12 Nama Nama Gunung di Pulau Jawa yang Masih Aktif

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 24 Desember 2021 12:00
12 Nama Nama Gunung di Pulau Jawa yang Masih Aktif
Kamu Pasti sering mendengar istilah Ring of Fire. sebutan untuk pulau Jawa yang masih diduduki deretan gunung berapi yang masih aktif. Lantas, apa saja nama nama gunung di pulau Jawa yang aktif?

Pulau Jawa adalah pulau di Indonesia yang memiliki cukup banyak gunung berapi yang masih aktif. Bagi yang suka olahraga atau liburan hiking, nama nama gunung di pulau Jawa adalah tujuan yang tepat karena rata-rata aksesnya cukup mudah.

Tapi, dari banyaknya gunung di pulau Jawa tersebut ternyata masih banyak yang aktif loh. Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah Ring of Fire, ya itu adalah sebutan untuk pulau jawa yang masih diduduki deretan gunung berapi yang masih aktif.

Diadona.id telah merangkum nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif dari berbagai sumber. Ini bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin pergi naik gunung. Pastikan jika aktivitas gunung tersebut masih aman untuk dikunjungi.

Jadi, yuk simak bareng-bareng uraian tentang nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif ini. Check this out!

1 dari 7 halaman

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa

1. Gunung Merapi

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa (Merapi) © Diadona

Nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif yang pertama adalah gunung Merapi. Gunung yang memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini termasuk gunung api yang paling aktif loh. Lokasinya sendiri, gunung ini berada di Yogyakarta.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet juga merupakan satu dari nama nama gunung di Pulau jawa yang masih aktif. Gunung ini merupakan gunung yang paling tinggi di daerah Jawa Tengah dengan tinggi 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2 dari 7 halaman

3. Gunung Sumbing

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa (Sumbing) © Diadona

Kemudian ada nama Gunung Sumbing sebagai gunung merapi yang juga masih aktif di Pulau Jawa. Gunung ini berada di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Oh iya, gunung Sumbing ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali.

4. Gunung Kelud

Geser ke Jawa Timur, nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif selanjutnya adalah gunung Kelud. Gunung yang berada di daerah perbatasan Kediri dan Blitar ini pernah erupsi cukup besar di tahun 2014. Tidak begitu tinggi, Gunung Kelud memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

3 dari 7 halaman

5. Gunung Arjuno

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa (Arjuno) © Diadona

Gunung Arjuna yang berada di Malang Jawa Timur juga merupakan dertan dari nama nama gunung di Pulau Jawa yang masih aktif. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1952 silam.

6. Gunung Welirang

Tidak jauh dari gunung Arjuno, ada gunung Welirang jang juga meruapakn bagian dari nama nama gunung di Pulau Jawa yang masih aktif. Gunung ini memiliki tinggi 3.156 mdpl.

4 dari 7 halaman

7. Gunung Semeru

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa (Semeru) © Diadona

Gunung semeru juga merupakan nama nama gunung di Pulau Jawa yang paling aktif. Semeru tercatat terus mengeluarkan letusan sejak tahun 1967. Gunung semeru adalah gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Terbaru, Semeru erupsi pada bulan Desember tahun 2021.

8. Gunung Bromo

Masih satu kawasan di TNBTS (Taman Nasioal Bromo Tengger Semeru), gunung Bromo juga merupakan bagian dari nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif. Gunung tang terletak di daerah Probolinggo dan Malang ini memiliki tinggi 2.329 mdpl.

5 dari 7 halaman

9. Gunung Raung

Nama Nama Gunung di Pulau Jawa (Raung) © Diadona

Terakhir di Jawa Timur, untuk nama nama gunung di Pulau Jawa yang masih aktif adalah Gunung Raung. Gunung ini terletak doi antara Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 mdpl.

10. Gunung Salak

Nama nama gunung di Pulau Jawa yangmasih aktif selanjutnya adalah gunung Salak. Gunung yang terletak di Ciapus - Bogor ini masih aktif loh sampai saat ini. Gunung Salak ini memiliki ketinggian 2.211 mdpl.

6 dari 7 halaman

11. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan juga merupakan nagian dari nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif. Gunung yang berada di daerah Garut Jawa Barat ini memiliki lubang magma yang aktif.

12. Gunung Tangkuban Perahu

Terakhir untuk nama nama gunung di Pulau Jawa yang masih aktif adalah gunung Tangkuban Perahu. Erupsi terakhir terakhir yang terjadi di Tangkuban Perahu adalah keika tahun 2015. Gunung ini memiliki ketinggian 2.084 mdpl.

Jadi itulah nama nama gunung di pulau Jawa yang masih aktif. Ketika aktivitasnya sedang aman, gunung-gunung tersebut sangat indah untuk dikunjungi kok. Kalau sedang siaga atau bahaya yang jangan dulu hehe.

Beri Komentar