ikan cupang dari berbagai sumber. Tentu saja ini hanya beberapa ddari seluruh nama ikan cupang yang ada. Jadi, yuk simak uraian informasinya.

1 dari 11 halaman

1. Cupang Halfmoon

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Jenis cupang halfmoon adalah satu dari sekian nama nama ikan cupang yang memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Meskipun ikan ini sangat cantik, perlu dicatat bahwa ekor besar nan indah yang tidak wajar ini dapat menyebabkan masalah robek dan kerusakan ekor di hari mendatang. Jadi, kamu mesti ekstra dalam menjaganya.

2. Cupang Paradise

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Nama nama ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang Paradise. Ciri utama dari jenis ikan cupang ini adalah memiliki ekor yang bercabang. Cupang paradise atau yang nama ilmiahnya Marcopodus opercularis ini banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi

2 dari 11 halaman

3. Cupang Crown Tail

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Selanjutnya adalah cupang Crown Tail. Ini adalah nama nama ikan cupang yang memiliki ekor dan sirip yang memukau seperti halnya mahkota raja. Ikan cupang jenis ini cukup banyak dikoleksi karena hasil breeder yang cukup langka.

4. Cupang Big Ear

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Nama nama ikan cupang yang selanjutnya ada cupang big ear atau juga banyak disebut sebagai cupang dumbo. Jadi, ikan cupang big ear ini memiliki sirip besar yang menyerupai kuping. Persis, sesuai namanya.

3 dari 11 halaman

5. Cupang Fancy

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Ikan cupang fancy ini tidak memiliki bentuk ekor atau pun sirip yang lebar. Keunikan dari cupang ini adalah pada warna yang di miliki. Cupang fancy adalah nama nama ikan cupang yang terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik.

6. Cupang Surga

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Nama nama ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang Surga. Ini adalah ikan cupang yang hidupnya di surga, bukan dong. Jadi, kan ini termasuk jenis ikan cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan. Jenis Cupang Surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali.

4 dari 11 halaman

7. Cupang Sawah

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Sama seperti halnya dengan ikan cupang Surga, Cupang Sawah ini adalah satu dari sekian nama nama ikan cupang yang belum mengalami persilangan dengan jenis lain. Juga, ikan ini masih jauh dari jangkauan manusia karena masih hidup di alam bebas. Oh iya, ikan ini juga banyak di sebut sebagai cupang alam.

8. Cupang Giant

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Sesuai namanya, cupang giant ini adalah nama nama ikan cupang yang ukuran tubuhnya cukup jumbo. Hal in ijuga yang membuat ikan ini jarang bergerak. Ukuran cupang Giant ini bisa mencapai 12 cm loh.

5 dari 11 halaman

9. Cupang HMPK

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Nama nama ikan cupang yang selanjutnya adalah Cupang HMPK. jadi nama ini adalah nama hasil gabungan dari halfmoon dan Plakat. Jadi, HMPK ini adalah hasil persilangan dari dua ikan tersebut.

10. Cupang Double Tail

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Selanjutnya ada nama nama ikan cupang Double Tail. Sesuai namanya, ini adalah ikan cupang yang ekornya terbelah menjadi dua. Namun, ikan cupang double tail adalah jenis yang tergolong sulit dikembangkan. Bahkan keberadannya masih jarang dijumpai di pasaran.

6 dari 11 halaman

11. Cupang Brunei

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Mungkin dari sekian banyak nama nama ikan cupang, cupang Brunei ini adalah ikan cupang yang paling spesial. Bagaimana tidak, ikan ini ternyata dilindungi oleh Sultan Brunei. Jika ada yang ketahuan membawa ikan ini keluar dari negara Brunei akan terkena sanksi loh.

12. Cupang Sarawak

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Selanjutnya ada nama nama ikan cupang Sarawak. Apakah ini sepeti ikan cupang Brunei, tidak dong. Jadi, ini adalah ikan alam yang warnanya agak sederhana dan transparan. Yang menakjubkan, cupang Sarawak adalah ikan yang yang mudah beradaptasi. Cupang jenis ini juga lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan yang tinggi.

7 dari 11 halaman

13. Cupang Veil Tail

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Cupang Veil Tail ini adalah ikan satu dari banyak nama nama ikan cupang yang pernah sangat digandrungi oleh pecinta cupang. Namun, karena semakin banyak ikan cupang silangan, veil tail sedikit tersisihkan.

14. Cupang Half Sun

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Nama nama ikan cupang selanjutnya adalah ikan cupang Half Sun. Ciri utama dari ikan ini adalah bentuk ekornya sama seperti halfmoon yakni hampir setengah lingkaran namun memiliki detail seperti crown tail. Yup, cupang ini adalah hasil perkawinan silang antara cupang Halfmoon dan Crown Tail.

8 dari 11 halaman

15. Cupang Spade Tail

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Cupang Spade Tail ini adalah nama nama ikan cupang yang cukup unik. Jadi, tidak seperti cupang umumnya yang ekornya lebar, ikan ini memiliki ekor kecil dan lancip. Tapi, ikan ini keberadaannya cukup langka.

16. Cupang Plakat

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Ikan cupang Plakat adalah satu dari nama nama ikang cupang yang biasa digunakan untuk aduan. Hal ini dikarenakan Plakat memiliki tubuh yang tegas dan gagah. Tapi, ikan cupang Plakat juga mempunyai corak warna yang indah.

9 dari 11 halaman

17. Cupang Emas

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Lanjut, nama nama ikan cupang emas ini adalah ikan yang memiliki warna golden atau ke emas-emasan. Sangat sesuai dengan namanya, ya, haha. Namun tidak banyak yang memelihara cupang Emas ini. Ikan ini banyak ditemukan di sawah, sungai, dan rawa.

18. Cupang Snakehead

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Ikan Cupang Snake Head adalah ikan cupang asli Indonesia loh. Jadi, ini adalah ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

10 dari 11 halaman

19. Cupang Kachen Worachai

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Selanjutanya ada nama nama ikan cupang yang dikenal sebagai cupang yang sangat mahal. Namanya, adalah cupang Kachen Worachai yang merupakan ikan asli Thailand. Jadi, ikan ini memiliki nilai jual yang mahal karena corak warna yang persis seperti bendera Negara Thailand.

20. Cupang Coccina

Nama Nama Ikan Cupang © Diadona

Masih dengan cupang luar negeri, kali ini adalah Cupang Coccina. Ikan ini banyak dikenal sebagai ikan cupang jenis Belgi Bangkok. Tubuh Cupang Coccina berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah. Serem banget kelihatannya, nggak tahu ini cupang hias atau aduan hehehe.

Jadi itulah beberapa nama nama ikan cupang yang banyak dipelihara. Namun jika ada nama ikan cupang yang masih belum masuk ke dalam daftar, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar, ya.

Beri Komentar