Cara Menanam Bunga Mawar yang Mudah Dipraktikkan Agar Cepat Berbunga

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 2 September 2020 10:01
Cara Menanam Bunga Mawar yang Mudah Dipraktikkan Agar Cepat Berbunga
Inilah cara menanam bunga mawar di rumah dengan dua opsi agar cepat mekar.

Siapa sih yang nggak suka bunga mawar? Yaps, mawar merupakan bunga yang paling banyak disukai orang karena melambangkan simbol cinta dan kemesraan. Selain itu, budidaya bunga mawar juga sebuah bisnis yang sangat menguntungkan.

Bahkan, sudah banyak petani bunga mawar yang mengaku tidak pernah kehabisan konsumen karena demand yang selalu tinggi, bahkan meningkat. Namun, ada beberapa cara menanam mawar yang bisa kamu lakukan, melaui batang atau stek dan langsung di dalam pot.

Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana cara menanam bunga mawar dengan metode stek atau dalam pot. Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang

Cara Menanam Bunga MawarCara Menanam Bunga Mawar © pexels.com/@iriser

Seperti yang diketahui, cara menanam bunga mawar dengan batang merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam budidaya tanaman ini.

Meski dibilang mudah dan sederhana, namun cara menanam bungan mawar dengan batang juga memerlukan perawatan yang maksimal supaya mawar bisa berkembang dengan baik. Sehingga, kalau

Untuk itu, berikut cara menanam bunga mawar dengan batang yang bisa kamu praktikkan di rumah bersama keluarga kecilmu.

Alat dan Bahan:

- Pemangkas
- Wadah
- Tanaman mawar matang untuk stek
- Rooting hormon
- Kantong plastik
- Pasir dan vermikulit atau campuran pot mawar

Setelah semua bahan dan alat telah dipersiapkan, selanjutnya kamu bisa memulai menanam tanaman yang satu ini.

1. Langkah pertama cara menanam bunga mawar dengan batang ialah ambil segmen batang baru 12 inci, lalu potong pada sudut 45 derajat. Sebab, stek terbaik untuk rooting biasanya berasal dari sisi semak, bukan dari tengah.

2. Kemudian buang semua daun-daunnya kecuali dua set daun teratas di badang. Lalu, potong batang tepat di atas set daun teratas guna mengalihkan energi ke produksi akar.

2 dari 4 halaman

Cara Menanam Bunga MawarCara Menanam Bunga Mawar © unsplash.com/@pawel_czerwinski

3. Cara menanam bunga mawar dengan batang selanjutnya adalah gunakan pemangkas yang tajam untuk membuat potongan baru yang tepat di bagian bawah batang simpul. Kemudian, iris ke bagian bawah batang sekitar seperempat inci ke atas, dan membelah batang menjadi tempat terbuka.

4. Setelah memotong batang, tanam potongan dalam wadah yang diisi setidaknya 6 inci dalam campuran pot yang sudah disiapkan untuk mawar.

Aduk lubang di media pot. Kemudian, masukkan batangnya dengan berhati-hatilah supaya tidak menghilangkan hormon rooting. Perlahan-lahan kencangkan tanah di sekitar batang, dan sirami dengan air sebagai langkah cara menanam bunga mawar dengan batang.

5. Langkah terakhir cara menanam bunga mawar dengan batang adalah tutupi potongan, pot dan semuanya dengan dengan kantong plastik atau bungkus plastik. Tapi jangan biarkan plastik menyentuh daun karena bisa menyebabkan penyakit jamur.

Sehingga jagalah tanah agar tetap lembab sampai akarnya mulai terbentuk, yang biasanya memakan waktu sekitar dua minggu. Tak lupa, periksa akar dengan menarik batang dengan lembut. Sebab kalau ada perlawanan, kemungkinan akar telah tumbuh.

3 dari 4 halaman

Cara Menanam Bunga Mawar dalam Pot

Cara Menanam Bunga MawarCara Menanam Bunga Mawar © unsplash.com/@heyfaisal

Selain cara menanam bunga mawar dengan batang, kamu juga bisa mencoba menanam bunga mawar langsung di dalam pot kok, guys.

Selain lebih mudah, cara menanam bunga mawar dalam pot juga membuatmu lebih banyak kontrol terhadap tingkat kelembaban dan paparan sinar matahari. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

- Kompos kebun
- Tanah
- Pot besar
- Kerikir
- Tanaman mawar
- Pupuk mawar
- Garam Epsom
- Pupuk kandang
- Perlite

Setelah semua bahan dan alat disipakan, selanjutnya kamu bisa memulai menanam tanaman yang satu ini di pekarangan rumah.

1. Langkah pertama cara menanam bunga mawar dalam pot adalah pilihlah jenis mawarnya terlebih dahulu. Sebab, tidak semua mawar akan bekerja dengan baik saat dinatam dalam pot.

Adapun 4 jenis mawar yang sangat cocok untuk ditanam di pot, yakni Ground Cover, Patio, Miniature, dan Polyantha.

4 dari 4 halaman

Cara Menanam Bunga MawarCara Menanam Bunga Mawar © pexels.com/@iriser

2. Setelah mengetahui jenis mawar yang bisa ditanam dalam pot, selanjutnya pilih pot yang cukup besar dan tinggi dengan diameter tidak kurang dari 15 inci. Sebab, mawar menurunkan akar yang dalam, jadi semakin tinggi wadahnya, semakin baik.

Selain itu, tanah dalam pot lebih cepat panas ketimbang tanah kebun, jadi pilih pot tanah liat daripada plastik sebagai cara menanam bunga mawar untuk memindahkan panas dari matahari ke tanah.

Akan tetapi, kalau kamu harus menggunakan pot plastik, maka gunakan plastik berwarna terang dan pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup di bagian bawah. Kemudian jangan lupa tempatkan lapisan kerikil atau batu berukuran sedang sedalam 1 inci di bagian bawah wadah.

3. Cara menanam bunga mawar dalam pot berikutnya adalah isi pot sekitar dua pertiga dari campuran tanah siap pakai dan permukaan tanah yang harus sejajar dengan serikat tunas-titik di mana mawar dicangkokkan ke batang bawah.

Itulah cara menanam bunga mawar di rumah dengan dua opsi yang bisa kamu pilih. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar