Kenali 20 Jenis Ikan Cupang yang Punya Bentuk Indah, Bisa untuk Peliharaan di Rumah

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 7 September 2021 13:00
Kenali 20 Jenis Ikan Cupang yang Punya Bentuk Indah, Bisa untuk Peliharaan di Rumah
Selian digemari karena tidak membutuhkan space yang luas, keindahan corak warna yang dimiliki ikan cupang juga merupakan pesona tersendiri.

Sebelum dihantam badai pandemi, sebenanrya ikan cupang sudah banyak dijadikan peliharaan. Namun, datangnya pandemi dan memaksa semuanya untuk di rumah saja, memelihara berbagai jenis ikan cupang seperti sudah menjadi hobi bagi banyak orang.

Selian digemari karena tidak membutuhkan space yang luas, keindahan corak warna yang dimiliki ikan cupang juga merupakan pesona tersendiri. Tak jarang, jika sudah menjadi hobi, seseorang akan mengoleksi banyak sekali berbagai jenis ikan cupang.

Jika kamu tertarik dengan hewan ini dan kamu masih belum begitu paham tentang ikan cupang maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Kali ini Diadona.id akan mengulas hal tentang jenis ikan cupang yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, yuk kita simak ulasannya.

1 dari 7 halaman

1. Crown Tail

Jenis Ikan Cupang Crown TailJenis Ikan Cupang Crown Tail © YouTube/ MoMo Bettas USA

Seperti namanya, jenis ikan cupang crown tail ini memang memiliki ekor dan sirip yang memukau seperti halnya mahkota raja. Ikan cupang jenis ini cukup banyak dikoleksi karena hasil breeder yang cukup langka.

2. Halfmoon

Jenis Ikan Cupang HalfmoonJenis Ikan Cupang Halfmoon © Pinterest

jenis ikan cupang halfmoon adalah cupang yang memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Meskipun ikan ini sangat cantik, perlu dicatat bahwa ekor besar nan indah yang tidak wajar ini dapat menyebabkan masalah robek dan kerusakan ekor di hari mendatang. Kita mesti ekstra dalam menjaganya.

3. Cupang Paradise

Jenis Ikan Cupang ParadiseJenis Ikan Cupang Paradise © commons.wikimedia.org

Ciri utama dari jenis ikan cupang ini adalah memiliki ekor yang bercabang. Cupang paradise atau ilmiahnya Marcopodus opercularis, banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

2 dari 7 halaman

4. Cupang Fancy

Jenis Ikan Cupang FancyJenis Ikan Cupang Fancy © Pinterest

Jenis ikan cupang fancy ini tidak memiliki bentuk ekor atau pun sirip yang lebar. Keunikan dari cupang ini adalah pada warna yang di miliki. Cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik.

5. Big Ear

Jenis Ikan Cupang Big EarJenis Ikan Cupang Big Ear © GDM Organik

Pesis dengan nama yang ia miliki, ikan cupang big ear ini memiliki sirip besar yang menyerupai kuping. Jenis ikan cupang ini juga kerap disebut sebagai cupang dumbo.

6. Giant

Jenis Ikan Cupang GiantJenis Ikan Cupang Giant © Pinterest

Tidak seperti cupang pada umumnya, jenis ikan cupang giant ini adalah tipe yang jarang gerak. Hal ini disebabkan oleh ukuran tubuhnya yang relatif besar. Bahkan, ikan ini ukurannya bisa mencapai 12cm.

3 dari 7 halaman

7. Cupang Sawah

Jenis Ikan Cupang SawahJenis Ikan Cupang Sawah © alimustikasari.com

jenis ikan cupang sawah ini juga kerap disebut sebagai cupang alam. Ini adalah ikan cupang yang belum mengalami persilangan dengan jenis lain. Juga, ikan ini masih jauh dari jangkauan manusia karena masih hidup di alam bebas.

8. Cupang Surga

Jenis Ikan Cupang SurgaJenis Ikan Cupang Surga © Freepik.com

Ikan ini termasuk jenis ikan cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan. Jenis Cupang Surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali.

9. Cupang Double Tail

Jenis Ikan Cupang Double TailJenis Ikan Cupang Double Tail © Twitter/ BettaBuddy

Jenis ikan cupang double tail adalah jenis yang tergolong sulit dikembangkan. Bahkan keberadannya masih jarang dijumpai di pasaran. Sesuai namanya, ikan ini disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua.

4 dari 7 halaman

10. Cupang HMPK

Jenis Ikan Cupang HMPKJenis Ikan Cupang HMPK © flickr.com

Jenis ikan cupang HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon lalu disingkat menjadi HMPK. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan cupang aduan dan hias.

11. Cupang Half Sun

Jenis Ikan Cupang Half SunJenis Ikan Cupang Half Sun © Pinterest

Masih mempunyai hubungan yang dekat dengan jenis ikan cupang halfmoon. Ikan cupang Half Sun merupakan hasil perkawinan silang antara cupang Halfmoon dan Crown Tail. bentuk ekor ikan ini sama seperti halfmoon yakni hampir setengah lingkaran namun memiliki detail seperti crown tail.

12. Cupang Spade Tail

Jenis Ikan Cupang Spade TailJenis Ikan Cupang Spade Tail © fins.betta

Berbeda dengan jenis ikan cupang yang terkenal memiliki ekor lebar, cupang spade ini memiliki bentuk ekor yang unik, yakni lancip. Tapi sayang, ikan ini tergolong ikan yang jarang ditemui.

5 dari 7 halaman

13. Cupang Brunei

Jenis Ikan Cupang BruneiJenis Ikan Cupang Brunei © AquaticsPantaRhei

Mungkin dari sekian banyak jenis ikan cupang, cupang Brunei adalah ikan yang istimewa. Bagaimana tidak, ikan ini ternyata dilindungi oleh Sultan Brunei. JIka ada yang ketahuan membawa ikan ini keluar dari negara Brunei akan terkena hukuman loh.

14. Cupang Sarawak

Jenis Ikan Cupang SarawakJenis Ikan Cupang Sarawak © Seriously Fish

Jenis ikan cupang Sarawak adalah ikan yang yang mudah beradaptasi. Cupang jenis ini juga lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan yang tinggi. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak sederhana dan transparan.

15. Cupang Veil Tail

Jenis Ikan Cupang Veil TailJenis Ikan Cupang Veil Tail © pikist.com

ikan ini adalah jenis ikan cupang yang dulu luamayan banyak diminati karen abentuknya yang indah. Bahkan ikan ini cukup mirip dengan halfmoon dan double tail. Namun, karena semakin banyak ikan cupang silangan, veil tail sedikit tersisihkan.

6 dari 7 halaman

16. Cupang Coccina

Jenis Ikan Cupang CoccinaJenis Ikan Cupang Coccina © Seriously Fish

Cupang Coccina ini juga dikenal sebagai ikan cupang jenis Belgi Bangkok. Ciri utama dari ikan ini adalah Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip polos dan panjang.

17. Cupang Snakehead

Jenis Ikan Cupang SnakeheadJenis Ikan Cupang Snakehead © Aquadiction

Sekilas jika dilihat dari namanya, ini seperti ikan yang berasal dari luar Indonesia. PAdahal jenis ikan cupang snakehead ini adalah ikan asli Indonesia. Ini adalah ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

18. Cupang Kachen Worachai

Jenis Ikan Cupang Kachen WorachaiJenis Ikan Cupang Kachen Worachai © infoikan

Jenis ikan cupang Kachen Worachai ini adalah ikan cupang asli Thailand. Bahkan warna ikan ini sangat mirip dengan bendera Thailand loh, yakni biru merah dan putih. Cupang ini termasuk jenis ikan cupang yang mahal, lho Diazens. Bahkan ini bisa tembus harga sekitar Rp 22 juta.

7 dari 7 halaman

19. Cupang Emas

Jenis Ikan Cupang EmasJenis Ikan Cupang Emas © flickr.com

Jenis Ikan Cupang EmasJenis Ikan Cupang Emas © flickr.com

Sessuai dengan namanya, ikan cupang emas ini adalah ikan yang memiliki warna golden atau ke emas-emasan. Namun tidak banyak yang memelihara ikan ini. Ikan ini banyak ditemukan di sawah, sungai, dan rawa.

20. Cupang Plakat

Jenis Ikan Cupang PlakatJenis Ikan Cupang Plakat © Pinterest

Terakhir ada jenis ikan cupang Plakat. Ikan memiliki warna yang sangat indah, nggak hanya itu, tubuh dari ikan ini juga tergolong tegas dan kekar. Nggak heran kalau ikan cupang ini sering dijadikan cupang aduan.

Jadi itu lah ulasan Diadona.id tentang berbagai jenis ikan cupang yang punya bentuk indah. Semoga ini bisa membantu kamu untuk mencari ikan cupang idamanmu. Jadi, mau memelihara ikan cupan gjenis apa nih?

Beri Komentar