Sejarah Terciptanya Pariwisata Dunia, Ternyata Sudah Dilakukan Orang Primitif

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 17 Desember 2021 13:04
Sejarah Terciptanya Pariwisata Dunia, Ternyata Sudah Dilakukan Orang Primitif
Ternyata, pariwisata sudah dilakukan oleh orang-orang zaman prasejarah, loh!

Wisata adalah salah satu kegiatan manusia yang paling menyenangkan. Wisata ditujukan untuk siapa saja yang ingin melepas stres setelah jenuh dalam pekerjaan.

Saat ini, industri pariwisata memang sudah menjadi salah satu ladang bisnis populer di seluruh dunia. Namun, pernah kepikiran gak sih, siapa yang pertama kali menciptakan pariwisata di dunia ini? Penasaran? Yuk kita telusuri sejarahnya!

1 dari 5 halaman

Pariwisata Sudah Dilakukan Oleh Orang Primitif

Ilustrasi Prasejarah © Diadona

Beberapa sumber menyebut jika perjalanan pertama manusia yang melakukan pariwisata di dunia ini dilakukan oleh orang primitif. Hal ini karena kepentingan manusia purba yang membutuhkan perpindahan tempat dari satu wilayah ke wilayah lain untuk mendapatkan makanan.

Banyak penelitian arkeologis yang membuktikan bahwa manusia yang hidup 400 tahun sebelum masehi ini sudah jauh melakukan perjalanan mengarungi dunia. Kebiasaan ini yang mendorong kepenasaran manusia generasi baru untuk menjelajah berbagai wilayah yang ada di dunia.

Menurut Bungaran A. Simanjuntak dalam buku " Sejarah Pariwisata Menuju Perkembangan Parwisata Indonesia" , (2017: 11), menyebut bahwa rutinitas melancong ini terus berkembang.

Catatan sejarah menyebut, setelah tahun 400 Masehi, ada banyak petualang yang berupaya mengelilingi wilayah baru untuk mencari beberapa pengalaman. Bungaran mengatakan hal itu sebagai aktifitas seorang Muhibah, sebutan untuk orang Sumeria yang sudah mengenal tulisan dan perdagangan, yang berpetualang karena kepentingan tertentu.

2 dari 5 halaman

Pariwisata Terlahir Karena Perdagangan

Ilustrasi Zaman Perdagangan © Diadona

Sementara itu, dalam catatan lain, menyebutkan bahwa pariwisata lahir karena berkembangnya sebuah struktur perdagangan yang menguntungkan. Seperti yang dilakukan oleh orang Phonesia dan Plynesia, dua negara ini disebut memiliki rakyat yang hobi berdagang, sehingga sering berpetualang untuk mencari komoditas jual.

Hal ini terus berkembang hingga akhirnya pada abad ke-5 masehi, dipercaya telah ada orang Romawi yang pergi ke suatu wilayah dengan alasan untuk bersenang-senang. Nah, dari sinilah kemudian banyak para sejarawan mempercayai bahwa bidang pariwisata dunia mulai berkembang. Sejak saat itu, orang-orang mulai mengenal wisata sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.

3 dari 5 halaman

Pariwisata Mulai Jadi Ladang Bisnis

Ilustrasi Revolusi Industri © Diadona

Revolusi Industri dimulai sejak tahun 1760-1850. Ternyata, isu revolusi industri yang terjadi di Eropa ini telah menciptakan ladang bisnis baru bagi warga luas di Eropa.

Pasca revolusi industri, perkembangan ekonomi masyarakat Eropa semakin meningkat, dan beralih dari profesi agraris seperti petani, pekebun, dan penggembala, menjadi pekerja industri mesin. Hal ini juga yang mendorong adanya peningkatan taraf hidup orang Eropa yang membuat banyak orang kaya karena menjadi kapitalis.

Selain itu, munculnya fenomena baru dari urbanisasi yang terjadi di perkotaan di beberapa negara Eropa. Peristiwa inilah yang dipercaya sebagai salah satu pendukung terciptanya biro perjalanan pariwisata di dunia.

4 dari 5 halaman

Biro Pariwisata Dunia Pertama

Biro pariwisata pertama kali muncul pada tahun 1840. Disebut oleh Bungaran, pelopornya adalah Thomas Cook dan rekan-rekannya yang berasal dari Inggris. Mereka membuka bisnis baru bagi dunia usaha yang ada di Inggris sejak saat itu.

Pada tahun berikutnya, konsep industri wisata ini juga disusul oleh perusahaan pariwisata di Amerika Serikat bernama 'Amcerican Express Company' pada tahun 1841.

Dua perusahaan besar yang membidangi pariwisata di dunia itulah yang kemudian mendukung beberapa jenis usaha yang berkaitan dengan pariwisata seperti perhotelan, restoran, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Wisata Modern © Diadona

Sejak saat itulah, industri pariwisata berkembang hingga seperti saat ini.

Beri Komentar