10 Jenis Bunga Mawar Terindah di Dunia, Miliki Warna Cantik yang Menawan

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 8 Juni 2021 16:18
10 Jenis Bunga Mawar Terindah di Dunia, Miliki Warna Cantik yang Menawan
Jenis bunga mawar ada banyak loh, Diazens yang mana bentuk dan warnanya juga berbeda. Penasaran?

Ada beragam jenis bunga mawar yang tersebar di seluruh dunia. Keberagamannya ini menciptakan aneka warna dan bentuk yang cantik. Nggak heran kalau bunga mawar menjadi primadona bagi pecinta bunga.

Apalagi bunga ini dikenal sebagai lambang cinta. Makanya bunga ini seringkali untuk mengekspresikan perasaan kepada orang yang disayangi. Namun, sesuai dengan jenis dan warnanya, bunga mawar juga memiliki arti yang berbeda.

Nah, di bawah ini ada deretan jenis bunga mawar terindah di dunia. Kita kenalan sama mereka yuk!

1 dari 5 halaman

Bunga Mawar Eden

Jenis Bunga Mawar Eden © Diadona

Pertama, ada jenis bunga mawar Eden yang juga dikenal sebagai Pierre de Ronsard. Siapa sangka, namanya ini ternyata merujuk pada seorang penyair di era Renaisans loh!

Bunga mawar Eden ini seringkali dijumpai. Ia memiliki warna pink dan putih yang bergradasi dengan cantik.

Bunga Mawar Gallica

Nah, kalau jenis bunga mawar Gallica ini warnanya ada beragam, mulai dari merah, pink hingga ungu. Mawar ini cukup langka.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa menemukan kelopaknya yang bergaris atau bercorak. Nggak hanya indah dari wujudnya, bunga ini juga sangat harum. Ia termasuk mawar langka karena hanya mekar sekali setahun.

2 dari 5 halaman

Bunga Mawar Biru

Jenis Bunga Mawar Biru © Diadona

Selain berwarna merah atau pink, bunga mawar juga ada yang memiliki warna biru loh! Jenis bunga mawar biru ini juga menjadi bunga terlangka di dunia loh!

Bunga ini diciptakan dari hasil rekayasa genetik tanaman mawar, Diazens. Penemuan ini menghasilkan delphinidin atau pigmen warna biru. Uniknya warna birunya juga terlihat berpadu dengan keunguan.

Bunga Mawar Bourbon

Kamu pasti akrab dengan karakteristik bunga mawar yang berdiri tajam pada batangnya kan? Tapi hal itu nggak terjadi pada bunga mawar Bourbon loh!

Ia nggak berduri dan memiliki kelopak bunga yang cantik. Warnanya pun bervariasi, ada pink, merah dan juga putih. Kerennya lagi, ia bisa tumbuh vertikal dan mekar berulang kali.

3 dari 5 halaman

Bunga Mawar Alba

Jenis Bunga Mawar Alba © Diadona

Kalau tadi ada mawar biru, mawar alba ini berwarna putih, Diazens. Namun, ada juga yang kelopaknya berwarna pink pucat. Itu kenapa jenis bunga mawar ini seringkali jadi pilihan untuk dekorasi acara pernikahan.

Cocok memang, karena mawar alba tampak elegan yang berpadu manis dengan dedaunan hijaunya. Apalagi perawatan alba ini cukup mudah dan bisa tahan sinar matahari maupun air.

Bunga Mawar Rambat

Sesuai dengan namanya, kalau bunga mawar ini tumbuhnya merambat. Yap, nggak kayak bunga mawar lainnya yang tumbuh ke atas dan meninggi, kamu bisa menanamnya agar merambat di pohon, tembok, pagar atau kanopi.

Adapun contoh jenis dari mawar rambat, diantaranya climbing tea, climbing bourbon, climbing china, noisette dan laevigata.

4 dari 5 halaman

Bunga Mawar Musk

Jenis Bunga Mawar Musk © Diadona

Ada lagi nih bunga mawar yang berwarna putih termasuk jenis Musk. Bunga ini biasanya dijadikan pewangi loh! Petal bunganya yang bisa dijadikan bahan pewangi. Hal ini dikarenakan ia memiliki aroma wangi yang kuat.

Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk membuat air mawar loh! Oh iya, tapi kamu harus hati-hati ya. Soalnya ciri khas mawar musk punya rambut yang tumbuh di sekitar biji di bawah daging buah. Nah, rambut ini bisa bikin iritasi pada kulit. Bunga mawar musk ini juga punya nama ilmiah yang disebut Rosa Moschata.

Bunga Mawar Kubis

Meski namanya mawar kubis, tapi ia bukan sayuran ya Diazens. Jenis bunga mawar kubis ini memiliki kelopak yang bertumpuk dan berlapis seperti kubis.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Rosa Centifolia ini biasanya mekar saat musim panas atau musim semi. Meski aromanya nggak sekuat musk, tapi dia cukup wangi kok.

5 dari 5 halaman

Bunga Mawar Sunsprite

Jenis Bunga Mawar Sunsprite © Diadona

Selain warna putih dan biru, jenis bunga mawar juga ada yang berwarna kuning cerah. Mawar ini disebut sebagai Sunsprite.

Tahu nggak sih, mawar ini ini tangguh loh menghadapi hama dan penyakit. Ia juga bisa tumbuh sampai ketinggian 40-75 cm. Aroma bunga mawar kuning ini juga menenangkan, membuatnya diincar banyak orang.

Bunga Mawar Juliet

Bunga mawar Juliet ini memiliki warna pastel yang elegan. Ia memiliki warna aprikot yang kalem loh, Diazens.

Namun, jenis bunga mawar ini cukup langka ya. Makanya harganya mahal nih! Tapi kebayar dong sama warnanya yang cantik.

Itulah jenis bunga mawar terindah yang sudah dirangkam oleh Diadona. Kalau yang favoritmu mawar yang mana nih?

Beri Komentar