20 Lagu Indonesia Tentang Persahabatan yang Cocok Jadi Soundtrack Pertemananmu

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 30 Juli 2020 19:03
20 Lagu Indonesia Tentang Persahabatan yang Cocok Jadi Soundtrack Pertemananmu
Layaknya film, kisah perjalananmu dengan sahabat juga perlu soundtrack.

Tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Sedunia. Mungkin sulit untuk merayakannya bersama sahabat di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Namun banyak cara untuk tetap memaknainya, salah satunya lewat lirik lagu.

Ada banyak lagu yang menceritakan tentang persahabatan, namun kami telah memilih 20 lagu Indonesia yang cocok untuk jadi lagu tema persahabatanmu.

Berikut ini daftarnya.

1 dari 5 halaman

Peterpan - Sahabat

Lagu legendaris dari band yang kini bernama Noah. Lagu dari Peterpan ini juga yang kemudian membuat para fans mereka disebut sebagai Sahabat Peterpan atau sekarang Sahabat Noah.

Nidji - Arti Sahabat

Lagu ikonik lain tentang persahabatan. Lagu 'Arti Sahabat' dari Nidji menceritakan tentang kebersamaan sahabat dalam menghadapi tantangan hidup.

Sheila on 7 - Sahabat Sejati

Lagu yang juga menggambarkan tentang persahabatan. Sheila on 7 menceritakan sisi lugu, polos, dan aroga dari persahabatan di masa muda.

Padi - Sahabat Selamanya

Kalau kamu masih suka menonton kartun 'Upin & Ipin', maka lagu yang dinyanyikan oleh band Padi ini akan familiar di telingamu. Sahabat selamanya memang diciptakan sebagai lagu tema untuk kartun asal Malaysia tersebut.

Audy dan Nindy - Untuk Sahabat

Duet Audy dan Nindy sempat melejit lewat lagu 'Untuk Sahabat' yang diciptakan sebagai lagu tema sebuah brand kosmetik. Kisah lagunya sempat menjadi theme song untuk persahabatan anak muda di tahun tersebut.

2 dari 5 halaman

Ipang - Sahabat Kecil

Lagu 'Sahabat Kecil' merupakan salah satu soundtrack untuk film 'Laskar Pelangi'. Nuansa yang minimalis dengan iringan gitar akustik membuat lagu ini terasa semakin syahdu.

Kla Project - Salamku Sahabat

Grup band legendaris Kla Project juga mempunyai lagu bertema sahabat. Lagu 'Salamku Sahabat' menceritakan tentang pertemuan teman baik yang lama tak bersua.

Cokelat - Nyanyian Sahabat

Ingat lagu 'Bendera'? Penyanyi lagu tersebut, Cokelat, juga memiliki lagu tentang sahabat yang tak kalah menggugahnya. Lagu berjudul 'Nyanyian Sahabat' menceritakan dukungan terhadap teman di kala suka maupun duka.

NEV+, Ariel Noah, Dea - Janger Persahabatan

Dinyanyikan keroyokan, lagu ini diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra sebagai bentuk kontribusi untuk ajang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dua tahun lalu.

Sind3ntosca - Kepompong

Siapa yang nggak kenal lagu ini? Lagu tema untuk sinetron dengan judul serupa ini menceritakan tentang sahabat yang menemani dalam proses hidup, sejak masih kepompong hingga menjadi kupu-kupu.

3 dari 5 halaman

Sheila on 7 - Sebuah Kisah Klasik

'Sebuah Kisah Klasik' adalah salah satu lagu wajib dalam acara perpisahan kelas. Semenjak dirilis pada tahun 2000, hampir setiap kelulusan diiringi isak tangis yang diperkuat oleh lantunan lagu ini.

Bondan & Fade2black - Kita Selamanya

Lagu lain yang juga cocok untuk mengiringi perpisahan dengan teman sekolah. Menegaskan bahwa perpisahan ini hanya sementara karena pertemanan kita selamanya.

Project Pop - Ingatlah Hari Ini

Lirik awal lagu yang dinyanyikan oleh Project Pop ini terdengar jenaka karena berisi ledekan antar personel. Namun bagian reffrainnya sangat menyentuh dan membuat kita mengingat lagi kehadiran para sahabat.

The Adams - Masa Masa

Grup band The Adams dalam almbum terbarunya menghadirkan sebuah lagu berjudul 'Masa Masa' yang menggambarkan nostalgia masa SMA, yang konon jadi masa terbaik dalam hidup.

Endank Soekamti - Long Live My Family

Grup band Endak Soekamti mungkin lebih akrab dengan musik punk yang menghentak. Namun dalam tembangf 'Long Live My Family' mereka menurunkan sedikit temponya. Cukup dengan iringan gitar akustik dan lirik yang dinyanyikan beramai-ramai, membuat lagu ini cocok menjadi anthem, bagi persahabatanmu.

4 dari 5 halaman

Payung Teduh - Sebuah Lagu

Setelah ditinggalkan oleh Is, sang vokalis, Payung Teduh sempat menelurkan satu single berjudul 'Sebuah Lagu' yang menjadi lagu tema untuk film animasi 'Wreck it Ralph 2: Ralph Break The Internet'.

Alika - Sahabat Tersayang

Penyanyi solo dan mantan personel girlband Princess, Alika, memang merintis karirnya sejak masih belia. 'Sahabat Tersayang' adalah salah satu lagu andalan yang menaikkan namanya saat masih kanak-kanak.

Coboy Junior - Fight

Lagu berjudul 'Fight' yang menceritakan tentang sahabat dalam berjuang ini dinyanyikan oleh Coboy Junior di formasi awalnya sebelum berubah menjadi CJR.

Iksan Skuter - Rindu Sahabat

Penyanyi folk asal Malang, Iksan Skuter, menyanyikan lagu sederhana berjudul 'Rindu Sahabat'. Hanya dengan iringan gitar akustik, Iksan Skuter menceritakan tentang pencariannya akan sosok teman sejati yang telah lama tak ditemui.

Various Artist - Kemesraan

Salah satu lagu legendaris yang selalu dibawakan saat berkumpul bersama teman dengan tangan saling bergandeng mengelilingi api unggun. 

Beri Komentar